Selasa, 20 Oktober 2015

Cara install aplikasi tanpa Google Play

Apa Anda pernah mengalami ingin menginstall aplikasi di Google Play namun tidak bisa? ada beberapa sebab yang mengakibatkan ponsel anda tidak bisa menginstall aplikasi melalui Google Play. Beberapa ponsel Android terkadang tidak diketahui atau di kenal oleh Android itu sendiri, atau terkadang disebabkan oleh pengaturan negara, sehingga membuat ponsel Android anda tidak bisa menginstall aplikasi melalui Google Play.

Kendala lain yang menyebabkan anda harus menginstall aplikasi tidak melalui Google Play Store terkadang selain masalah di atas, juga yang biasa terjadi adalah aplikasi yang tidak terdaftar di Google Play, sehingga di anggap aplikasi yang tidak diketahui.

Untungnya ada cara untuk menginstall aplikasi tanpa melalui Google Play, berikut caranya :

Langkah setting Android Anda

Langkah pertama, Anda perlu menjalankan perangkat Android yang berjalan pada Android versi 4.0 atau lebih tinggi untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Lalu cari dan beri tanda centang pada "Unknown Sources", seperti gambar di bawah ini.


Dengan memberikan tanda centang pada "Unknown Sources" berarti anda menyetujui jika aplikasi yang akan anda install itu tidak terdaftar atau tersedia di Google Play.

Setelah anda memberikan izin pada Android untuk menginstall aplikasi lain yang tidak terdaftar di Google Play, jangan lupa untuk memberikan centang "Verify App". Fungsi memberi centang pada Verify Apps ini berguna untuk memverifikasi apakah anda benar-benar ingin menginstall aplikasi yang tidak dikenali oleh Google, serta meningkatkan keamanan bagi ponsel Anda.

Namun ada baiknya anda menginstall antivirus sebelum menginstall aplikasi yang tidak di kenali atau yang tidak terdaftar oleh Google Play, karena beberapa aplikasi yang mengandung virus bisa merusak sistem Android yang berakibat bisa merusak ponsel anda.

Download Aplikasi



Setelah Anda melakukan langkah di atas, Anda sekarang dapat menginstall aplikasi file APK yang Anda inginkan. Sebagai contoh, Anda akan mencoba menginstall aplikasi whatsapp tanpa melalui Google Play. Anda dapat membuka website Whatsapp dan mendownload file APK.

Install APK


Seteleah selesai men-download file APK Whatsapp Anda dapat membuka file yang sudah di download di menu download yang sudah di sediakan oleh menu browser. Selanjutnya akan muncul menu untuk confirmasi apakah Anda ingin melanjutkan untuk menginstall aplikasi file APK. Verifikasi akan selalu muncul selama Anda memberi centang "Verify Apps".


Dengan melakukan langkah di atas, maka Anda sudah bisa melakukan installasi APK file tanpa harus melalui Google Play.
Previous Post
Next Post

0 comments: