Mengatasi Android lemot dengan 4 tips jitu


Ponsel Android adalah operating sistem yang berjalan di ponsel anda yang menyerupai komputer dimana ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar menjaga perfoma Android anda supaya tidak lemot. Beberapa langkah yang perlu anda lakukan di antaranya sebagai berikut :

1. Matikan Aplikasi Belakang Layar

Android memiliki kemampuan multi tasking dalam menjalankan berbagai aplikasi. Sebagai contoh Anda tentunya tidak membutuhkan aplikasi Youtube bekerja di belakang layar, sehingga dapat menguras memory dan menghabiskan baterai dengan cepat. 

Hal terbaik yang perlu Anda lakukan untuk mematikan aplikasi belakang layar dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga "Advanced Task Killerapp" aplikasi ini gratis dan berbeda dengan aplikasi bawaan dari Android. Aplikasi ini membuat satu daftar aplikasi yang berjalan di belakang layar smartphone Anda, dan Anda bisa dengan mudah mematikan aplikasi.


2. Update selalu aplikasi.

Masalah Android lemot bukan terjadi dari sistem operasi saja, tapi bisa juga dari aplikasi pihak ke tiga yang membuat lemot. Check selalu update aplikasi Android Anda di Play Store, karena biasanya aplikasi yang ada di Android terdapat beberapa bug atau masalah yang butuh di sempurnakan yaitu dengan cara melakukan update secara berkala.

Langkah-langkah update: 
- Buka aplikasi Play Store
- Pilih menu di sebelah kiri 
- Pilih My Apps. 
- Check aplikasi yang perlu di update  


3. Mengatur Sinkronisai data

Ponsel yang berjalan dengan operating sistem Android saat ini sudah tersedia fitur sinkronisasi yang berguna untuk mengupdate data Anda secara online. Sinkronisasi ini berfungsi untuk menerima dan mengirim email, jadi walaupun anda tidak berada di depan komputer anda tetap bisa menerima email di mana saja.

Selain mengirim dan menerima email, sinkronisasi Google ini juga memiliki kemampuan menyimpan data kontak, daftar jadwal kerja anda di kalender serta penyimpanan gambar di picasa. Sinkronisasi ini menyimpan seluruh data anda ke server online Gmail, dan biasanya bekerja secara otomatis. Namun Anda bisa menentukan data-data apa saja yang perlu di sinkronisasi agar tidak memperlambat kineja ponsel anda.

Langkah untuk mematikan sinkronisasi akun google
- Masuk ke menu setting
- Pilih akun, lalu pilih akun Google
- Setelah itu pilih layanan sinkronisasi yang ingin dimatikan


4. Defrag memory smartphone.

Smartphone Android layaknya seperti komputer yang memiliki internal memory RAM yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi. Untuk meningkatkan kemampuan memory RAM pada Android perlu di lakukan defrag dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga "Memory Booster". Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur ulang kinerja memory RAM sehingga membuat kinerja smartphone Android kembali seperti semula.

Kesimpulan

Perangkat Android ini adalah perangkat yang bekerja layaknya komputer, dimana juga perlu untuk pembersihan secara berkala dan update aplikasi. Jadi bagi anda pengguna Android jangan lupa untuk selalu membersihkan file-file yang biasa tidak di gunakan seperti file cache atau file sampah yang tanpa anda ketahui tersimpan di dalam ponsel anda serta melakukan update aplikasi yang terinstall pada ponsel anda, untuk menjaga ponsel anda agar tidak lemot.

0 Response to "Mengatasi Android lemot dengan 4 tips jitu"

Posting Komentar