Android M : 10 Fitur Terbaru Android M

Google telah mengumumkan akan segera merilis versi terbaru operasi Android terbaru yang di beri nama Android M. Namun mereka tidak mengumumkan nama dari Android versi terbaru tersebut. Dalam konferensi tersebut, salah satu Senior dari Google mengatakan bahwa sistem operasi Android M akan lebih berkonsentrasi pada peningkatan stabilitas dan kegunaan dari platform. Akan ada lebih banyak penekanan pada kualitas platform daripada tampilan. 

Meskipun mungkin tidak terlalu merombak secara besar-besaran, namun Android versi terbaru memiliki beberapa fitur yang menarik. Berikut adalah beberapa fitur baru yang keren yang dapat Anda harapkan dari Android M.

Crhome Custom Tab



Android M memberikan pengalaman berselancar di internet melalu webrowser Chrome Custom Tab. Fitur baru ini akan memberikan perubahan saat Anda berpindah tab atau jendela browser yang ada di Chrome Browser, serta ada peningkatan fitur pada Chrome Browser seperti ( Sign-in secara otomatis, menyimpan password, auto fill saat pengisian form userid dan password)

Android Pay


Android M juga akan menyediakan fitur Android Pay, yaitu sistem pembayaran mobile terbaru dari Google ini di rancang untuk memudahkan Anda dalam berbelanja. Sistem pembayaran dengan menggunakan smartphone ini mungkin akan segera di lakukan di Indonesia karena sistem ini sangat membantu memudahkan pembayaran dalam membeli barang bahkan Anda tidak perlu membawa dompet cukup dengan membawa smartphone Anda. 

Sistem pembayaran ini bekerja dengan menggunakan NFC, cara menggunakannya juga sangat mudah Anda cukup hanya dengan mengaktifkan fitur NFC di ponsel Anda dan meletakannya di alat pembayaran via NFC.

Fingerprint Support

Tentunya Anda mungkin sudah tahu tentang sistem fingerprint atau sidik jari. Pada Android M fitur ini akan menjadi fitur standard. Serta pada Android M fitur scan sidik jari tidak hanya berfungsi untuk membuka layar ponsel, tetapi juga untuk melakukan pembelian dengan menggunakan Android Pay. 

Google Now on Tap

Android M akan lebih mengembangkan fitur dair Google Now sehingga Anda bisa lebih dengan mudah mencari informasi apapun. Sekarang, Anda akan bisa mendapatkan informasi secara kontekstual tentang apa pun yang ada pada ponsel Anda. Jadi jka mungkin Anda sedang menonton video di Youtube, cukup dengan tahan tombol home untuk mengetahui informasi lebih mendetail tentang seseorang di dalam video. 

Fitur lainnya yang di tambahkan di Google Now kemampuan dalam fitur "OK Google" lebih di tingkatkan.

Doze Mode

Android M akan menampilkan fungsi baru yang dikenal sebagai Doze untuk meningkatkan perangkat waktu siaga. Fitur ini menggunakan sensor gerak pada perangkat untuk mendeteksi bila perangkat tidak di gunakan untuk beberapa waktu dan secara otomatis akan menutup beberapa proses sehingga aplikasi yang menggunakan banyak daya tidak menguras baterai ponsel Anda. 

Menurut Google fitur ini sangat membantu meningkatkan waktu standby pada ponsel hampir dua kali lipat, dan sudah di uji pada smartphone Nexus 9.

Izin aplikasi

Saat ini, Anda harus menerima semua izin ketika Anda menginstall sebuah aplikasi, tetapi pada Android M. Anda dapat menentukan hak akses yang ingin Anda izinkan atau dicabut, berdasarkan fungsi dari aplikasi yang ingin menggunakan.

Sebagai contoh, Anda dapat memberikan izin pada aplikasi Whatsapp untuk mengakses kamera, tapi tidak untuk telepon jika Anda inginkan. Anda bahkan dapat mengubah hak akses yang diberikan kepada aplikasi yang sudah di setting di kemudian hari dalam pengaturan dan melihat daftar aplikasi yang memiliki izin.

Link aplikasi


Android M juga membuat lebih mudah untuk menhubungkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain tanpa harus membuka sebuah halaman web sebagai perantara. App link baru dari Android M menggunakan metode verifikasi khusus untuk memastikan link aplikasi yang di gunakan secara spesifik. Sebagai contoh, mengklik link Twitter dalam email akan mengarahkan Anda langsung ke aplikasi Twitter, bukan ke halaman web Twitter.

Direct Share


Android M memeiliki fitur baru yang disebut "Direct Share" yang memungkinkan Anda berbagi konten ke kontak yang paling sering Anda hubungi atau aplikasi yang sering Anda gunakan dengan satu klik. 

Android akan mempelajari aplikasi mana saja yang sering Anda gunakan untuk berbagi konten dan akan menempatkannya di daftar paling depan. Jadi jika Anda berbagi sering berbagi foto dengan menggunakan aplikasi Facebook, maka secara otomatis aplikasi Facebook akan berada paling depan saat Anda menggunakan fitur Share. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari.

Simplified Volume


Android M, Google telah membuat tampilan dalam mengatur volume lebih sederhana. Pengaturan volume yang baru tampak lebih sederhana dengan memberikan Anda kebebasan dalam mengatur volume nada dering, media atau volume alarm dan volume lainnya. 

Auto Backup App

Fitur lain yang diperkenalkan Google di Android M adalah kemampuan OS aplikasi data ke otomatis backup di Google Driver, jadi jika Anda tidak sengaja menghapus aplikasi, kini Anda dapat men-download lagi dan pengaturan pada aplikasi tidak berubah sama seperti sebelumnya. Sampai versi final dari Android M di luncurkan, Google membatasi ukuran penyimpanan cadangan ini sebesar 25MB saja.

0 Response to "Android M : 10 Fitur Terbaru Android M"

Posting Komentar