Sabtu, 12 Maret 2016

Samsung Gear VR : Nikmati Dunia Virtual Dengan Pengalaman Baru



Beberapa minggu yang lalu, Samsung sudah meluncurkan handset terbaru dengan dua type Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Bersamaan dengan peluncuran handset terbaru tersebut, Samsung juga merilis Samsung Gear VR sebagai suatu alat masa depan dimana pengguna smartphone bisa lebih merasakan dunia virtual secara nyata. Samsung Gear VR adalah kerjasama antara Samsung dan Oculus yang di dukung oleh Facebook. Oculus sendiri sudah di akuisisi oleh Facebook pada maret 2014 dengan dana sebesar dua miliar dollar.  Mari kita lihat apa sih kelebihan, kekurangan dan kegunaan Samsung Gear VR ini : 

Samsung Gear VR ringan dan mudah untuk digunakan

Samsung Gear VR memiliki ukuran dimensi 92.6 x 201.9 x 116.4mm dengan berat 318g. Dengan berat 318g Gear VR sangat mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Samsung Gear VR memiliki cara penggunaan yang cukup mudah dalam mengoperasikannya. Pertama sebelum menggunakan Samsung Gear VR Anda harus membuat akun Oculus dan mendownload beberapa aplikasi. 

Setelah Anda selesai mendownload aplikasi dari Oculus dan melakukan beberapa pengaturan aplikasi Oculus pada ponsel Anda, maka sekarang Samsung Gear VR sudah siap Anda gunakan. Caranyapun cukup mudah, Anda tinggal memasang smartphone ke bagian depan Gear VR (pastikan port USB tersambung antara ke-dua perangkat), dan pastikan smartphone Anda aktif. Selanjutnya Samsung Galaxy VR siap untuk digunakan. 

Nikmati pengalaman menggunakan Samsung Gear VR

Untuk navigasi Samsung Gear VR tersedia touchpad di bagian sisi kanan, dan tersedia tombol untuk mengatur volume yang berada sedikit ke depan. Menonton film di netflix menggunakan Samsung Gear VR layaknya menonton sebuah film di teather. Tidak hanya menonton film dengan menggunakan Samsung Gear VR untuk bermain juga membuat Anda terasa masuk ke dalam permainan tersebut, salah satu permainan yang paling menarik di Samsung Gear VR adalah Gunjack, permainan dengan tampilan first person ini sangat seru dimainkan menggunakan Samsung Gear VR.

Bagi Anda yang mungkin kesulitan dengan menggunakan touchpad yang tersedia di Gear VR, Anda juga menambahkan perangkat joystick games untuk Android yang di jual terpisah. Hal lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan Gear VR, Anda bisa dengan mudah mengambil gambar , serta merekam video secara langsung. 

Kekurangan Samsung Gear VR 

Samsung Gear VR keluaran pertama dari Samsung ini apakah suatu aksesoris yang sempurna ? Innovasi terbaru dari Samsung Gear VR ini memang suatu teknologi baru yang mampu membawa kita menikmati dunia virtual menjadi lebih hidup. Namun produk keluaran pertama ini bisa di bilang masih memiliki beberapa kekurangan : 

Samsung Gear VR hanya dapat di gunakan untuk smartphone Samsung seri Galaxy tertentu (Note5, S6, S6 Edge, S6+, S7 dan S7 Edge). Namun mungkin ke depan pihak Samsung akan melakukan update sehingga bisa di gunakan untuk seri smartphone Samsung versi lain. 

Menikmati suatu permainan dan menonton sebuah film tentunya suatu hal menarik, apalagi jika menggunakan Gear VR Anda akan terasa masuk ke dalam permainan atau film tersebut. Namun sayangnya jika Anda menggunakan Samsung Gear VR dalam waktu yang relatif lama, kepala akan terasa sedikit pusing.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah daya tahan baterai. Setelah beberapa jam menggunakan Gear VR, baterai pada ponsel langsung turun sebanyak 20 persen. Setelah empat atau lima jam, daya baterai hampir mati. Selain itu hal lain yang perlu Anda perhatikan, berhati-hatilah saat menggunakan Gear VR dalam waktu yang cukup lama, karena terkadang baterai ponsel akan menjadi panas.
Previous Post
Next Post

0 comments: