Penyebab dan Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri

Jika sobat pengguna smartphone Samsung Android, dan sering mengalami hal seperti judul pada artikel ini, maka saya juga pernah mengalami hal serupa. Memang sangat menjengkelkan disaat sedang enak bermain atau sedang browsing cari informasi di HP tiba-tiba restart sendiri. 

Masalah Samsung Android restart sendiri, memang sudah sering dialami banyak pengguna Samsung Android, namun ada cara untuk mengatasinya. Pada artikel kali ini klikdroid.com mau membagikan penyebab dan mengatasi Samsung Android restart sendiri. Namun sebelumnya mari kita kenali beberapa penyebab sehingga ponsel restart sendiri.

Penyebab Samsung Android Restart Sendiri


1. Ponsel Terlalu Panas

Penyebab ponsel yang panas pada Android kebanyakan disebabkan karena ponsel menjalankan begitu banyak aplikasi sehingga menyebabkan CPU panas. Biasanya hal yang memicu terjadinya panas pada ponsel Samsung Android bisa disebabkan oleh banyak aplikasi yang bekerja dibelakang layar dan juga sinkronasi akun yang begitu banyak dari social media.

2. Auto update yang tidak kompatible

Android memiliki sistem otomatis dalam update untuk aplikasi, game dan firmware secara berkala. Jika ponsel Samsung sobat sudah terupdate untuk aplikasi Gmail, Google Play Store, Samsung Push Service, Samsung Account. Tetapi masih sering mengalami restart sendiri, maka ada baiknya sobat coba untuk menghapus update dari aplikasi tersebut, karena jika versi Android yang sobat gunakan tidak kompatibel dengan update pada aplikasi tersebut bisa jadi itu penyebabnya.

3. Banyaknya file sampah yang tidak dibersihkan

Setiap aplikasi yang terpasang pada ponsel Android selalu memiliki file sampah atau biasa disebut cache yang tertinggal pada ponsel, sehingga dapat menyebabkan kinerja pada memory RAM terbebani.

4.Terlalu banyak menginstall aplikasi

Terlalu banyak menginstall aplikasi yang tidak terpakai juga merupakan suatu penyebab Samsung Android restart sendiri. Karena dengan banyak aplikasi yang sobat install, perlu sobat ketahui aplikasi tersebut aman digunakan atau tidak, dalam artian kompatibel atau tidak dengan versi Android sobat serta ponsel sobat sudah diberi pelindung antivirus atau belum.

5. Terjadi kerusakan pada memory microSD

Penyimpanan yang tersedia di Samsung Android ada dua yaitu ruang penyimpanan ponsel atau internal memory dan ruang penyimpanan eksternal atau memory microSD. Apabila terjadi kerusakana pada memory microSD hal tersebut juga bisa menyebabkan ponsel Samsung Android sobat bermasalah.

Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri

1. Cek CPU 

Untuk mengatasi CPU yang panas pada ponsel sobat bisa Download aplikasi CPU Adjuster yang tersedia pada Google Play Store. Aplikasi ini berguna untuk mengatur suhu panas pada ponsel Samsung Android sobat, dan juga jangan lupa untuk selalu menutup setiap aplikasi yang dijalankan.

2. Hapus update

Untuk mengatasi penyebab pada auto update yang tidak kompatible pada Android, sobat perlu menghapus update, dengan cara berikut : 

  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Buka menu aplikasi manager
  • Pilih aplikasi berikut untuk hapus update (Google+, Gmail, Google Play Store, Samsung Account, Samsung Push Service)
  • Hapus update dari aplikasi tersebut

3. Membersikan file sampah atau cache

Cara membersihkan file sampah atau cache bisa sobat lakukan dengan cara 
  • Membuka pengaturan atau setting
  • Buka satu persatu aplikasi dan bersihkan file sampah atau cache
Namun jika sobat ingin benar-benar membersihkan secara keseluruhan dan ponsel Samsung Android sobat menjadi seperti baru sobat bisa melakukan format ke pengaturan pabrik dengan cara berikut.
  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Pilih backup dan reset
  • Pilih kembali kepengaturan pabrik
  • Proses ini akan menghapus semua data pada ponsel Samsung Android sobat

 4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

  • Cara untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai dengan cara berikut : 
  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Pilih aplikasi manager
  • Pilih "semua" atau "all" pada menu aplikasi manager
  • Pilih aplikasi yang sobat ingin hapus

Bila sobat tidak ingin repot untuk menghapus satu demi satu aplikasi, sobat bisa melakukan langkah format seperti pada langkah ke 3

5. Format memory microSD

Jika memory microSD sobat bermasalah dengan tanda-tanda seperti file pada memory microSD tidak terbaca. Sobat bisa melakukan format terlebih dahulu dengan cara berikut :
  • Pilih menu pengaturan atau setting
  • Pilih menu sistem dan pilih "Penyimpanan" atau "Storage"
  • Geser kebagian bawah dan pilih "Format kartu SD"
 Jika microSD sobat sudah diformat dan masih mengalami hal tidak terbaca, maka ada baiknya memory microSD sobat di ganti dengan yang baru. Karena kerusakan pada microSD bisa menyebabkan masalah pada Android.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat yang mengalami Samsung Android yang restart sendiri. Beberapa cara diatas sudah saya coba dan berhasil pada cara membersihkan cache, namun mungkin berbeda bagi sobat. Karena ponsel Samsung Android memiliki berbagai type yang berbeda, sehingga cara mengatasinya juga berbeda, tetapi sobat bisa mencoba beberapa cara diatas.

Silahkan dibagikan jika dirasa artikel ini membantu

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri"

Posting Komentar