Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Terkena Air

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Terkena Air – Berbicara tentang teknologi saat ini merupakan teknologi dimana PC sudah kalah dengan smartphone. Smartphone merupakan ponsel pintar yang memiliki fungsi hampir sama seperti PC. Bukan hanya fiturnya saja, komponen yang ada juga sama.

Berbicara smartphone sendiri merupakan benda elektronik yang terbiasa terkena air karena sering dibawa. Mungkin untuk teknologi anti air pada smartphone sendiri sudah ada. Tetapi tidak banyak smartphone yang memiliki fitur ini. Hanya smartphone kelas atas yang memiliki fitur anti air ini. Jadi untuk kelas bawah atau menengah masih sedikit yang menggunakan fitur anti air.

Tentu jika smartphone tersebut masih belum dibekali dengan fitur anti air sangatlah berbahaya jika terkena oleh air. Bagi anda yang saat ini smartphone android anda terkena air, anda bisa melakukan langkah mengatasi smartphone android terkena air. Dan bagi anda yang ingin mengatasinya, berikut ini cara mudah mengatasi smartphone android terkena air.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Terkena Air



  • Mengambil Smartphone Dan Mematikan


Apabila smartphone android anda terkena air, sebaiknya anda cepat-cepat untuk mengambil smartphone tersebut. Kemudian apabila smartphone anda masih hidup, sebaiknya anda mematikan terlebih dahulu. Hal ini harus anda lakukan supaya smartphone tersebut tidak mengalami kendala konsleting. Jadi sebaiknya anda jangan menghidupkan smartphone anda jika belum kering.

  • Melepas Case Dan Baterai

Kemudian jika smartphone basah cepat-cepatlah untuk melepaskan case casing dan juga baterai jika baterai anda berjenis removable. Langkah ini perlu anda lakukan agar air yang ada pada kompenen smartphone tersebut bisa keluar.

Kemudian silahkan periksa baterai smartphone tersebut pada bagian pojok baterai. Jika lingkaran kotak tersebut berwarna putih, maka baterai smartphone normal. Tetapi jika warnanya merah atau pink sebaiknya anda mengganti baterai tersebut. Karena dipastikan baterai tersebut telah rusak dikarena terkena air.

  • Mengeluarkan SIM Card Dan Memory MicroSD

Bukan hanya mengamankan smartphone saja yang penting, mengamankan data dan juga informasi di SIM Card dan Memory MicroSD merupakan hal yang sangatlah penting untuk anda lakukan. Mungkin jika kita ketahui komponen tersebut bisa tahan terhadap air. Tetapi alangkah baiknya kita mengamankannya agar tidak terjadi hal yang diinginkan dengan cara melepas smartphone lalu mengeringkannya. Hal ini perlu dilakukan agar bagian konektor tidak mengalami korosi.

  • Mencopot Semua Aksesoris

Apabila di smartphone anda memiliki banyak aksesoris, sebaiknya anda melepaskan semua aksesoris tersebut. Kerena hal ini bisa membuat proses pengeringan menjadi lebih lama. Jadi apabila memiliki banyak aksesoris, sebaiknya anda lepas semua aksesoris tersebut yang ada di smartphone. Aksesoris yang bisa anda copot seperti headset dan juga headphone yang bisa anda lepas. Kemudian copot juga cover untuk mempercepat pengeringan smartphone menjadi lebih cepat dan maksimal.

  • Mengeringkan Dengan Penyedot Debu

Agar mempermudah dalam mengeringkan bagian smartphone yang terkena air, sebaiknya anda menggunakan alat bantu penyedot debu atau Vacuum Cleaner. Anda bisa mengarahkan penyedot debu ke bagian sudut smartphone yang ada dismartphone anda kurang lebih sekitar 30 menitan. Tetapi anda juga jangan terlalu mengarahkan dengan dekat, karena alat itu mengandung aliran listrik yang berbahaya bagi komponen perangkat.

Perlu anda perhatikan juga, dilarang mengunakan pengering rambut ataupun alat lainnya yang besifat bisa meniup angina. Karena menggunakan alat tersebut bisa membuat smartphone menjadi mengalami kerusakan yang lebih parah.

  • Mengeringkan Menggunakan Beras

Apabila smartphone anda basah habis terkena oleh air, anda bisa memasukan smartphone anda ke dalam beras. Beras merupakan bahan yang memiliki daya serap yang baik terhadap air. Cara melakukan perendaman anda bisa memasukan smartphone android anda ke semangkuk beras, lalu silahkan anda rendam selama satu malam.

Bukan hanya beras saja, anda juga bisa menggunakan Silica Gel yang berguan untuk menyerap kelebaban. Agar cara ini menjadi lebih efektif, anda bisa memutar posisi smartphone setelah beberapa jam sekali. Hal ini perlu anda lakukan karena bisa menghilangkan air yang tergenang di dalamnya.

  • Menyalakan Smartphone

Jika anda sudah melakukan cara diatas dan smartphone android anda sudah kering, anda bisa memasang kembali baterai, memori dan sim card anda. Selanjutnya silahkan anda hidupkan smartphone tersebut. Apabila smartphone anda tidak bisa menyala, silahkan anda mencoba hubungkan dengan adaptor charger, dan jika cara ini berhasil berarti komponen pada smartphone ada yang mengalami kerusakan. Dan jika sudah rusak, silahkan anda bawah smartphone tersebut ke tukang service center terdekat.

Diatas itulah cara mudah mengatasi smartphone android terkena air yang bisa anda lakukan. Semoga cara ini bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Terkena Air"

Posting Komentar