Jumat, 25 Maret 2016

Cara Mengapus dan Mengamankan Metode Pembayaran Play Store

Cara Mengapus dan Mengamankan Metode Pembayaran Play Store

Hai.. sobat klikdroid, pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan bagaimana Cara Membeli Aplikasi Di Play Store dan Mengaktifkan Pengawasan Orang Tua. Semoga artikel sebelumnya membantu Anda, dan tidak ada masalah dalam membeli aplikasi di Play Store baik melalui kartu kredit atau dengan pulsa.

Setelah Anda sudah bisa membeli aplikasi, kali ini saya ingin membagikan cara mengamankan dan menghapus metode pembayaran yang sudah Anda daftarkan.

Gunanya apa ? begini, dalam Google Play Store Anda bisa melakukan pengamanan dengan kata sandi pada saat membeli aplikasi, games, buku, atau film. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi pembelian di Google Play Store tanpa seijin Anda sebagai pemiliki kartu kredit atau sebagai pemiliki smartphone.

Selain tentang mengamankan metode pembayaran, pada artikel ini saya juga akan membagikan bagaimana cara menghapus metode pembayaran pada akun Google Anda.

Cara menghapus metode pembayaran tidak bisa hanya dengan mengapus data aplikasi Play Store pada aplikasi manager, karena metode pembayaran ini terhubung dengan akun Google Anda. Namun Anda tidak perlu menghapus akun Anda jika hanya ingin menghapus metode pembayaran saja. Berikut caranya.

Mengamankan Metode Pembayaran Play Store

Pertama buka aplikasi Play Store, dan masuk bagian setting atau pengaturan di Play Store. Seperti terlihat di gambar di bawah ini.

cara mengamankan metode pembayaran Play Store

Setelah itu scroll kebawah sampai Anda menemukan tulisan require authentication for purchase, lalu masuk ke menu tersebut, sehingga muncul menu dengan 3 pilihan :

1. Selalu mengaktifkan kata sandi
2. Hanya setiap 30 menit
3. Tidak mengaktifkan sama sekali. Contoh seperti gambar di bawah ini.

Mengatur keamanan metode pembayaran Play Store

Lalu pilih pada pilihan 1 untuk mengaktifkan kata sandi yang bisa Anda tentukan, yang nantinya digunakan untuk melakukan setiap pembelian aplikasi, games, film atau buku digital di Play Store.

Selesai saat ini Play Store Anda sudah memiliki keamanan kata sandi di setiap melakukan pembelian di Play Store.

Menghapus Metode Pembayaran Play Store


Seperti saya katakan di atas menghapus data aplikasi Play Store melalui aplikasi manager tidak akan bisa menghilangkan data kartu kredit yang terdaftar di metode pembayaran Google Play Store.

Karena metode pembayaran yang Anda gunakan tersebut terdaftar di akun Gmail Anda Namun jangan khawatir Anda tetap bisa menghapus data kartu kredit tersebut, dengan cara berikut :

  1. Buka browser pada smartphone Anda dengan Google Chrome atau lainya
  2. Lalu buka website > payments[dot]google[dot]com (ganti [dot] dengan tanda titik)
  3. Setelah itu login dengan akun Gmail Anda yang memiliki metode pembayaran di Play Store
  4. Buka menu di kanan atas bergambar 3 garis horizontal
  5. Pilih menu metode pembayaran

Cara Menghapus Metode Pembayaran Play Store

Maka akan muncul metode pembayaran yang sudah Anda daftarkan, pilih dan hapus metode pembayaran yang ingin Anda hapus. Selesai, sekarang metode pembayaran di Google Play Anda sudah tidak ada lagi.

Previous Post
Next Post

0 comments: