Senin, 19 Oktober 2015

Aplikasi Android Untuk Toko Online

Aplikasi Android Untuk Toko Online


Smartphone Android saat ini bukan hanya sekedar untuk menunjang sarana multimedia saja. Bagi para kalangan bisnis terutama pemiliki toko online seperti saya sendiri, banyak sebenarnya aplikasi Android yang membantu pemasaran serta kinerja pemiliki toko online untuk lebih mudah dalam hal memasarkan produk, check traffic website, check ongkir dan menanggapi customer dengan cepat.

Pada artikel ini saya akan berbagi kepada teman-teman toko online tentang aplikasi apa saja yang berguna untuk menunjang kinerja teman-teman onlineshop.

Berikut daftar aplikasi untuk menunjang teman-teman onlineshop :

Email 


Gmail
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Kita tentu tahu fungsi Gmail pasti kirim dan menerima email, aplikasi ini berguna untuk mengirim email ke customer atau menerima pemberitahuan dari beberapa market place seperti Bukalapak dan TokoPedia sehingga Owner toko online bisa dengan cepat menanggapi customer yang bertanya atau menerima order.

Selain itu fungsi dari Gmail ini juga berguna untuk anda yang mungkin pemiliki website dengan sistem tombol belanja. Karena dengan aplikasi ini anda bisa melakukan pengaturan untuk menerima notifikasi penjualan yang terjadi pada website anda. Tentunya, dengan pengaturan email forward ke gmail anda.

Sharing File


Google Drive
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Google Drive selain berfungsi sebagai penyimpanan data online, sebenarnya bisa juga di manfaatkan untuk menjadi sebuah katalog online sehingga memudahkan para customer ataupun para reseller Anda untuk melihat dan mendownload seluruh daftar foto barang Anda. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan para pelanggan untuk mendownload dan memasarkan barang.

Caranya juga bisa terbilang sangat mudah, anda cukup melakukan upload di Google Drive anda dan membagikan link folder foto produk anda ke customer. Dengan begitu para customer anda akan dengan mudah melihat daftar foto-foto produk yang anda jual. 

Pengiriman 

Rajaongkir
Aplikasi Android Untuk Toko Online

Aplikasi buatan anak Indonesia ini sangat banyak membantu, pada aplikasi ini Anda dapat dengan mudah mengecheck ongkos kirim dari berbagai logistik (ESL, POS, TIKI, JNE, RPX). Aplikasi ini juga cukup ringan digunakan, serta dapat berjalan dengan lancar dan cepat saat melakukan pengechekan ongkos kirim. Sehingga Anda tidak perlu repot check satu persatu logistik, aplikasi ini bisa menjadi alternatif apabila ada customer Anda yang minta di carikan ongkos kirim yang murah.

JNE Express
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Banyak para pengguna toko online yang tentu sudah tahu ekspedisi JNE. Ya, JNE selain terkenal dengan kemudahan pelacakan dan cek tarif pengiriman, saat ini JNE juga menyediakan aplikasi pada android. Fitur seperti cek tarif ongkos kirim dan juga tracking AWB (no resi) bisa anda lakukan hanya dari smartphone android anda. Aplikasi ini berguna untuk anda para toko online, untuk melakukan tracking no resi dan juga cek tarif saat akan melakukan transaksi dengan customer anda.

Market Place

Tokopedia
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Aplikasi tokopedia ini sangat berguna untuk anda para pemiliki toko online. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk meningkatkan penjualan produk yang anda pasarkan dengan mudah. Transaksi dengan aplikasi ini juga sangat aman dilakukan, karena tersedia fitur escrow yang berfungsi sebagai pihak ke-3 antara pembeli dan penjual. Selain itu, anda bisa dengan mudah upload produk yang ingin dijual di tokopedia.

Tokopedia menyediakan sistem iklan berbayar dan gratis. Kelebihan dari sistem iklan berbayar tentunya akan sangat memudahkan anda dalam mempromosikan produk anda sehingga meningkatkan penjualan produk anda dengan cepat.

Bukalapak
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Aplikasi marketplace bukalapak ini juga bisa berguna untuk menunjang penjualan produk anda. Karena dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di bukalapak anda bisa dengan mudah mengupload produk anda dan langsung segera berjualan. Sistem promosi yang digunakan pada bukalapak sedikit berbeda dengan tokopedia.

Aplikasi bukalapak menerapkan sistem push dan juga sistem push keyword yang berguna untuk melakukan promosi produk anda agar lebih mudah untuk ditemukan. 

Chatting

Xabber
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Aplikasi Xabber ini adalah aplikasi yang berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan aplikasi live chat pada website Anda ke ponsel Android Anda. Sehingga Anda tetap bisa merespon dengan cepat customer yang mungkin ingin bertanya setelah melihat-lihat produk di website toko online Anda.Selain itu aplikasi ini juga berfungsi sebagai sarana multi chatting, sehingga jika Anda menggunakan aplikasi chatting seperti YM , aplikasi ini juga bisa menjadi perantara.

Zopim
Aplikasi Android Untuk Toko Online
Kalau pada aplikasi Xabber berfungsi sebagai perantara, berbeda dengan aplikasi Zopim. Aplikasi ini memang khusus di buat oleh pengembang aplikasi Zopim untuk live chat yang bisa di pasang di website toko online Anda. Namun Zopim juga menyedikan aplikasi yang bisa di install pada ponsel Android, Blackberry dan iOS. Sehingga memudahkan pengunjung toko online Anda terhubung dengan Anda kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Facebook Messenger
Aplikasi Android Untuk Toko Online

Tentu kita tahu bahwa di Facebook sudah ada layanan chat untuk berkomunikasi antar pemakai Facebook. Tapi dengan kesibukan online shop yang mungkin mengurus banyak orderan atau mobilitas yang tinggi, aplikasi ini bisa membantu Anda agar lebih mudah di hubungi oleh pelanggan Anda melalui Facebook.

Social Media

Facebook Fan Page

Aplikasi Android Untuk Toko Online
Jika Anda menggunakan Fans Page untuk sarana berjualan tentunya sangat sulit memantau terus Fans Page Anda di depan komputer. Jadi dengan adanya aplikasi ini Anda tetap bisa update status, share foto, baca pesan dan menanggapi komentar fans Anda. Dengan begitu online shop Anda akan tetap terhubung dengan para pelanggan Anda.

Instagram

Aplikasi Android Untuk Toko Online
Instagram pada awalnya hanya sebagai tempat untuk share gambar. Namun dengan seiring berjalannya waktu, aplikasi ini berubah menjadi tempat berjualan online. Bahkan, saat ini trend berjualan dengan menggunakan Instagram meningkat tajam. Aplikasi ini berguna sekali untuk anda para toko online dalam berjualan dengan menggunakan social media Instagram ini maka dengan mudah anda akan menarik para customer anda. Tetapi tentunya anda harus memiliki hasil foto produk yang menarik.

Kesimpulan : 
Itu tadi daftar Aplikasi Android Untuk Toko Online yang berguna untuk meningkatkan penjualan anda para toko online. Selain itu beberapa aplikasi di atas juga berguna untuk para toko online yang memiliki website untuk dengan mudah terhubung dengan pengunjung website anda.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa di share pada artikel ini, namun admin memfilter aplikasi mana saja yang umumnya digunakan oleh para toko online untuk berjualan hanya dari smartphone android. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: