Sabtu, 15 Oktober 2016

Kelebihan dan Kekurangan Google Allo dan Whatsapp

Kelebihan dan Kekurangan Google Allo dan Whatsapp - Aplikasi chat Google Allo memang tidak lama baru di buat oleh Google, dan Google juga menyadari akan hal itu. Apalagi saat ini banyak sekali berbagai macam aplikasi chating yang tersedia di Android. 

Namun jika di lihat dari fitur yang di tawarkan oleh Google Allo dengan banyak kelebihan seperti Google Assistant, mungkin bisa jadi Google Allo bisa menjadi pesaing yang cukup berat untuk Whatsapp. Jika anda sudah mencoba untuk menggunakan Google Allo mungkin anda harus mengetahui akan kelebihan dan kekurangan antara Google Allo dan Whatsapp, berikut ini ulasannya :

Berikut ini daftar dari fitur yang di berikan oleh Google Allo :

Kelebihan dan Kekurangan Google Allo dan Whatsapp

Sticker

Fitur dasar dari aplikasi chating agar lebih menarik tentunya sticker, fitur ini sebenarnya sudah banyak di inginkan oleh para pengguna whatsapp. Tetapi di Allo fitur sticker ini di berikan secara gratis dan tidak hanya itu, jika anda ingin menambahkan koleksi sticker, anda bisa download dan menambahkan daftar sticker secara gratis di Google Allo.

Mengubah ukuran font

Allo tidak menyediakan fitur untuk mengubah format teks, yang sebenarnya termasuk dari fitur yang berguna dalam aplikasi chat. Namun di Google Allo anda bisa mengubah ukuran font dengan mudah. Caranya juga mudah, anda cukup menekan dan tahan tombol send lalu menggeser ke atas untuk memperbesar ukuran font pada Google allo.

 Incognito Chat

Google Allo juga menyertakan fitur ingonito chat yang berfungsi untuk menghapus pesan secara otomatis. Namun pada whatsapp mungkin fitur ini masih belum tersedia sehingga bisa menjadi fitur unggulan untuk Google Allo.

Google Assistant

Google Assistant bisa membuat Google Allo menjadi aplikasi chating yang lebih unggul dari whatsapp. Fitur Google Assistant menjadikan sebuah rasa yang berbeda dari aplikasi chatting Google Allio, dengan fitur ini anda akan merasakan bisa memiliki assistant digital. 

Perintah suara yang berfungsi di Google Assistant juga dapat berjalan dengan baik untuk melakukan pencarian. Aplikasi ini juga berjalan di dalam aplikasi Google Allo, sehingga saat anda chating dengan teman untuk melakukan pencarian lokasi, anda bisa melakukanya tanpa harus menutup aplikasi chating.

Berikut ini daftar dari fitur yang di berikan oleh Whatsapp :

Kelebihan dan Kekurangan Google Allo dan Whatsapp


Panggilan Telpon

Jika anda suka menggunakan panggilan telpon yang tersedia di Whatsapp, fitur ini tidak akan anda temukan di Google Allo. 

Fitur panggilan telpon mungkin bisa menjadi suatu nilai tambah yang dimiliki oleh Whatsapp, karena fitur panggilan telpon ini juga bisa di gunakan dengan jaringan Wifi atau mobile data, dan bisa bekerja dengan baik. Selain itu fitur ini juga berguna untuk menghemat pulsa. Sementara Google memang menyediakan fitur video call, yang bisa anda temuka di Google Duo tetapi sayangnya dengan aplikasi yang terpisah.

Fitur Online, status dan kontrol privasi

Di Whatsapp anda dapat dengan mudah memantau akun yang aktif atau tidak dari status, namun Google Allo sayangnya tidak menyediakan fitur ini. Namun untuk memantau apakah pesan sudah terbaca atau belum di Google Allo fitur ini tersedia, sama seperti Whatsapp dengan tanda centang. Dalam hal privasi Whatsapp bisa di bilang lebih unggul dengan fitur menyembunyikan gambar profile dan status.

Mengirim file dengan jenis apapun

Whatsapp menyediakan fitur berbagi lebih baik, karena di Whatsapp anda bisa mengirim file seperti PDF, dokumen, dan data presentasi yang sangat berguna untuk kebutuhan pekerjaan anda. Berbeda dengan Google Allo yang hanya menyediakan fitur berbagi file media dan juga share lokasi saja.
Backup chating

Whatsapp menyediakan fitur backup support yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan transkrip data chating anda yang bisa di simpan pada layanan cloud hosting seperti Google Drive. Sehingga jika di rasa ada percakapan yang penting dan anda sudah melakukan backup, maka dengan mudah anda bisa mengembalikan percakapan tersebut. Sayangnya Google Allo tidak menyediakan fitur ini, padahal fitur ini bisa di bilang merupakan fitur yang penting dalam hal aplikasi chating untuk sebagian orang.

Whatsapp bisa di gunakan di PC

Aplikasi chating yang bisa di akses di perangkat apapun itu sungguh hal yang menarik, dan Whatsapp sudah menyediakan fitur ini dengan menggunakan browser web di aplikasi desktop, namun mengakses Whatsapp di desktop bisa berjalan dengan sangat baik.

Menu yang User Friendly

Dalam hal tampilan menu Google Allo dan Whatsapp hampir terlihat mirip. Google menyadari bahwa banyak pengguna Whatsapp suka dengan tampilan menu yang mudah digunakan dan juga sederhana. Jika anda sudah mencoba menggunakan Google Allo, coba anda perhatikan bahwa tampilan yang ada di Google Allo hampir terlihat sama, yaitu sederhana dan mudah digunakan. Namun di Google Allo sedikit desain yang di rubah, sehingga tampilan menjadi terlihat lebih menawan dengan tampilan tombol yang dan warna yang lebih cerah dan terlihat bersih.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Google Allo dan Whatsapp

Google Allo merupakan aplikasi yang baru di dalam persaingan aplikasi chating, namun beberapa fitur untuk para pengguna sudah terbilang cukup menarik dan bisa menjadi pesaing yang cukup berat bagi Whatsapp. Tetapi bagaimanapun aplikasi chating yang memiliki beragam fitur, tetap semua tergantung dari pilihan anda sebagai pengguna android, silahkan anda tentukan lebih memilih menggunakan Whatsapp atau Google Allo dengan fitur keren Google Assistant.
Previous Post
Next Post

0 comments: