Cara Menjaga Kondisi Baterai Note 5 Agar Tetap Optimal

Cara Menjaga Kondisi Baterai Note 5 Agar Tetap Optimal

note 5

Samsung baru saja merilis phablet terbaru yaitu Galaxy Note 5, pada kondisi baterai yang di miliki Galaxy Note 5 memang tidak perlu di ragukan tapi setiap baterai pada ponsel selalu memiliki umur dalam masa pemakaian.

Baterai yang dimiliki Samsung Note 5 memang memiliki kapasitas lebih rendah dari versi Note 4, dan baterai pada Note 5 tidak bisa di lepas atau removeable seperti Note 4. Namun Anda tidak perlu khawatir selama Anda bisa menjaga kondisi baterai semuanya tetap aman.  Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk Anda agar daya tahan baterai Note 5 lebih maksimal. 

FAST CHARGING

Fast Charging Note 5

Salah satu kemajuan teknologi saat ini pada ponsel adalah adanya fitur fast charging. Walaupun dengan port charger yang tetap sama namun produsen ponsel mampu meningkatkan kecepatan pengisian baterai. Samsung memiliki kemampuan fast charging yang mereka keluarkan sendiri pada Note 5 (dan akan banyak Anda temui juga di ponsel merk lain baru-baru ini), dan fungsi ini memberikan Anda mengisi baterai dengan cepat.

Pada kemasan Samsung Galaxy Note 5 sudah ada charger compatible untuk Note 5, tetapi Anda juga dapat membeli charger bawaan Galaxy Note 5 pada counter resmi Samsung yang berkualitas original.

Power Saving dan Ultra Power Saving

Power Saving dan UItra Power Saving

Kita tentu tahu bahwa Samsung memiliki fitur Power Saving mode pada generasi Samsung sebelumnya, tapi pada keluaran phablet terbaru ini ada dua fitur yang berfungsi untuk menghemat baterai Anda. Yaitu fitur Power Saving Mode dan Ultra Power Saving Mode. Berikut fungsi dari kedua fitur tersebut.

Power Saving Mode adalah mode dimana Anda dapat menghemat baterai Anda sekitar 5-15% , tetapi dalam mode ini tentunya akan berdampak pada tampilan ponsel Anda. Ketika di aktifkan, otomatis kecerahan layar akan berkurang dan lampu pada tombol juga mati. Namun Anda juga dapat melakukan mode ini secara manual seperti mengurangi kecerahan layar, mematikan mode getar, dan mengaktifkan mode silent.

Ultra Power Saving Mode berbeda dari Power Saving Mode karena begitu Anda mengaktifkan fitur ini semua tampilan layar Anda akan berubah total dari yang berwarna menjadi hitam putih, hanya aplikasi yang penting yang aktif, layanan data akan mati begitu layar mati, dan mematikan fitur Bluetooth dan Wifi. Mengaktifkan mode ini akan melipat gandakan penghematan baterai Anda, namun mode ini bukanlah suatu pilihan kecuali jika memang baterai Anda benar-benar hampir habis.

Nonaktif dan hapus aplikasi

Nonaktif dan hapus aplikasi

Selama ini Samsung sudah sedikit demi sedikit mengurangi aplikasi bawaan dalam membeli ponsel baru. Namun tetap saja kadang kita merasa bahwa ada aplikasi bawaan Samsung yang mungkin kurang kita gunakan. SEbenarnya dari aplikasi yang jarang kita gunakan aplikasi itu tetap bekerja di belakang layar yang dapat mengurangi daya baterai Anda. Seandainya ada sekitar 10 – 20 aplikasi yang jarang Anda gunakan dan semuanya berjalan bersamaan maka dapat mengakibatkan baterai ponsel Anda cepat habis.

Jadi cara terbaik yaitu menghapus aplikasi yang jarang dipakai atau menonaktifkan fungsi aplikasi yang jarang Anda pakai. Caranya cukup mudah Anda cukup masuk ke menu setting ? manajer aplikasi untuk menghapus dan menonaktifkan aplikasi yang menurut Anda jarang Anda gunakan.

Setting layar

Setting-layar

Note 5 memang di bekali dengan layar ukuran yang cukup besar dan memiliki ketajaman warna yang sangat menakjubkan, tetapi tidak bisa di pungkiri hal yang paling banyak menyerap daya baterai adalah dari layar ponsel. Jika mungkin Anda lagi bepergian dan tidak membawa charger cara yang paling aman adalah mengurangi kecerahan layar ponsel Anda, cara ini mampu membuat baterai ponsel Anda lebih tahan lama. Atau paling tidak Anda bisa mengaktifkan mode otomatis pada kecerahan layar ponsel Anda.

Kesimpulan

Kita sering menggunakan ponsel mungkin setelah telpon,sms atau chatting langsung di letakan begitu saja sehingga membiarkan layar dalam kondisi menyala. Hal ini sebenarnya bisa membuat daya baterai ponsel Anda menjadi cepat habis, jadi untuk menghindari hal ini Anda bisa melakukan setting untuk mengatur timeout layar Anda sehingga lebih cepat mati saat Anda tinggalkan, sehingga baterai tidak cepat habis. Namun jika Anda tidak ingin mengubah waktu timeout layar, cukup dengan selalu menekan tombol power sehingga layar ponsel mati dan masuk mode sleep.

0 Response to "Cara Menjaga Kondisi Baterai Note 5 Agar Tetap Optimal"

Posting Komentar