10 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

10 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi - Daya tahan baterai pada setiap ponsel Android berbeda-beda. Beberapa ponsel seperti Note 4 dan Sony experia z3 bisa bertahan lebih lama, karena memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Namun ada beberapa ponsel yang memiliki kapasitas lebih sedikit.

Untungnya walaupun dengan kapasitas baterai yang lebih sedikit, sobat bisa melakukan beberapa pengaturan pada ponsel sobat agar lebih hemat sehingga tidak mudah habis. Berikut beberapa Tips yang bisa sobat lakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai sobat tanpa memerlukan cara-cara khusus. 

1. Menurunkan Kecerahan Layar

Beberapa ponsel Android memiliki pengaturan default untuk kecerahan layar. Sehingga secara otomatis disaat sobat berada di tempat terang maka layar ponsel otomatis akan mengatur lampu layar menjadi terang. Begitu juga di saat sobat berada di tempat gelap maka lampu pada layar menjadi gelap.

Sobat bisa mematikan fungsi otomatis kecerahan layar pada ponsel sobat dan mengubahnya menjadi low. Dengan demikian bisa menghemat sumber daya baterai agar tidak cepat habis.

2. Matikan 4G

Jaringan 4G memang sangat membantu dalam mengakses internet.
Tetapi dengan mengaktifkan jaringan 4G maka daya baterai akan cepat menurun. Karena saat sobat berada di tempat dengan sinyal 4G yang kecil, maka ponsel akan berusaha untuk mencari sinyal untuk menangkap jaringan 4G. Sehingga pada proses pencarian sinyal ini bisa menyebabkan daya baterai cepat habis.

Jadi lebih baik jika sobat berada di tempat dengan sinyal 4G yang lemah. Lebih baik mematikan jaringan 4G dan menggunakan jaringan 3G yang lebih memiliki sinyal yang kuat, sehingga sumber daya baterai tidak cepat terkuras. Jaringan 4G bisa sobat matikan pada menu setting dan pilih jaringan (networking)

3. Matikan Jaringan Yang Tidak Perlu

Ponsel Android memiliki jaringan untuk Bluetooth, Wifi dan Sinkron data. Setiap jaringan ini akan mengambil sumber daya baterai. Jadi jika sobat tidak memerlukan jaringan seperti wifi, bluetooth atau GPS saat bepergian ada baiknya dimatikan saja. Karena dengan langkah ini bisa menghemat baterai ponsel Android sobat.

4. Mematikan Auto Update Aplikasi

Auto update aplikasi memang hal yang sering di lakukan pada perangkat Android. Karena dengan update aplikasi akan mengurangi beberapa masalah bug yang  terjadi di aplikasi. Namun update aplikasi ini juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Tidak jadi masalah jika aplikasi yang di update hanya 1 atau 2, tapi bisa menjadi masalah jika aplikasi yang di update lebih dari 3.

Jadi solusinya, ada baiknya sobat melakukan pengaturan pada Google Play untuk melakukan update jika hanya terhubung pada koneksi wi-fi saja. Cara nya :

1. Buka aplikasi Google Play
2. Masuk menu setting pada Google Play di pojok kiri atas (Gbr garis horizontal 3 bari)
3. Buka settings >> "Auto-update apps" >> pilih update aplikasi via wifi

5. Atur Waktu Nyala Layar


Time Out Layar pada ponsel Android juga faktor penting yang perlu diperhatikan. Karena semakin lama layar pada ponsel menyala juga bisa menjadi penyebab sumber daya baterai cepat habis. Solusinya cukup mudah, sobat bisa mengatur screet timeout untuk menjadi lebih cepat mati. Caranya : 

1. Buka menu setting 
2. Pilih display dan wallpaper
3. Pilih screen timeout > lalu sobat bisa mengatur berapa lama layar hidup antara 15 detik sampai 10 menit

6. Matikan Fungsi Getar Pada Ponsel

Beberapa pengguna Android tidak menyadari, bahwa sebenarnya mngaktifkan fungsi getar pada perangkat Android untuk menerima panggilan atau menerima pemberitahuan juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Solusinya, matikan fitur getar pada perangkat Android sobat.


7. Matikan Fungsi Getar Pada Keyboard

Fungsi getar pada keyboard Android atau bisa menyebabkan sumber daya baterai cepat habis. Jadi jika sobat merasa tidak terlalu memerlukan fitur ini, ada baiknya dimatikan saja, dengan cara :

Buka setting > Languange dan input > Pilih keyboard > Hilangkan centang "Haptic Feedback"


8. Jangan Gunakan Wallpaper Animasi

Menggunakan Wallpaper Animasi atau gambar gerak sebagai wallpaper juga salah satu penyebab baterai cepat habis. Karena dengan menggunakan wallpaper gerak, maka akan membutuhkan 2x sumber daya baterai. sehingga menyebabkan baterai akan cepat habis. Jadi ada baiknya menggunakan wallpaper tidak bergerak atau foto sobat.


9. Nonaktifkan Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan biasanya selalu tersedia pada beberapa aplikasi, seperti BBM, Facebook, Twitter, dll. Namun jika ada aplikasi yang sobat rasa tidak memerlukan pemberitahuan ada baiknya di nonaktifkan saja. Sobat bisa lihat di sini Cara Mudah Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android.

10. Aktifkan Mode Power Save

Beberapa perangkat Android tersedia mode power save yang berfungsi untuk menonaktifkan fitur yang menghabiskan sumber daya baterai dengan satu sentuhan. Mode power save ini ada baiknya digunakan saat kondisi baterai sudah mencapai 30%, sehingga dengan mengaktifkan mode ini maka akan menghemat baterai sobat secara signifikan. 

Namun perlu di perhatikan dengan mode power save, sobat tidak bisa menerima pesan chating speerti BBM, update Facebook, kamera, dll. Sobat hanya bisa menggunakan perangkat Android sobat hanya untuk telpon dan menerima pesan SMS pada mode power save.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Samsung Android Restart Sendiri

Diatas adalah 10 cara menghemat baterai Android tanpa aplikasi, jika ada cara lain yang sobat ingin bagikan silahkan di share di komentar.

0 Response to "10 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi"

Posting Komentar