Rabu, 05 Oktober 2016

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Di Android - Setiap pengguna smarthpone android memanfaatkan aplikasi android untuk bermacam-macam keperluan. Mulai dari menyimpan foto, video, lagu, akun email, akun game, berkas pekerjaan, dan masih banyak lagi kegunaan aplikasi di android.

Tentunya anda akan menjaga data-data aplikasi agar tidak hilang atau dicuri mengingat data yang anda simpan di beberapa aplikasi sangat berharga untuk anda. Untuk para pemuda yang menggunakan smartphone androidpun sudah mulai muncul tradisi yang disebut “bajak” atau oranglain mengacak-acak bahkan membuat status yang aneh di jejaring sosial anda hanya demi kesenangan tersendiri sekedar untuk hiburan. Untuk yang membajak mungkin ada rasa kesenangan tersendiri karena membuat status-stasuh yang aneh dan lucu, tapi untuk anda sendiri yang menjadi korban pasti akan merasa sangat marah dan kesal karena bisa memperburuk citra nama anda di media sosial. apalagi jika data-data yang anda simpan bias bernilai puluhan bahkan ratusan juta pasytinya harus membuat ekstra pengamanan karena dengan hanya mengunci aplikasi tidaklah cukup untuk keamanan resiko dicuri orang yang sedang memegang smartphone kita.

Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir atas kejadian diatas yang mungkin akan terjadi pada anda karena beberapa keluaran smartphone android telah merilis fitur untuk dapat menyembunyikan aplikasi pada menu bawaan pabrik. Bagi anda yang tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, anda bisa langsung mendownload secara mudah dan gratis di layanan playstore ada juga yang berbayar untuk anda yang menginginkan fitur ekstra.

Aplikasi yang saya sarankan juga merupakan aplikasi resmi dan aman untuk android jadi anda tidak perlu untuk melakukan root pada android anda cukup dengan download dan instal bisa langsung bekerja dengan baik.

Berikut ini akan saya jelaskan cara menyembunyikan aplikasi dari bawaan handphone dan aplikasi pihak ketiga bagi anda pemilik ponsel yang tidak memiliki fitur tersebut:

Untuk android yang telah ada fitur menyembunyikan aplikasi begini caranya:
  1. Buka apps drawer
Apps drawer adalah sebuah tempat atau halaman untuk menyimpan semua aplikasi yang terinstal pada smartphone android anda. letak apps drawer pada android biasanya ada di bagian tengah bawah pada menu layar utama dengan gambar icon beberapa kotak kecil, dan ada juga yang menaruh di bagian kanan bawah atau kiri bawah tergantung dari tipe ponsel android anda dan juga tergantung dari system operasi berapa yang anda gunakan. Karena jarang digunakan, orang-orang awam pengguna android biasa menyebutnya dengan icon ”menu” padahal bukan hanya sekedar untuk membuka menu icon ini juga dapat mengatur tata letak aplikasi dan bahkan bisa menyembunyikan aplikasi intinya icon ini bisa untuk mengolah tempat semua aplikasi yang sudah terinstal pada android anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android Tanpa Aplikasi


  • Setelah anda mengklik icon tersebut akan muncul semua aplikasi android anda dan diatas aplikasi ada dua bagian yang bertuliskan “app” dan “widget” . pastikan anda berada pada posisi “app” dan bukan “widget”

  • Setelah anda memastikan masuk di “app” selanjutnya anda menekan tombol “option menu” pada bagian bawah handphone android anda
  • Lalu muncul beberapa pilihan kemudian klik tulisan “hide application” atau “sembunyikan aplikasi” tergantung settingan bahasa anda.
  • Berikan centang pada kolom aplikasi yang ingin anda sembunyikan setelah itu kembali ke menu utama


Dan sekarang selamat !! aplikasi anda telah berhasil disembunyikan.
Dan untuk android anda yang tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, anda bisa langsung mendownload “hola launcher” di playstore yang bisa anda dapatkan gratis. begini cara download, install dan penggunaannya:
  1. Search di playstore “hola launcher” download dan kemudian install
  2. Buka aplikasi hola launcher dan sentuh tulisan “go”
  3. Pada bagian complete action user pilih “hola launcher” dan pilih “always” maka anda akan dibawa ke menu layar utama
  4. Sentuh “option menu” dan kemudian pilih “hola setting”
  5. Pilih “advance setting” lalu pilih “hide app”
  6. Ketuk lingkaran “add” lalu pilih aplikasi yang akan anda sembunyikan
Selesai….

Langkah-langkah diatas tidak terlalu rumit bagi anda yang pemula

Akan lebih baik lagi jika anda memasang password kunci tombol agar lebih aman karena app ini juga bisa dengan mudah dihapus dengan cara masuk ke pengelola aplikasi dan menguninstal hola launcher di menu app manager jika seseorang telah mengetahui cara menghapus aplikasi ini dan jangan lupa untuk membuat sinkronisasi guna mencegah terjadinya lupa password jadi ketika anda lupa password anda bisa langsung verifikasi di email yang anda sinkronkan. Biasanya untuk handphone android menggunakan email akun google. Aplikasi yang anda sembunyikanpun alangkah baiknya dibackup di google drive untuk mencegah aplikasi terhapus data secara tidak sengaja ketika anda scan aplikasi di android

Cukup sekian cara mudah menyembunyikan aplikasi di android semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Selamat mencoba Menyembunyikan Aplikasi Di Android...
Previous Post
Next Post

0 comments: