5 Tips mencegah virus dan malware pada Android Anda

 

Mencegah aplikasi yang terinfeksi virus pada Android Anda adalah hal penting.

Bukan suatu rahasia lagi bahwa Android adalah operating system dengan sistem yang cukup terbuka dan hal ini bisa menyebabkan beberapa orang yang berniat jahat untuk melakukan hal-hal buruk melalui suatu aplikasi. Semua perangkat elektronik yang bekerja dengan sistem seperti komputer tentu memiliki ancaman, namun baik komputer atau Android tentu memiliki alat pengaman untuk membantu agar Android Anda tetap aman.

Kebanyakan dari virus komputer bekerja tanpa Anda ketahui bahkan di saat ponsel tidak Anda gunakan, karena virus semacam malware ini bekerja dengan cara membuka gerbang keamanan pada sistem dan merusak suatu sistem pada perangkat Anda sehingga membuat ponsel Android Anda terkadang menjadi lambat bahkan error atau rusak. 

Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan ? ada beberapa langkah penting agar hal tersebut tidak terjadi pada Android anda.

Kami akan memberi lima cara mudah untuk tetap menjaga aplikasi agar tidak terinfeksi virus atau malware pada Android Anda.

1. Jangan menginstall aplikasi yang tidak Anda ketahui

jangan-install-aplikasi-yang-tidak-di-ketahui
Untuk menjaga agar perangkat Android Anda tetap selalu aman maka jaga selalu setiap aplikasi yang ingin Anda install atau pasang pda perangkat Android Anda. Jika Anda tidak tahu aplikasi apa atau dari mana asalnya, lebih baik Anda berpikir kembali untuk menginstall aplikasi itu pada perangkat Anda. 

Tidak jarang aplikasi yang di dapat bisa melalui e-mail dengan link download, ada baiknya jika menerima email link download APK (nama file untuk aplikasi Android) atau mungkin link download aplikasi melalui SMS. Bahkan yang Anda temukan di berbagai forum di internet, jangan langsung di install karena Anda tidak pernah tahu bahwa aplikasi itu sudah di susupi dengan virus atau malware. 

2. Install aplikasi hanya melalui Google Play atau toko aplikasi yang terpercaya.

install-aplikasi-dari-google-play

Jika Anda membeli suatu daging Anda akan membeli di toko pinggir jalan yang ga jelas ? atau membeli di toko yang sudah terkenal menjual daging berkualitas ? tentunya Anda membeli pada toko yang terpercaya agar mengurangi suatu resiko keracunan makanan. Sama juga dengan Anda mendowload suatu aplikasi. 

Dimana lagi selain di toko yang terpercaya penyedia aplikasi seperti Google Play , AppStore Amazon. AppStore Amazon terkadang memberikan penawaran aplikasi dengan harga murah. Saat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan aplikasi berbayar yang bisa Anda download secara gratis, namun Anda perlu hati-hati karena Anda tidak pernah tahu bahwa aplikasi tersebut sudah di susupi dengan scirpt virus atau malware yang akan menyerang Android Anda.

3. Hindari hapus tanda centang "Install dari sumber yang tidak diketahui"

unknown-source
Secara default apabila Anda menginstall aplikasi dari Google Play aplikasi yang Anda install sudah di ketahui sumbernya sehingga Anda tidak perlu menghapus tanda centang "Install dari sumber yang tidak diketahui". Sekarang sudah tersedia banyak situs aplikasi Android yang di luar Google Play yang terkadang perlu untuk menghapus tanda centang, jika Anda mengetahui sumber dari aplikasi tersebut tidak masalah. 

4. Baca izin dari setiap aplikasi

izin-aplikasi-android

Bagian ini cukup sulit untuk dijelaskan, karena kita harus tetap melakukannya juga. Tetapi setiap kali Anda akan menginstall aplikasi apapun pada ponsel Android Anda baik itu dari Google Play atau di manapun aplikasi akan menyatakan izin. Artinya, aplikasi memberi tahu Anda untuk meminta izin akses pada ponsel Anda. Contoh seperti suatu aplikasi yang meminta akses kamera atau ke internet, atau meminta akses untuk mengetahui lokasi Anda saat ini. 

Beberapa aplikasi kadang cukup membahayakan dalam meminta izin dari Anda, namun tidak semua aplikasi berbahaya ada beberapa aplikasi yang memang memerlukan izin untuk menggunakan aplikasi lainnya. Seperti aplikasi GPS tentunya akan meminta akses untuk mengetahui posisi anda berada saat ini. 

Google memang perlu melakukan suatu pekerjaan untuk lebih baik dalam menjelaskan suatu izin aplikasi atas alasan apa mereka meminta izin untuk mengakses aplikasi lainnya. Aplikasi yang di buat oleh pengembang yang baik tentu akan memberikan daftar alasan dalam daftar aplikasi yang mereka sediakan. Tapi Anda sebagai pengguna juga harus waspada. 

Contoh kasus klasik seperti Anda mendownload sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengubah wallpaper secara otomatis apakah perlu izin untuk kamera? mungkin perlu, tapi jika aplikasi tersebut meminta akses untuk merekam tombol apa saja yang biasa Anda ketik? tentu tidak perlu.

5. Gunakan scanner virus 

scan-antivirus
Terkadang pengguna Android sering bertanya-tanya apa perlu menginstall aplikasi anti virus ? jawabannya ada beberapa dari pengguna Android yang menginstall namun ada juga yang tidak menginstall anti virus. Sebenarnya Google sudah memeriksa setiap aplikasi yang tersedia di Google Play agar aman di gunakan oleh pengguna Android. Namun hal ini tidak bisa menjamin ponsel Anda seratus persen aman dari serangan virus atau malware. 

Jika Anda merasa khawatir dengan serangan virus atau malware yang tersebar di berbagai aplikasi, ada baiknya Anda menginstall aplikasi anti virus dari pengembang terpercaya seperti Norton Antivirus, Avast Antivirus, atau Avira Antivirus.

0 Response to "5 Tips mencegah virus dan malware pada Android Anda"

Posting Komentar