Bagaimana Cara Menghubungkan Smartphone Android ke TV


Zaman dulu di era tahun 90 an mungkin televisi hanya sebatas untuk menonton acara di tv, main games, dan sekedar nonton film menggunakan dvd. Saat ini dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat membuat fungsi televisi menjadi berbeda. Anda tentu tahu operanting system Android saat ini yang sudah banyak beredar di dalam ponsel dan tablet pc. 

Namun apakah Anda tahu bahwa dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat smartphone dan pc tablet Android memiliki fitur multimedia yang lebih canggih lagi? yah, saat ini smartphone Android dan tablet pc bukan sekedar untuk telpon, chatting, berfoto, atau nonton film melalui ponsel saja atau tablet pc saja. Dengan kemajuan teknologi dari Android fungsi ponsel dan tablet pc ini bisa mengubah fungsi televisi anda juga, dari sekedar nonton tv dengan fitur yang tersedia di Android anda bisa dengan mudah bermain game, nonton film, browsing dan facebookan melalui tv.

Namun yang saya maksud disini bukan membeli televisi Android yang harganya begitu mahal mencapai puluhan juta, anda tidak perlu melakukan itu. Mungkin dulu pertama kali muncul setelah ponsel dan tablet pc, beberapa pabrikan televisi mengeluarkan smart televisi dimana televisi tersebut bisa berfungsi layaknya Android di ponsel dengan mendeteksi gerakan tangan. 

Saat ini anda sudah tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan televisi yang bisa berjalan dengan Android, anda cukup memiliki televisi yang memiliki port USB untuk HDMI seperti televisi LED atau LCD ini semua memiliki port USB yang bisa menjalankan HDMI. Kenapa kok harus ada port HDMI ? iya karena untuk menyambungkan ponsel dengan layar televisi membutuhkan perangkat. 

Perangkat yang berfungsi untuk menyambungkan antara ponsel atau tablet pc anda ke televisi bisa anda dapatkan dengan mudah di toko-toko penyedia perangkat komputer atau juga tersedia di berbagai toko online. Nama perangkat ini EZ Cast atau ada juga perangkat keluaran Google yang bernama Google Chrome Cast. 

Perangkat ini yang nantinya membantu ponsel atau tablet anda untuk bisa terhubung ke televisi cukup dengan satu sentuhan. Caranya juga terbilang mudah, Anda cukup memasang perangkat (EZ Cast atau Google Cast) ke port USB HDMI yang tersedia di belakang layar televisi Anda. 

Berikut caranya : 
  1. Pasang perangkat EZ Cast ke port USB HDMI yang berada di belakang layar televisi.
  2. Setelah perangkat terpasang anda ganti saluran ke HDMI 
  3. Selanjutnya anda cukup membuka ponsel anda dan mencari jaringan wifi yang tersedia dari EZ cast
  4. Setelah Wi-fi tersambung Anda cukup klik screen mirroring.

Fungsi screen mirroring pada smartphone atau tablet pc ini berfungsi untuk menampilkan layar ponsel anda ke televisi. Sehingga apapun aktifitas anda di ponsel akan muncul di televisi, nah setelah ponsel anda terhubung selanjutnya anda bisa dengan mudah melakukan browsing, main game, atau memutar film dari ponsel dan menikmatinya di televisi. 

EZ Cast dan Google cast selain berfungsi pada layar televisi juga bisa di hubungkan untuk komputer. Namun saya sendiri belum sempat mencobanya, saya hanya sempat mencoba menghubungkan ponsel dan tablet pc yang berjalan di Android.

0 Response to "Bagaimana Cara Menghubungkan Smartphone Android ke TV"

Posting Komentar