Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Cepat Panas – Di era teknologi yang sudah maju dengan pesat ini telah muncul smartphone yang berteknologi sangat canggih. Salah satunya merupakan smartphone android beroperasi sistem android.

Smartphone android sendiri merupakan smartphone yang memiliki komponen seperti PC mulai dari memiliki RAM, Prosesor, Chipset dan masih banyak lagi. Dengan komponen tersebut, fitur dan aplikasi yang telah diberikan pada aplikasi ini juga sangat menarik. Tentu hal itulah merupakan kelebihan yang ada pada smartphone android ini.

Tetapi ada juga kekurangan pada smartphone android ini, salah satu kekurangannya yaitu smartphone android sering cepat panas. Tentu dengan cepat panas ini sering mengganggu kita dalam menggunakan smartphone. Bukan hanya mengganggu saja, smartphone yang panas juga bisa membuat smartphone menjadi rusak. Jadi hal ini perlu untuk diatasi, dan bagi anda yang ingin mengatasinya, berikut ini cara mengatasi smartphone android yang cepat panas.

Cara Mengatasi Smartphone Android Cepat Panas


Menjauhkan Dari Benda Panas

Salah satu penyebab yang bisa membuat smartphone android menjadi panas adalah karena ada benda panas yang dekat dengan smartphone tersebut. Benda panas tersebut bisa membuat suhu pada smartphone menjadi meningkat.

Contoh halnya yang bisa membuat panas jika anda menaruh smartphone anda diatas tv, disamping kipas laptop ataupun berada di dekat oven. Dengan hal tersebut bisa membuat smartphone android menjadi panas. Dan untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu menjauhkan smartphone android anda dari hal itu.

Tidak Digunakan Saat Di Charge

Salah satu hal yang bisa membuat smartphone menjadi panas dikarenakan menggunakan smartphone disaat melakukan charge atau pengisian daya baterai. Bukan hanya itu saja masalah yang akan anda alami jika anda menggunakan smartphone anda saat dicharge. Dampak lainnya kerja pada baterai akan meningkat dan bisa merusak baterai. Bahkan juga baterai smartphone android tersebut bisa meledak.

Mematikan Aplikasi Yang Menghabiskan Banyak Daya

Apabila anda sudah membuka sebuah aplikasi,sebaiknya anda tutup aplikasi tersebut dengan baik dan benar melalui task manager. Hal yang biasa dilakukan seseorang mereka mengeluarkan aplikasi hanya dengan menekan tombol back dan home saja. Dengan cara tersebut belum tentu menutup aplikasi tersebut, yang ada aplikasi tersebut tetap berjalan di belakang background. Tentu hal ini juga akan menguras daya baterai pada android anda.

Mematikan Layanan Konektivitas

Penyebab dari smartphone android menjadi panas dikarenakan konektivitas. Jadi apabila jika anda menginginkan smartphone android anda tidak panas, sebaiknya anda mematikan layanan konektivitas tersebut.

Hal ini terjadi lantaran smartphone akan terus bekerja keras untuk mendapatkan sinyal dari jaringan tersebut. Jadi bukan hanya membuat panas saja, tetapi juga akan menghabiskan daya baterai. Anda bisa mematikan layanan konektivitas pada smartphone anda seperti WiFi, Data Seluler, GPS, Infrafred dan Koneksi lainnya disaat anda tidak menggunakannya.

Tidak Membekap Smartphone

Membekap smartphone pada tempat yang sempit ataupun tertutup seperti tas bisa membuat smartphone menjadi cepat panas. Hal ini terjadi karena smartphone tidak mendapatkan ruang udara untuk membuang panas dari smartphone tersebut.

Selain itu dengan membekap smartphone juga akan membuat smartphone sulit mendapatkan jaringan seluler. Tentu jika jaringan seluler dihidupkan juga akan terus bekerja keras untuk mendapatkan sinyal. Tentunya hal ini juga bisa membuat smartphone android menjadi cepat panas.

Memeriksa Aplikasi Yang Terinstall

Hal yang terjadi pada aplikasi biasanya mereka selalu bekerja terus menerus meskipun aplikasi tersebut tidak kita gunakan. Hal ini tentu salah satu hal yang bisa membuat baterai android cepat habis dan juga menyebabkan smartphone cepat panas. Dan untuk mengatasi hal ini anda bisa memantau terus kinerja aplikasi tersebut menggunakan task manager.

Mengganti Baterai Smartphone

Salah satu penyebab panas biasanya datang dari baterai smartphone android yang sudah tidak layak digunakan atau rusak. Biasanya tanda-tanda rusak pada baterai smartphone adalah baterai yang sering turun drastis dan juga terkadang sering mati mendadak. Dan apabila anda sudah mengalami hal ini, anda perlu mengganti baterai pada smartphone android tersebut. Karena hal ini bisa membuat smartphone android anda menjadi cepat panas.

Mengistirahatkan Smartphone

Cara ini merupakan cara terakhir yang perlu anda lakukan apabila smartphone android anda panas. Anda bisa mematikan smartphone android anda untuk menurunkan suhu panas pada android tersebut. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk anda lakukan. Anda bisa melepas casing dan juga baterai. Kemudian tunggu hingga dingin, setelah dingin silahkan anda hidupkan kembali smartphone anda.

Diatas itulah cara mengatasi smartphone android yang cepat panas. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

0 Response to "Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Cepat Panas"

Posting Komentar