Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Melacak Android Yang Hilang

Smartphone sekarang sudah merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi penting bagi kegiatan sehari-hari, sehingga sangat penting bagi Anda untuk bisa melacak ponsel Android Anda disaat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya banyak tersedia aplikasi di Google Play Store untuk melacak Android yang hilang, namun sebagian orang baru menyadari akan kegunaan aplikasi tersebut setelah kehilangan.

Cara melacak Android yang hilang

Jangan khawatir, walaupun ponsel Android Anda hilang dan Anda belum menginstal aplikasi pihak ke tiga untuk melacak ponsel Anda, masih ada harapan dengan beberapa cara berikut ini untuk melacak ponsel Android Anda yang hilang tanpa aplikasi pihak ke tiga.

1. Lacak Android perangkat Android menggunakan Google "Android Device Manager"

Android Device Manager adalah fitur bawaan dari Google untuk melacak ponsel atau tablet Android Anda. Kelebiha fitur ini adalah Anda tidak perlu menginstall aplikasi ini untuk melacak perangkat Anda. Hal yang dibutuhkan untuk melacak perangkat Anda hanya akun Google yang terdaftar para perangkat Anda dan juga koneksi internet pada perangkat Anda. 

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cukup membuka situs Google lalu ketik "Android Device Manager"

Klik link Android Device Manager, maka Anda akan masuk ke halaman untuk login akun Google Anda, silahkan masukan login akun Google Anda yang terdaftar pada perangkat Anda.  


Setelah masuk ke akun Google, Anda baru bisa menggunakan fitur pelacakan, membunyikan perangkat Anda, mengunci akun perangkat Anda dan menghapus data pada ponsel Anda. Namun untuk mendeteksi perangkat Anda, fitur GPS Lokasi pada ponsel Anda harus aktif. Memang dengan menggunakan Android Device Manager fitur yang tersedia bisa di bilang tidak terlalu lengkap, hanya mengunci, menderingkan perangkat dan menghapus data ponsel Anda. 

Jadi bila Anda kehilangan perangkat Anda, Anda bisa langsung meminjam ponsel teman atau meminta kerabat Anda untuk melakukan pelacakan dengan langsung masuk ke Android Device Manager yang tersedia di Google.


Hal-hal yang dibutuhkan : 
  • Akun Google pada perangkat Anda
  • GPS Lokasi aktif
  • Koneksi internet 

 2. Lacak perangkat Android dengan Samsung Account

Bagi Anda pengguna Samsung, selain melacak dengan menggunakan Android Device Manager, Anda juga bisa melacak melalui akun Samsung Anda. Caranya cukup mudah dengan masuk ke Google dan ketik "find my samsung"


Selanjutnya Anda akan masuk ke website find my Samsung, pada website ini Anda harus melakukan login dengan menggunakan akun Samsung yang terdaftar pada perangkat Anda. Cara menggunakannya juga mudah, setelah masuk ke akun Anda akan tersedia pilihan untuk melacak perangkat Samsung Anda dengan cara klik "Locate my device" maka secara otomatis Samsung akan melacak perangkat Anda melalui perangkat Android Anda. Pelacakan ini juga memerlukan fitur GPS lokasi aktif pada perangkat Anda.


Hal-hal yang dibutuhkan
  • Akun Samsung para perangkat Anda
  • Koneksi Internet
  • GPS Lokasi aktif

Kesimpulan : 

Melacak perangkat Android Anda yang hilang tentu tidak bisa dibilang seratus persen ponsel atau tablet Anda aman dan bisa di temukan. Mengapa ? karena ada beberapa kasus seperti ponsel yang langsung dimatikan saat di curi, ini masalah yang agak rumit karena dengan ponsel di matikan serta fitur GPS yang tidak aktif akan sulit untuk terlacak. 

Jadi ada baiknya Anda tetap meningkatkan pengamanan pada perangkat Anda, seperti menambahkan kunci layar dengan menggunakan (Sidik jari, PIN, Pola) pada perangkat Anda. Sehingga saat perangkat Android Anda hilang, pencuri masih tetap kesulitan karena harus membuka pengunci ponsel atau tablet Anda sehingga Anda masih bisa melacak ponsel Anda atau paling tidak menghapus data-data penting pada perangkat Android Anda. 

Selain mengamankan dengan menggunakan kunci layar ada baiknya juga Anda tetap melakukan backup data rutin minimal 1 bulan sekali, agar disaat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti (ponsel rusak atau hilang) data penting Anda sudah tersimpan dengan aman.
Previous Post
Next Post

0 comments: