Rabu, 16 Maret 2016

Lupa kata sandi BBM di Android

Lupa kata sandi BBM di Android


Lupa kata sandi BBM di Android - Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chating satu ini ? BBM atau Blackberry Messenger adalah aplikasi chating yang memerlukan email dan password dalam penggunaanya. Namun bagaimana kalau suatu saat anda membeli ponsel baru dan harus login ulang untuk mengaktifkan BBM, namun anda lupa password atau kata sandi ?

Jangan khawatir jika hal itu terjadi, saya sendiri mengalaminya waktu itu. Sekarang saya akan mencoba untuk membantu anda agar password atau kata sandi pada akun bbm anda bisa kembali. Cara berikut saya menggunakan akun email saya sendiri. 

Berikut penampakan akun yang saya gunakan dengan email "kiosgadgeter@gmail.com" jangan di hack ya.. :p akun ini sudah login, namun saya logout kembali untuk uji coba lupa password.


Pada kasus lupa kata sandi BBM di Android ada beberapa hal yang diperlukan agar BBID anda bisa aktif kembali, berikut hal-hal yang diperlukan : 

Email BBID Lama anda :
Anda harus ingat alamat email yang anda gunakan pada BBID sebelumnya dan ini harus aktif atau bisa di buka. Karena dalam proses untuk mendapatkan password baru, pihak BlackBerry akan mengirimkan email berisi link yang menuju ke menu untuk memulihkan password anda. 

Langkah 1 : Buka Aplikasi BBM


Langkah pertama buka aplikasi bbm yang sudah terpasang pada aplikasi anda sehingga tampak menu untuk memasukan email dan password anda, seperti gambar di atas. Di atas sudah ada BlackBerry ID dengan username yang menggunakan email saya. Pada tampilan menu ini silahkan klik "Forgot Password?"

Langkah ke-2 : Dapatkan konfirmasi email


Gambar 1 adalah menu setelah anda klik "Forgot Password?" pada langkah pertama. Pada gambar 1 masukan BlackBerry ID Username dengan menggunakan alamat email yang anda gunakan pada bbm anda sebelumnya dan ketikan captcha teks lalu klik submit. 

Jika berhasil maka pihak BlackBerry akan mengirimkan konfirmasi ke alamat email yang anda gunakan pada bbm anda sebelumnya seperti terlihat pada gambar 2.

Langkah ke-3 : Buka email dan konfirmasikan

Setelah pihak BlackBerry mengirimkan konfirmasi ke alamat email anda, maka buka dan masuk ke akun email anda, dan cari email konfirmasi dari pihak BlackBerry pada inbox email anda. Sehingga tampilan email dari BlackBerry akan tampak seperti gambar di atas, lalu klik saja link untuk mengubah atau mereset password baru BBM anda. 

Langkah ke-4 : Masukan password atau kata sandi baru BBM


Setelah anda klik link yang sudah anda dapatkan melalui email anda, maka akan masuk ke menu untuk mengubah atau mereset password atau kata sandi BBM anda seperti gambar di atas. Pada menu ini silahkan masukan password baru yang anda inginkan. Selesai.

Langkah-langkah di atas, sudah saya coba menggunakan Android dan berhasil, namun bagi teman-teman yang ingin mencoba dari perangkat lain bisa di coba saya rasa sama.

Tips untuk menyimpan username dan kata sandi akun anda : 

Dalam hal menyimpan akun yang membutuhkan email, username dan password tentu bukan meliputi akun BBM saja. Banyak sekali akun social media seperti Facebook, Twitter, dll semua akun membutuhkan username, email dan kata sandi. Dengan banyak aktivitas yang anda jalani tentu tidak bisa mengingat semuanya hehehe.. Jadi saya ingin berbagi sedikit tips berikut semoga bisa membantu anda.

  • Buat daftar akun dengan menggunakan microsoft excel lalu bikin kolom-kolom Email, Username dan Password. Sehingga suatu saat kalau anda lupa cukup buka saja data excel ini untuk menghindari lupa akun. 
  • Namun jika anda tidak mau bikin dengan excel juga bisa dengan menggunakan notes yang tersedia di smartphone anda.
Previous Post
Next Post

0 comments: