Senin, 28 September 2015

7 Aplikasi Backup Android Terbaik

 7 Aplikasi Backup Android Terbaik

Setiap pemilik Android device tentu tahu betapa pentingnya untuk menyimpan data pada smartphone mereka. Tidak ada alasan bahwa membackup data smartphone Anda adalah suatu hal yang sangat penting. Agar terhindar dari hal-hal seperti smartphone Anda error dan Anda harus mengganti dengan ponsel yang baru lalu hanya dengan beberapa menit ponsel Anda kembali seperti layaknya smartphone seperti yang Anda pakai sebelumnya.

Di bawah ini kami memiliki 7 aplikasi Android terbaik yang dapat membantu Anda untuk melakukan backup pada smartphone Android Anda.

Berikut daftar aplikasi backup Android terbaik : 

1. Helium

7 Aplikasi Backup Android Terbaik

Aplikasi Helium ini masuk dalam peringkat teratas karena aplikasi ini di kembangkan oleh  orang-orang dari perusahaan CyanogenMod ROM yang merupakan pembuat custom rom paling populer yang tersedia untuk platform Android. Masalahnya bukan hanya pada popularitas pengembang, namun apliaksi ini memiliki banyak fitur dan fungsi yang membuatnya sangat mudah di guanakan untuk melakukan backup pada perangkat Android secara lengkap. 

Hal terbaik dari aplikasi Helium ini adalah bahwa Anda dapat membackup seluruh data Anda dan Anda bahkan tidak perlu melakukan rooting pada ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Pada versi berbayar tersedia fitur sinkronisasi backup Anda dengan layanan penyimpanan server online seperti, Dropbox, Google Drive, dll sehingga memudahkan Anda untuk merestore data backup Anda langsugn dari penyimpanan tersebut. 


2. Tru Backup

7 Aplikasi Backup Android Terbaik

Sebagian besar aplikasi backup untuk Android memiliki tampilang yang cukup rumit sehingga membuat pengguna baru bingung dalam melakukan backup atau restore. Pada aplikasi Tru Backup ini Anda tidak akan mengalami hal tersebut karena aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan Anda untuk melakukan backup ataupun restore. 

Aplikasi ini juga tidak memerlukan rooting sama sekali dan aplikasi ini juga dapat membackup seluruh data Anda termasuk kontak, SMS, musik, video, gambar dan aplikasi. Anda harus tahu bahwa aplikasi ini hanya akan membackup aplikasi yang Anda install dan bukan data dari daftar aplikasi Anda. Namun aplikasi ini bisa Anda setting untuk melakukan backup secara otomatis untuk data aplikasi Anda dan bisa Anda simpan pada layanan cloud atau pada kartu microSD Anda.

3. CM Backup

7 Aplikasi Backup Android Terbaik

Clean Master adalah salah satu aplikasi yang populer untuk membersihkan file sampah dan meningkatkan kecepatan pada ponsel Android Anda. Penawaran terbaru dari pengembang aplikasi ini adalah CM Backup yang memberikan fitur backup data pada ponsel Anda dan menyimpannya di file cloud.

Serta Anda juga dapat dengan merestore data backup Anda cukup dengan satu kali tekan, CM Backup menawarkan Anda ruang penyimpanan cloud pada server pribadi mereka sebesar 5GB sehingga Anda dapat membackup seluruh data ponsel Android Anda dari kontak, daftar panggilan, pesan, bookmark pada browser, foto, video, musik data alarm, data kalender, dll.

Semua data ini dapat Anda simpan pada ruang penyimpanan cloud server CM Backup dan Anda dapat dengan mudah merestore file backup Anda serta Anda juga bisa melihat data backup Anda pada server CM Backup melalui PC Anda, dalam menjalankan aplikasi ini tidak diperlukan rooting pada ponsel Android Anda.

4. Avast Backup

7 Aplikasi Backup Android Terbaik
Avast adalah nama yang cukup terkenal pada bidang keamanan dan keselamatan untuk PC maupun untuk perangkat Android Anda. Kita tentu kenal dengan nama besar Avast Antivirus yang termasuk dari salah satu alat keamanan terbaik pada perusahaan dan sekarang Avast Mobile Backup adalah aplikasi dari Avast yang mencoba untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah backup pada ponsel Android Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan bakcup data Anda termasuk kontak, SMS, daftar panggilan, dan foto. Namun sayang pada aplikasi ini jika Anda ingin melakukan backup pada daftar aplikasi Anda, video dan musik Anda harus mendaftar untuk pada versi premium atau berbayar.

Namun aplikasi premium pada Avast terbilang cukup murah jika Anda memiliki data penting pada ponsel Anda yaitu seharga $20 per tahun. Aplikasi ini dapat menyimpan data dari daftar aplikasi yang ada di ponsel Anda jika ponsel Anda sudah di root, Anda juga dapat menyimpan data backup Anda pada kartu microSD atau penyimpanan pada server online seperti Google Drive, Dropbox, dll.

5. Easy Backup and Restore

7 Aplikasi Backup Android Terbaik

Dari nama aplikasi ini kita tentu tahu apa fungsi dari aplikasi ini, aplikasi ini cukup sempurna dalam hal backup dan restore karena aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana serta Anda dapat menyimpan file backup Anda pada microSD atau penyimpanan online.

Aplikasi ini memungkinkan Anda membackup semua data pada ponsel Anda kecuali data pada aplikasi ponsel Anda, namun Anda juga dapat membackup data aplikasi Anda jika ponsel Anda sudah di root. Aplikasi ini juga memiliki fitur backup terjadwal secara otomatis pada ponsel Anda sehingga memudahkan Anda dapat melakukan backup mingguan atau bulanan jika mungkin Anda memiliki jadwal harian yang cukup padat.

6. My Backup

7 Aplikasi Backup Android Terbaik
My Backup menawarkan fitur yang paling menakjubkan untuk aplikasi backup. Fitur terbaik yang dimiliki mencakup kemampuan untuk menyimpan data perangkat Anda dari jauh yang berarti bahwa Anda dapat melakukan backup pada ponsel Anda dari mana saja dengan mengakses situs My Backup pada komputer Anda.

Versi gratis ini memungkinkan Anda melakukan backup data ke kartu microSD Anda, namun jika Anda membeli versi pro Anda dapat melakukan penyimpanan secara online baik pada server My Backup atau pada server online yang Anda miliki. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah Anda dapat melakukan migrasi sehingga Anda dapat mentransfer seluruh data bakcup Anda dari satu ponsel ke ponsel yang lainnya. 

7. GCloud backup 

7 Aplikasi Backup Android Terbaik
GCloud Backup memungkinkan Anda mengambil kendali penuh pada ponsel Android Anda dalam menyimpan seluruh data Anda ke server online. Anda dapat menyimpan semua data termasuk data dari Whatsapp dengan cukup sekali tekan Anda dapat menyimpan seluruh data pada ponsel Android Anda dari daftar panggilan, kontak, SMS dan dokumen lainnya.

Anda harus membuat accoun dulu pada aplikasi GCloud yang memungkinkan Anda dengan mudah merestore ulang data yang sudah Anda simpan dengan cara masuk ke akun yang sudah Anda daftarkan. Aplikasi ini menyediakan 1GB untuk penyimpanan data secara online secara gratis, aplikasi ini tidak memerlukan root pada ponsel Anda untuk menjalankannya.

Artikel menarik lainnya: 
Aplikasi Wajib Android Yang Harus di Install
Cara Upgrade Android Terlengkap

Melakukan backup secara rutin pada android adalah suatu hal penting yang harus di lakukan untuk para pengguna android. Di atas adalah daftar dari 7 Aplikasi Backup Android Terbaik dari pihak ke tiga yang bisa anda dapatkan secara gratis di playstore, dan jangan lupa untuk melakukan backup secara berkala.
Previous Post
Next Post

0 comments: