Sabtu, 19 November 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G di Android - Koneksi internet 3G masih banyak digunakan para perangkat android. Sebenarnya koneksi internet 3G di android masih bisa di optimalkan sehingga dapat digunakan untuk menjadi lebih cepat dalam hal browsing.

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara mempercepat koneksi internet 3G di android pada perangkat android anda. Dengan demikian ponsel lama anda tetap bisa digunakan untuk browsing dengan kecepatan yang tidak kalah cepatnya dengan koneksi internet 3G. Namun cara berikut selain menggunakan aplikasi juga ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mmendapatkan koneksi internet 3G dengan lebih baik dan cepat.

Berikut Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G Android Anda

Cara Mempercepat Koneksi Internet 3G Android Anda

Menggunakan Aplikasi Opera Max

Opera max adalah aplikasi browser yang satu ini sangat membantu anda untuk mengoptimalkan kecepatan browsing para koneksi internet 3G. Bahkan baru-baru ini opera lebih meningkatkan lagi kecepatan pada aplikasi ini hingga mencapai 23% lebih cepat saat digunakan untuk browsing.

Dengan Opera Max anda juga bisa menikmati berbagai macam konten streaming di internet dengan lebih cepat walau menggunakan jaringan koneksi internet 3G. Mencoba menggunakan aplikasi Opera Max untuk berselancar bisa menjadi pilihan untuk anda, selain itu aplikasi ini tersedia gratis di Google Playstore.

Facebook Lite

Facebook Lite ini sebenarnya di rancang untuk para pengguna yang tidak bisa mengakses jaringan sosial yang paling populer di dunia ini. Kelebihan dari aplikasi Facebook Lite ini selain mempercepat akses Facebook, aplikasi ini juga tidak terlalu menguras daya baterai saat digunakan. Untuk pengguna smartphone dengan koneksi internet jaringan 3G sangat berguna sekali, karena aplikasi ini menyerap sedikit bandwidth saat digunakan. Tampilan saat mengakses Facebook Lite juga tidak berbeda jauh dengan aplikasi Facebook untuk android.

Menonaktifkan Penggunaan Gambar di Browser Anda

Jika anda ingin berselancar di internet dengan lebih cepat, maka anda dapat mencoba untuk menggunakan browser yang memiliki fitur mematikan gambar. Sehingga tampilan secara penuh hanya berisi teks saja. Namun tidak semua browser mendukung fitur untuk menonaktifkan gambar, tetapi biasanya ada pengaturan khusus untuk menonaktifkan gambar saat anda berselancar di internet.
Berselancar di internet dengan menonaktifkan gambar, selain berguna untuk mempercepat browsing, juga berguna untuk mengurangi penggunaan bandwidth. Karena dengan konten sebuah situs yang penuh dengan gambar, apalagi jika gambar memiliki ukuran yang besar. Maka bandwidth yang dibutuhkan juga besar dan juga kecepatan browsing akan menurun.

Menggunakan Web Browser dengan fitur yang baik

Google Playstore menyediakan banyak pilihan browser yang bisa anda gunakan. Seperti Google Chrome dengan banyak fitur seperti mensinkronkan akun gmail anda pada beberapa perangkat, dan juga adanya fitur untuk merampingkan memori. Namun jika anda membutuhkan browser dengan kecepatan yang maksimal, maka anda bisa menggunakan juga browser yang di rancang untuk pengguna ponsel. Seperti, Opera Mobile yang memang di rancang khusus untuk pengguna ponsel. Dengan menggunakan browser yang di rancang untuk ponsel, tentu akan meningkatkan pengalaman berselancar di internet lebih optimal walaupun dengan koneksi jaringan 3G sekalipun.


Membersihkan Cache

Jika langkah di atas masih anda rasa kurang optimal dalam mengakses internet pada jaringan 3G. Masalah umum yang bisa menjadi penyebab koneksi jaringan internet 3G anda lambat bisa di sebabkan banyak cache yang tersimpan pada perangkat android anda. Cache yang tidak dibersihkan selain bisa menurunkan performa perangkat anda, juga bisa berdampak pada koneksi jaringan internet pada perangkat anda.

Cache adalah file sampah yang biasanya tertinggal saat anda menjalankan atau menginstall aplikasi. Ada baiknya file cache anda bersihkan tiap 2 minggu sekali, agar kinerja ponsel dan juga jaringan internet tetap bekerja dengan baik. Cara untuk membersihkan cache pada perangkat juga terbilang mudah. Anda cukup masuk pada menu “Pengaturan” dan masuk ke menu “Aplikasi” kemudian pilih aplikasi ingin anda bersihkan. Namun jika dirasa cara ini kurang efisien, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti Cache Cleaner yang bisa membersihkan cache pada perangkat android hanya dalam beberapa langkah saja.

Menghapus Aplikasi

Dengan banyaknya aplikasi di Android yang berjalan dapat menyebabkan kinerja pada perangkat android menurun dan juga dapat memperlambat koneksi jaringan internet. Menghapus aplikasi yang mungkin tidak terlalu sering digunakan adalah hal yang perlu dilakukan.

Mengubah Mode Jaringan

Jika anda sudah mengurangi penggunaan ponsel pada perangkat anda dan masih belum merasa peningkatan kecepatan pada jaringan internet anda. Maka anda bisa mencoba untuk mengubah jaringan pada perangkat anda. Secara umum mode jaringan yang digunakan pada perangkat android biasanya di setting secara otomatis untuk mendeteksi penggunaan jaringan jika ada perubahan. Namun jika anda ingin memperkuat jaringan koneksi internet 3G maka anda dapat mengubah pengaturan jaringan hanya untuk 3G saja. Dengan demikian maka secara khusus sinyal ponsel akan otomatis mencari jaringan 3G saja walaupun ada koneksi jaringan lainnya.


Kesimpulan

Itulah cara mempercepat koneksi jaringan internet 3G di android yang bisa admin bagikan untuk anda. Jika dirasa anda memiliki cara lain untuk mempercepat koneksi internet 3G maka silahkan anda share di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: