15 Tips dan Trick bermanfaat untuk Samsung S6 / S6 Edge

15 Tips dan Trick bermanfaat untuk Samsung S6 / S6 Edge


Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah smartphone Android buatan Samsung yang bisa di bilang yang terbaik. Samsung pertama kali mengeluarkan device dengan perubahan total dari material sehingga Galaxy S6 terlihat begitu elegant disaat pertama kali di rilis. 

Selain itu banyak fitur tambahan yang disediakan oleh Samsung pada Galaxy S6, serta platform yang di gunakan versi Android 5.0 Lollipop dengan rasa terbaru. Jika mungkin Anda pengguna Samsung Galaxy S6 mungkin tips dan trick berikut dapat membantu Anda untuk memaksimalkan beragam fitur Galaxy S6 Anda. 

Quick Camera Launch


Samsung Galaxy S6 memiliki kualitas kamera yang luar biasa. Sehingga membuat Anda selalu ingin berfoto atau berselfie. Dengan adanya fitur Quick Camera Launch Anda tidak perlu repot jika ingin segera berfoto, cukup hanya dengan menekan dua kali tombol 'Home' dan Anda langsung bisa memotret apapun yang Anda inginkan. 

Untuk mematikan fitur ini buka aplikasi kamera dan pilih 'Settin' lalu setting opsi pilihan 'Quick Launch' ke mode off.

Smart Alert

Samsung menambahkan fitur baru pada panggilan telpon yaitu fitur Smart Alert pada Galaxy S6 dan S6 Edge. Setelah fitur ini di aktifkan, smartphone Anda akan bergetar secara otomatis pada saat Anda mengambilnya untuk memberi peringatan kepada Anda jika ada panggilan atau pesan untuk Anda. Fitur ini di aktifkan secara default jadi jika Anda ingin melakukan perubahan bisa dengan ke menu Setting ► Motion and Gesture ► Smart Alert.

Fitur Mengubah Tema

Samsung Galaxy S6 memiliki fitur untuk mengubah tema tampilan ponsel Anda sesuai dengan keinginan Anda. Perubahan tampilan ini mengubah wallpaper, icon, dan tampilan User Interface. Anda dapat mengubah tema dengan membuka menu  Setting ► Themes kemudian pilih salah satu tema yang Anda inginkan. 

Ada tiga pilihan tema bawaan default dari S6, tapi Anda juga dapat mendownload tema lainnya melalui link Store yang ada di atas sebelah kanan pada halaman tema. Ada juga fitur untuk membuat tema tampilan S6 Anda sesuai dengan keinginan Anda.

Fitur pengaturan grid pada home screen

Secara default tampilan grid pada home screen pada Galaxy S6 berukuran 4x4, tapi Anda dapat mengubah menjadi 5x5 jika Anda ingin menambahkan aplikasi dan widget pada home screen Anda. Caranya cukup mudah Anda hanya cukup menekan dan tahan pada layar yang kosong maka akan muncul pilihan pengaturan untuk mengubah tampilan home screen S6.

Fitur Quick Setting

Quick setting atau pengaturan cepat berguna untuk mengakses aplikasi Anda secara mudah. Anda dapat mengubah setting pada quick setting  di menu pengaturan yang terdapat di halaman quick setting. Buka menu pengaturan dan anda akan melihat kumpulan aplikasi di bagian atas. Pilih edit dan berikan tanda centang untuk aplikasi yang ingin Anda pakai pada quick setting. maksimal aplikasi yang Anda pilih hanya 9 aplikasi saja.

Mengatur Fingerprints

Seperti Galaxy S5, pada Galaxy S6 edge dan Galaxy S6 sensor fingerprints ini berada pada tombol home. Tapi memiliki kemampuan lebih baik dari versi sebelumnya, sekarang Anda bisa dengan mudah mendeteksi sidik jari Anda. 

Proses deteksi sidik jari ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Untuk menambahkan daftar sidik jadi, buka menu 'Setting ► Kunci Layar dan Keamanan ► Sidik Jari'. Anda dapat menambahkan hingga 4 sidik jari yang berbeda dengan menekan berulang pada tombol home.

Menghapus layar Briefing atau Flipboard

Pada versi Samsung sebelumnya ada feature 'My Magazine' tapi tahun ini sudah berganti nama menjadi 'Briefing'. Aplikasi ini layaknya seperti berita Flipboard yang pada setting default dalam mode ON. Jika Anda tidak ingin menghilangkan aplikasi ini caranyan cukup mudah, Anda cukup menekan dan tahan layar home screen Anda lalu geser hingga menemukan layar 'Briefing' lalu hilangkan tanda centang.

Mengaktifkan download booster

Fitur ini sudah ada pada versi Galaxy S5, fitur Samsung ini berguna untuk mempercepat proses download. Sehingga jika Anda mendownload film atau file dengan ukuran 30MB maka dengan fitur ini proses download bisa menjadi lebih cepat dari proses download standard. Untuk mengaktifkan fitur ini masuk ke menu setting ► Setting koneksi ► Download Booster dan setting ke mode ON. 

Mode Do Not Disturb

Jika Anda menggunakan Android versi Lollipop, Anda pasti sudah mengerti kegunaan fitur ini. Tapi Samsung memiliki versi buatan sendiri, dengan mengaktifkan mode ini Anda bisa mengatur hal tentang pemberitahuan. Cara settingnya, masuk ke menu Setting ► Sounds & Notifications ► Do not disturb.

Jika Anda mengaktifkan mode ini, ada pilihan untuk memberikan pengecualian. Seperti Anda hanya ingin menerima panggilan telpon tanpa ingin mengetahui pemberitahuan lainnya, maka secara otomatis S6 tidak akan berbunyi jika ada pemberitahuan kecuali jika ada panggilan telpon. 

Mode ini juga bisa di setting pada waktu apa saja Anda tidak ingin di ganggu, biasanya pada waktu istirahat malam. 

Night Clock (Tersedia hanya untuk S6 Edge)

Fitur Night Clock ini adalah fitur yang cukup keren pada Galaxy S6 Edge, fitur ini akan menampilkan jam pada lengkungan layar S6 Edge. 

Fitur ini cukup menguras daya baterai sehingga disarankan untuk mengaktifkan fitur ini pada posisi ponsel lagi di charge. Untuk mengaktifkan fitur ini dengan cara buka menu Setting ► Edge Screen ► Night Clock.

Edge Lighting ( Tersedia hanya untuk S6 Edge

Ini adalah fitur yang unik juga yang tersedia pada S6 Edge. Jika fitur ini di aktifkan maka lengkungan layar pada S6 Edge akan menyala jika ada yang menelpon Anda atau adanya pemberitahuan.

Satu hal yang cukup menarik Anda bisa mengubah warna lampu berdasarkan kontak no telp  yang menelpon Anda. Untuk mengaktifkan fitur Edge Lighting ini caranya buka menu Setting ►Edge Screen►Lighting Edge. Untuk mengatur warna lampu berdasarkan kontak telpon tertentu buka Setting ► Edge Screen► My People

Mode Ultra Power Saving

Mode Ultra Power Saving ini berfungsi untuk menghemat konsumsi baterai ponsel Anda. Ketika mode ini diaktifkan, tampilan ponsel akan berubah menjadi hitam putih dan otomatis menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Namun Anda tetap masih bisa menerima panggilan, mengirim pesan dan menggunakan aplikasi penting lainnya. Anda juga dapat mengatur mode ini secara otomatis aktif jika daya baterai Anda tinggal 15%-50%. Cara mengaturnya dengan cara buka menu Setting►Battery►Mode Ultra Power Saving dan ubah menjadi ON.

Aktifkan Multi Window

Galaxy S6 sudah dilengkapi dengan fitur multi window yang memungkinkan pnegguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. 

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Meskipun Samsung sudah mengurangi beberapa aplikasi bawaan pada Galaxy S6, tapi masih saja ada cukup banyak aplikasi yang kita rasa kurang diperlukan. Untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan, bisa dengan cara membuka Setting►Application►Application manager.

Screenshot Galaxy S6

Ada dua metode dalam melakukan Screenshot pada Galaxy S6 dan S6 Edge. 
  1. Menggeser telapak tangan Anda pada layar dari ujung kanan ke kiri. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara Setting ► Gesture and Motions ► Palm Swis to Capture
  2. Tekan dan tahan pada tombol 'Power; dan tombol 'Home' secara bersamaan.
Setelah Anda berhasil, layar Anda akan berkedi dan laporan screenshot Anda akan muncul di pemberitahuan.

    "Silahkan dibagikan keteman-teman jika artikel ini membantu. Anda bisa membagikan melalui google+ , Twitter, Facebook atau social media lainnya dengan klik link share di bawah ini"

    0 Response to "15 Tips dan Trick bermanfaat untuk Samsung S6 / S6 Edge"

    Posting Komentar