Sabtu, 26 Maret 2016

5 Fungsi Kabel OTG Untuk Android

 

Hai teman-teman hari ini saya ingin berbagi info, tentang fungsi kabel OTG untuk perangkat Android. Namun sebelumnya saya ingin menjelaskan pengertian tentang kabel OTG. 

Kabel OTG adalah sebuah alat berupa kabel yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara perangkat ponsel ke perangkat yang memiliki port USB. Sehingga perangkat Android nantinya akan bisa digunakan layaknya sebuah komputer atau desktop PC. Berikut beberapa fungsi menarik dari kabel OTG untuk perangkat Android sobat. 

1. Membaca USB Flashdisk

OTG Terhubung dengan USB Flashdisk
Kabel OTG bisa berfungsi untuk membaca data pada USB Flashdisk, sehingga bila sobat memiliki data file yang tersimpan pada komputer dan ingin memasukan ke perangkat Android. Sobat tinggal menyalin data yang ada di flashdisk dan memindahkan ke perangkat Android sobat melalui kabel OTG.

2. Bermain Menggunakan Gamepad atau Joystick

OTG Terhubung dengan Joystick
Android memang sangat menarik dan menyenangkan digunakan untuk bermain game, namun ada beberapa game yang lebih asyik saat menggunakan joystick. Dengan menggunakan kabel OTG sobat bisa menghubungkan joystick ke perangkat Android sobat dan bermain, layaknya bermain Playstation.

3. Menggunakan Keyboard dan Mouse

OTG Terhubung dengan Keyboard Mouse PC
Kabel OTG juga bisa berfungsi menghubungkan antara keyboard dan mouse ke perangkat Android sobat. Sehinga saat dihubungkan cursor mouse seperti di komputer akan muncul pada Android sobat, dan sobat bisa dengan mudah klik ikon di perangkat Android sobat seperti di komputer. 

Keyboard juga bisa berfungsi dengan baik layaknya seperti dikomputer, saran saya sebaiknya sobat membeli keyboard mouse wireless sehingga keyboard dan mouse lebih nyaman digunakan.

4. Menonton Film di TV

OTG Terhubung dengan Televisi
Menonton film di perangkat Android memang menarik, namun ada saatnya menonton film enak dengan suasana yang ramai. Fungsi kabel OTG ini bisa membantu sobat jika ingin menampilkan layar ponsel sobat ke TV, sehingga acara nonton film atau melihat foto jadi lebih menarik.

5. Bernyanyi Dengan Mikrofon

OTG Terhubung dengan Mikrofon
Bagi sobat yang suka merekam suara atau bernyanyi dengan menggunakan mikrofon. Kabel OTG juga bisa digunakan untuk merekam secara langsung melalui mikrofon sobat yang memiliki port USB. Sehingga sobat tidak perlu memindahkan rekaman sobat ke perangkat, karena hasil rekaman sobat langsung tersimpan ke perangkat Android.

Hal yang perlu diperhatikan

Di atas adalah beberapa fungsi menarik dari kabel OTG sehingga bisa merubah perangkat Android menjadi lebih mudah, terutama dalam mengelola data file. 

Tetapi tidak semua ponsel Android kompatibel dengan kabel OTG, sebelum membeli kabel OTG ada baiknya soba melakukan pengecekan apakah perangkat sobat mendukung dalam penggunaan kabel OTG. 



Cara ceknya juga cukup mudah, sobat tinggal mendownload aplikasi melalui Google Play Store dengan nama aplikasi USB OTG Checker, dengan aplikasi ini sobat bisa melihat support atau tidaknya perangkat sobat. Semoga membantu, dan silahkan bagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: