Senin, 31 Oktober 2016

Cara Mengatasi Aplikasi Gmail Yang Telah Terhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Gmail Yang Telah Terhenti – Gmail merupakan sebuah layanan email yang berguna untuk mengirim pesan ke semua orang yang telah memiliki email. Gmail ini juga salah satu produk besutan dari perusahaan teknologi Google Inc. Gmail ini sendiri telah memiliki banyak pengguna dibandingkan dengan Yahoo yang saat ini mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Dengan banyaknya fitur ini yang membuat Gmail ini menjadi salah satu layanan yang sangat populer.

Hanya dengan menggunakan satu akun Gmail saja anda bisa menggunakan semua layanan dari Google seperti Google+, Blogger, Maps, Google Play Store, Google Maps, Google Drive, Google Analisis, Hangout, Google Keyword dan juga lainnya. Dengan banyak fitur tersebut Gmail ini juga sangatlah gratis, jadi anda tidak akan dikenakan biaya untuk apapun.

Hal yang sering terjadi pada pengguna aplikasi Gmail terkadang juga mereka mengalami masalah atau error bahkan juga tidak bisa dibuka dan terkadang bermunculan pesan “Sayangnya Gmail Telah Berhenti” tentu hal ini sangatlah perlu untuk kita atasi. Dan bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah pada aplikasi gmail anda, berikut ini cara mengatasi aplikasi gmail yang telah berhenti.

Cara Mengatasi Gmail Android Force Close Atau Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Gmail Yang Telah Terhenti

Menghapus Cache Android

Cache merupakan sebuah file sampah android yang telah dihasilkan oleh aplikasi dan hal ini tentu akan membuat smartphone menjadi berat atau lemot apabila file tersebut menumpuk di smartphone anda. Jadi jika ingin cache anda tidak menumpuk, sebaiknya anda sering-seringlah untuk menghapus cache anda minimal lakukan 3 hari sekali. Untuk menghapusnya anda bisa menggunakan aplikasi cleaner yang bisa menghapus cache dengan mudah seperti Clean Master, CCleaner dan aplikasi lainnya.

Selain menggunakan aplikasi, anda juga bisa menghapus cache di android anda secara manual dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi kemudian klik “Hapus Cache”.

Paksa Dan Menghapus Data Gmail

Kemudian cara kedua anda bisa menghentikan aplikasi secara paksa dan juga menghapus data aplikasi Gmail. Dengan menghapus data aplikasi maka aplikasi Gmail ini akan berada di posisi default. Kemudian semua data yang bersifat sementara yang ada pada aplikasi tersebut akan terhapus secara permanen seperti basis data, login, setelan, cache, history dan juga lainnya.

Untuk menghapus data anda bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Tap Semua > Mencari aplikasi Gmail, kemudian silahkan tap Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”. Kemudian setelah itu silahkan anda masuk kembali pada akun Gmail anda.

Mengupdate Aplikasi Gmail Ke Terbaru

Kemudian anda juga bisa mengupdate aplikasi Gmail tersebut ke aplikasi yang versi terbaru, karena dengan versi terbaru ada perbaikan untuk bug aplikasi tersebut. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi aplikasi yang error, corrupt ataupun rusak. Dengan melakukan update ini anda bisa langsung masuk kedalam Google Play Store kemudian pilih aplikasi Gmail kemudian pilih update.

Menginstall Ulang Aplikasi

Kemudian jika cara diatas tidaklah berhasil anda bisa mencoba kembali dengan cara menginstall aplikasi Gmail. Tetapi sebelum anda menginstall ulang aplkasi tersebut, sebaiknya anda menghapus dulu aplikasi yang masih menancap. Kemudian setelah anda berhasil menghapus aplikasi tersebut, silahkan anda bersihkan terlebih dahulu cache dan restart smartphone android tersebut. Cara menghapus aplikasi gmail anda bisa dengan cara menekan dan menahan lalu pilih copot aplikasi.
Untuk menghapus aplikasi melalui pengaturan anda bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Tap Semua > lalu pilih aplikasi gmail dan pilih “Copot Pemasangan

Mematikan Smartphone, Mencabut SIM Card Dan SD Card

Mematikan smartphone juga merupakan salah satu cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi gmail ini. Anda bisa mematikan smartphone anda kemudian cabut baterai, SIM Card dan juga SD Card. Lalu silahkan diamkan smartphone tersebut beberapa menit, Kemudian silahkan anda pasang kembali dan nyalakan lagi smartphone android anda.

Dengan melakukan cara diatas mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi Gmail yang error. Silahkan anda pilih satu metode yang terbaik sesuai dengan keinginan anda. Kemudian untuk mendapatkan hasil yang baik anda bisa jua dengan cara menginstall aplikasi pembersih salah satunya seperti Clean Master, DU Speed Booster, Go Speed dan juga aplikasi lainnya.

Diatas itulah cara mengatasi aplikasi gmail “Sayangnya Gmail Telah Berhenti” di smartphone android yang bisa anda lakukan. Semoga bisa membantu anda dan juga bermanfaat bagi anda semua serta menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.
Previous Post
Next Post

0 comments: