Jumat, 21 Oktober 2016

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android - Di zaman yang modern ini begitu banyak anak yang mengakses internet, baik untuk bermain, belajar atau nonton youtube. 

Kebanyakan aktifitas media online saat ini lebih banyak di akses oleh anak dengan menggunakan perangkat smartphone dan juga tablet pc. Mungkin karena smartphone menyediakan hampir semua kebutuhan anak, dari game, belajar membaca, belajar berhitung, bernyanyi dan menonton video. 

Tidak masalah jika anak menggunakan smartphone atau pc tablet, namun tentunya di bawah pengawasan orang tua. Anda tentu tahu bahwa media online itu suatu hal yang bebas, informasi apapun bisa di dapatkan dengan mudah. 

Anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar sehingga terkadang sengaja ataupun tidak sengaja anak dapat dengan mudah mengakses konten di bawah umur, dan tentu saja hal ini sangat berbahaya. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk mengarahkan anak akan konten atau media informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh di akses. 

Apakah anda yakin bisa mengawasi anak 24 jam penuh dalam mengakses smartphone ? jika anda merasa tidak bisa, mungkin beberapa aplikasi ini bisa membantu anda, sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengakses konten yang dilarang. 

Berikut ini 6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android


1. Kids Place

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

Kids Place adalah aplikasi parental control yang menyediakan tampilan antarmuka baru yang bisa anda rubah semau anda. Aplikasi ini menawarkan sistem keamanan dalam mengatur aplikasi apa saja yang dapat di akses oleh anak anda. Selain itu aplikasi ini secara otomatis memblokir playstore atau toko penyedia aplikasi lainnya, sehingga anak anda tidak bisa begitu saja mengunduh aplikasi. 

Saat anda menggunakan aplikasi ini maka diperlukan pengaturan kata sandi saat akan menggunakan dan menutup aplikasi ini. Tersedia juga browser yang aman di gunakan untuk anak anda, browser ini tersedia jadi satu dengan aplikasi Kids Place.

Fitur lengkap : 

  • Memblokir atau mengehentikan penggunaan Playstore atau toko penyedia aplikasi lainnya
  • Mengatur daftar aplikasi yang dapat di akses sesuai keinginan
  • Tersedia browser bawaan dengan filter konten yang aman di gunakan untuk anak-anak
  • Tersedia gratis di Playstore

2. Kakatu Parental Control

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

Salah satu aplikasi terbaik parental control buatan Indonesia, tepatnya oleh perusahaan startup di daerah Bandung. Aplikasi ini memberikan fungsi parental control seperti mengatur daftar aplikasi, waktu penggunaan dan banyak lagi. Berikut ini detail fitur yang tersedia pada aplikasi Kakatu Parental Control.

Fitur lengkap : 

  • Mengatur aplikasi apa saja yang dapat di akses sesuai dengan keinginan
  • Mengatur jangka waktu penggunaan perangkat smartphone 
  • Memblokir penerimaan panggilan masuk dari siapa saja dengan satu sentuhan
  • Aplikasi ini tersedia gratis di Playstore

3. Kid's Shell

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

Kid's Shell adalah aplikasi parental control yang sangat baik untuk Android. Aplikasi ini dirancang agar aman digunakan oleh anak-anak baik pada smartphone atau tablet pc. Dengan aplikasi ini anda dapat dengan mudah mengatur daftar aplikasi apa saja yang boleh di akses oleh buah hati anda. Maka dengan begitu anak anda tidak dapat menelpon atau menulis pesan teks dan membuka aplikasi lain tanpa persetujuan anda. 

Aplikasi ini menyediakan tampilan antarmuka baru dan anda dapat dengan mudah mengatur semua aplikasi yang dapat di akses oleh anak anda. Aplikasi ini menyediakan sistem keamanan dengan password saat akan menutup aplikasi.

Fitur lengkap : 

  • Mengunci tombol home begitu aplikasi ini di aktifkan
  • Sistem keamanan dengan menggunakan metode matematika saat akan keluar
  • Anda bisa mengatur hingga 48 aplikasi ke daftar antar muka Kid's Shell
  • Tersedia gratis di Playstore


4. Family Time Parental Control

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

Aplikasi Family Time Parental Control ini adalah aplikasi yang berguna untuk memantau anak-anak anda. Aplikasi ini menyediakan dua versi, yaitu versi orang tua dan juga versi untuk anak.

Dengan adanya versi yang terpisah antara orang tua dan anak maka dengan mudah anda dapat mengatur waktu penggunaan perangkat smartphone anak anda dari jarak jauh. Orang tua dapat dengan mudah mengakses dashboard yang ada pada anak baik dari ponsel atau dari laptop.

Saat mengakses dashboard anak, anda dapat dengan mudah melihat apa saja yang di akses oleh anak anda. Seperti, daftar panggilan, daftar aplikasi yang dinstall, history web browsing, dan banyak lagi.

Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dan memberikan pengaturan yang berbeda pada masing-masing anak anda, dengan menambahkan profil dan melakukan pengaturan. Selain itu anda juga bisa mengunci smartphone mereka dari jarak jauh, sehingga anak anda tidak dapat menggunakan smartphone mereka.

Fitur Lengkap : 

  • Mengatur daftar aplikasi apa saja yang boleh digunakan
  • Mengatur batas waktu penggunaan smartphone, seperti waktu makan malam atau tidur.
  • Memantau SMS baik menerima dan mengirim SMS pada perangkat anak anda
  • Melihat daftar kegiatan pada smartphone anak anda
  • Anak dapat memberikan alarm saat minta di jemput sekolah

5. Kids Zone Parental Control

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android
Kids Zone masuk dalam daftar aplikasi yang berguna untuk memberi keamanan pada anak dalam mengakses smartphone atau tablet PC. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur untuk mengamankan smartphone dengan sistem penggunaan profile yang berguna untuk memberikan daftar aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh anak anda. Selain itu anda bisa menambahkan wallpaper untuk anak anda.

Keamanan pada aplikasi ini dengan menggunakan kata sandi saat keluar dari aplikasi. Ada juga fitur untuk mengatur waktu penggunaan pada perangkat anak anda, sehingga anda bisa menentukan kapan anak harus berhenti menggunakan smartphone.

Aplikasi ini menyediakan versi Pro dengan fitur tambahan untuk mengatur profile pada tiap anak anda. Fitur tambahan lain pada versi Pro yaitu quick unlock yang berfungsi untuk melakukan panggilan dengan cepat, sehingga saat dalam mode parental control anda dapat dengan mudah melakukan panggilan.

Fitur lengkap : 

  • Membuat PIN custom saat akan membuka perangkat anda
  • Pengaturan aplikasi yang dapat anda sesuaikan
  • Tampilan yang menarik dalam zona parental control
  • Tersedia versi gratis dan berbayar yang bisa anda unduh di playstore 


6. Screen Time Parental Control

6 Aplikasi Parental Control Terbaik Untuk Android

Dari namanya mungkin anda sudah tahu bahwa aplikasi ini menyediakan fitur batas waktu penggunaan pada anak anda saat mengakses smartphone atau tablet. Anda dapat dengan mudah melihat daftar aplikasi dan game yang di akses oleh anak anda selama menggunakan smartphone. Anda juga dapat mengatur daftar aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh anak anda.

Lebih menariknya lagi aplikasi ini menyediakan fitur pengaturan waktu tidak hanya untuk penggunaan smartphone, namun anda dapat mengatur batas waktu penggunaan aplikasi dan game. Contoh, anda dapat memberikan waktu penggunaan pada game saat waktu bermain, namun jika waktu belajar maka aplikasi game tidak dapat di akses.

Aplikasi Screen Time sangat berguna untuk mengatur jadwal belajar anak dan juga mengatur batas bermain anak. Sehingga nantinya anda tidak perlu repot mengatur kapan anak anda boleh menggunakan smartphone untuk bermain.

Fitur lengkap : 

  • Mengatur batas waktu penggunaan aplikasi
  • Mengatur batas waktu penggunaan smartphone
  • Mengatur aplikasi yang boleh digunakan
  • Tersedia gratis di Playstore

Baca juga :

10 Aplikasi Game Edukasi Android Untuk Anak

7 Permainan Android Untuk Anak 5 Tahun

Itulah daftar dari 6 aplikasi parental control terbaik untuk android yang bisa anda gunakan untuk memberikan keamanan pada anak anda saat mengakses smartphone. Dengan menggunakan aplikasi di atas maka anda dapat dengan mudah kapan anak boleh bermain dengan smartphone atau tablet dan harus berhenti saat belajar atau makan bersama. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: