Cara mengatasi sync error pada smartphone

 Cara mengatasi sync error pada smartphone

Apakah anda pernah menemukan dimana ponsel Android anda tiba-tiba tidak bisa melakukan sinkronisasi pada layanan akun Google anda padahal anda sudah berulang kali menekan tombol sinkronisasi? 
Sinkronisasi akun pada Google sangatlah penting karena mempengaruhi pengaturan daftar kontak no telp anda, daftar jadwal pada kalender yang sudah anda atur, data gambar yang sudah tersimpan di picasa serta daftar email anda. Tentu jika data-data tersebut tidak bisa tersinkronisasi  pada ponsel anda. Anda pasti akan sangat terganggu dalam menjalani pekerjaan seperti menghubungi klien atau melihat daftar jadwal kerja anda dan data itu tidak tersedia di ponsel. 

Tapi mungkin hal ini tidak terganggu jika anda memiliki buku catatan yang anda bawa kemana-mana ,namun di era modern ini semua itu bisa di catat hanya dalam satu ponsel anda. Jadi dalam hal sinkronisasi data akun Google ini sangatlah penting, karena akun Google ini menyimpan seluruh data penting anda dalam hal pekerjaan maupun hal lainya. 

Solusi dalam memperbaiki masalah sinkronisasi error pada akun Google anda ini ada dua cara, mari kita simak cara-cara berikut di bawah ini :

1 .Cara pertama

Cara pertama ini bisa di bilang cara yang sangat sederhana. Karena anda cukup mematikan ponsel anda, lalu tunggu beberapa menit dan hidupkan kembali. Namun jika cara ini masih tidak berhasil mengatasi masalah sinkronisasi dalam ponsel anda, anda dapat melakukan hal berikut : 
  • Matikan layanan data ponsel anda
  • Matikan ponsel anda
  • Hidupkan kembali ponsel anda
  • Aktifkan kembali data ponsel anda
  • Lalu coba tekan kembali tombol sinkronisasi akun google anda

Namun bagi anda yang  mungkin tidak mengerti bagaimana caranya menonaktifkan layanan data pada ponsel berikut caranya, dalam hal ini cara yang saya gunakan pada smartphone android Samsung note 4. Mungkin cara berikut berbeda dengan perangkat Android lainnya. 
  • Buka menu setting atau pengaturan
  • Pilih menu jaringan
  • Lalu sentuh tombol centang agar posisi layanan data menjadi OFF
  • Setelah itu tunggu beberapa detik lalu aktifkan kembali layanan data ke posisi ON

2. Cara ke dua

Namun jika cara di atas juga masih tidak berhasil maka langkah yang perlu Anda lakukan ialah menghapus akun Google yang gagal sinkronisasi di ponsel anda, dengan cara berikut : 
  • Buka pengaturan
  • Pilih menu akun 
  • Pilih dan sentuh alamat email Google anda yang tersedia di ponsel
  • Setelah masuk ke akun Google anda, silahkan klik gambar tiga titik di kanan atas lalu pilih “Hapus akun”

Setelah akun Google anda terhapus, coba hubungkan dengan Wi-fi dan pastikan Wi-fi terhubung dengan baik pada internet. Setelah itu buka kembali menu akun dan coba tambahkan kembali akun Google anda dan lakukan sinkronisasi kembali. 

Masalah sinkronisasi error ini banyak terjadi pada beberapa perangkat Android lainnya. 


Apabila anda  menggunakan perangkat Android yang berbeda dari yang saya gunakan pada artikel ini dan juga mengalami hal error dalam sinkronisasi serta menemukan solusinya. Silahkan sharing info di komentar, dengan begitu akan sangat membantu bagi pengguna Android dengan perangkat yang berbeda, dan tentu sharing dari anda sangat membantu bagi sesama pengguna Android yang lain.

Karena beberapa perangkat Android memiliki tampilan menu dan cara yang berbeda, sehingga dalam mengatasi masalah sinkronisasi juga ada sedikit perbedaan.

5 Responses to "Cara mengatasi sync error pada smartphone"

  1. Artikel yg sangat membantu.
    Namun saya sudah melakukan semuanya dan masih terjadi kesalahan sync. Kalender di akun google saya selalu gagal disinkronisasi. Apa itu berarti akun saya yg rusak atau kalender saya yg bermasalah? Kesalahan sync juga hanya terjadi jika menggunakan paket data, ketika memakai wifi semuanya baik2 saja

    BalasHapus
  2. Hai sis Risca U.B. Jika yang digunakan Google Calendar, semoga cara berikut ini bisa membantu.

    1. Matikan sync google calendar (hilangkan tanda centang pada menu sync)
    2. Masuk menu setting > Aplikasi > Tampilkan semua aplikasi (pilih semua atau All)
    3. Scroll ke bawah sampai ketemu "Calendar Storage"
    4. Buka dan bersihkan data (clear data) "Calendar Storage"

    Note :
    Jika ada jadwal acara yang di simpan harap untuk backup data calendar terlebih dahulu, karena langkah ini akan
    menghapus semua jadwal acara yang tersimpan.

    Cara backup :
    - buka browser buka google.com/calendar > login
    - masuk setting (Gbr. Gerigi) > Settings > Pilih tab Calendar > Klik Export Calendars

    5. Setelah itu kembali ke menu aplikasi > Pilih Google Calendar
    6. Buka dan bersihkan data (clear data) "Google Calendar"
    7. Nyalakan kembali sync Google Calendar, jika sudah berhasil.
    8. Silahkan buka aplikasi Google Calendar dan pilih akun mana yang ingin di sinkronisasi.

    Notes :
    Untuk langkah di atas admin belum sempat mencoba ya sis Risca U.B, namun admin hanya berusaha mencari solusi dari masalah yang sis Risca U.B alami, dan solusinya memang seperti di atas. Semoga membantu ^^

    BalasHapus
  3. Hape saya xi*omi mi 3 32gb, selalu gagal sync gmail dan google play. Dicoba untuk factory data reset berhasil normal, tidak sampai 1 minggu kembali gagal sync. Apakah permasalahan ini bisa terpecahkan.

    BalasHapus
  4. Hape saya xi*omi mi 3 32gb, selalu gagal sync gmail dan google play. Dicoba untuk factory data reset berhasil normal, tidak sampai 1 minggu kembali gagal sync. Apakah permasalahan ini bisa terpecahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di coba langkah di atas gan

      Hapus