Sabtu, 24 September 2016

Inilah Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android

Inilah Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android – Smartphone android semakin lama semakin populer dan juga banyak digemari. Sistem operasi android ini memiliki banyak fitur yang menarik dan juga aplikasi yang bagus untuk anda gunakan dan bisa anda unduh secara gratis di market store android.

Hampir semua vendor smartphone menggunakan Os Android ini untuk ditanamkan di sistem operasi mereka. Salah satunya seperti Samsung, LG, Sony, Nokia dan masih banyak lagi vendor pendatang baru yang menggunakan sistem operasi android ini.

Aplikasi android ini telah memiliki komponen yang bernama RAM. Ram ini berguna untuk memproses data atau aplikasi yang telah berjalan. Jadi jika RAM ini sedikit dan membebani, maka kinerja smartphone android akan menurun. Tentu jika menurun maka performanya akan lelet dan lemot.

Dan jika hal ini sudah terjadi, kita perlu mengatasinya agar performanya menjadi cepat dan maksimal. Dan Bagi anda yang ingin meningkatkan kinerja smartphone android, berikut ini tips meningkatkan kinerja smartphone android yang bisa anda lakukan.

Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone Android

Inilah Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android

Mereset Smartphone Android

Melakukan reset ulang atau mengembalikan smartphone kedalam kondisi seperti baru merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi smartphone android yang lemot. Tetapi sebelum anda melakukan cara ini, sebaiknya anda memback-up data anda yang menurut anda penting. Karena menggunakan cara ini semua data, aplikasi yang ada di smartphone android anda akan terhapus.

Membersihkan Memori Internal

Memori internal penuh juga merupakan salah satu hal yang bisa membuat kinerja android menjadi tidak optimal. Apalagi jika memori internal hanya memiliki kapasitas yang tendah tentu hal ini akan membuat kinerjanya menjadi tidak powerfull.

Jika anda mengalami hal ini, solusinya anda bisa memindahkan data anda seperti mp3, gambar, video dan juga sebagainya ke memori MicroSD. Dan usahakan juga semua data anda tersimpan di memori tersebut, hal ini perlu anda lakukan agar memori internal kosong dan bisa meningkatkan kinerja smartphone android.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Pengguna smartphone android biasanya mereka sering menginstall berbagai macam aplikasi. Tentu jika aplikasi yang ada dismartphone semakin banyak maka kinerja android akan melambat. Dan untuk mengatasi hal ini, anda bisa menguninstall aplikasi yang tidak anda gunakan. Beberapa aplikasi bawaan ada yang tidak bisa dihapus atau diuninstall, jadi untuk mengatasi hal ini anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut untuk meningkatkan kinerjanya.

Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Beberapa aplikasi android ada yang berjalan dengan otomatis di smartphone android anda. Mereka akan berjalan di latar belakang atau background meskipun kita tidak menggunakannya. Tentu hal ini bisa menghambat kinerja android menjadi menurun. Dan untuk mengatasi hal ini, anda perlu menekan tombol multitasking kemudian setelah aplikasi keluar silahkan anda swipe atau geser untuk menghilangkannya.

Kemudian untuk mematikannya jika masih berjalan otomatis, anda bisa masuk ke “Pengaturan” kemudian “Aplikasi” selanjutnya geser ke “Aplikasi Berjalan” lalu silahkan anda pilih “menonaktifkan” jika anda ingin memberhentikannya.

Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Menggunakan live wallpaper mungkin bisa membuat layar smartphone android menjadi lebih indah. Tetapi hal ini bisa mengganggu kinerja dari smartphone android tersebut. Tentu jika anda ingin kinerjanya lancar, anda perlu menggunakan wallpaper yang biasa saja atau tidak menggunakan wallpaper yang bergerak yang bisa memakan banyak daya baterai.

Menghapus Cache

Cache merupakan sampah yang dihasilkan oleh aplikasi, tentu cache ini bisa membuat memori anda menjadi penuh. Dan jika sudah penuh, maka bisa menghambat kinerja dari smartphone tersebut. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu menghapus atau membersihkan cache tersebut.

Cara untuk menghapus cache diandroid, anda bisa masuk ke “Setting” kemudian “Aplikasi”, selanjutnya silahkan anda pilih aplikasi yang menurut anda memakan banyak cache. Setelah itu, silahkan anda klik “Hapus Cache” untuk membersihkannya. Untuk mempermudah anda dalam membersihkan cache, anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membersihkannya menjadi lebih mudah.

Mengupdate Firmware Terbaru

Apabila di smartphone anda ada perbaruan firmware, sebaiknya anda lakukan pembaruan tersebut. Dengan melakukan pembaruan bisa memperbaiki beberapa bug, lag dan juga maslah lainnya yang ada di smartphone android tersebut. Kemudian, jika anda menggunakan firmware terbaru bisa meningkatkan kinerja android menjadi lebih baik.

Menghapus Widget Yang Tidak Digunakan

Terkadang dari kita yang baru saja menggunakan smartphone android sering memasang banyak widget pada halaman depan. Tetapi perlu anda ketahui, bahwa hal tersebut bisa mengganggu kinerja dari smartphone android anda. Jadi jika anda ingin memasang widget, sebaiknya pasang widget yang menurut anda penting saja seperti jam dan juga tanggal ataupun cuaca.

Diatas itulah tips meningkatkan kinerja smartphone android yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.
Previous Post
Next Post

0 comments: