Mengenal Apa Itu NFC ?




Apa itu NFC ? - NFC, sangat sedikit orang yang mungkin mengetahui akan arti dari NFC yang tersedia pada smartphone. Pada artikel kali ini klikdroid.com mencoba untuk membantu sobat menjelaskan akan arti NFC.

Apa itu NFC ?

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Dari singkatan NFC ini bisa di artikan sebuah fitur untuk berinteraksi dengan alat lain dalam jarak dekat yang memiliki fitur NFC juga, untuk mengirim informasi atau untuk sistem pembayaran.

Selain itu dalam menggunakan fitur NFC ini sobat tidak memerlukan koneksi lain seperti wifi, jaringan telpon 3G ataupun 4G, sehingga bisa dibilang gratis.

Saat ini banyak smartphone sudah menyematkan chip NFC ke dalam smartphone, sehingga perusahaan smartphone bisa membuat semacam dompet virtual dimana pengguna bisa menyimpan data kartu kredit dan dapat membayar pada toko hanyan dengan mendekatkan smartphone ke alat pembaca kartu kredit.

Dengan melihat kemajuan teknologi NFC saat ini, kemungkinan beberapa tahun kedepan NFC akan menjadi sebuah hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena kedepan mungkin sistem pembayaran akan digantikan dengan sistem NF, jadi tidak ada salahnya sobat mengenali lebih awal akan keamanan pada teknologi NFC.

Namun sebelumnya mari sobat kenali bagaimana caranya mengetahui smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Cara Mengetahui Smartphone Yang Memiliki NFC

Cara untuk mengetahui sebuah smartphone sudah memiliki fitur NFC. Sobat bisa melihat dengan masuk kebagian menu setting dan membuka menu koneksi, jika di menu tersebut tersedia pilihan NFC maka smartphone tersebut sudah memiliki fitur NFC.

Beberapa ponsel sudah langsung menyediakan fitur pada menu bar, seperti Samsung yang bisa menambahkan logo NFC pada menu bar. Namun jka ingin cepat silahkan menanyakan langsung ke penjual atau mencari data spesifikasi sebuah smartphone.

Mengenal Cara Kerja NFC

NFC bekerja dengan cara menggunakan frekuensi gelombang radio, dimana ini memang standard dalam melakukan konektivitas antar dua perangkat. NFC ini berbeda dengan koneksi bluetooth. Sobat tentu tahu bahwa perangkat bluetooth membutuhkan sebuah sumber listrik, yang berarti bluetooth harus menyala baru bisa terhubung. Selain itu koneksi bluetooth harus disambungkan secara manual antar dua perangkat dengan melakukan pencarian perangkat lain terlebih dahulu.

Disinilah perbedaan NFC dan bluetooth. Pada NFC sobat tidak memerlukan sumber listrik, jadi NFC ini bisa menyimpan data pada chip tanpa perlu sumber listrik. Sehingga nantinya data yang sudah tersimpan dari chip NFC tersebut dapat dikirim ke perangkat lain, dengan hanya mendekatkan antar dua perangkat.

Selain itu data yang tersimpan pada chip NFC bisa langsung terbaca secara otomatis hanya dengan cukup mendekatkan antar dua perangkat, jadi sobat tidak perlu melakukan pencarian manual seperti menggunakan bluetooth.

Mengenal resiko keamanan NFC

Setiap hal dalam jaringan konektivitas selalu memiliki resiko, begitu juga dengana NFC. Karena NFC juga bekerja dengan menggunakan jaringan, dimana suatu saat bisa di susupi oleh virus dari aplikasi lain yang terinstall pada smartphone.

Smartphone yang sudah tersusupi virus dengan menggunakan NFC untuk pembayaran. Virus ini bekerja dengan cara membaca arus data dari smartphone ke mesin pembayaran. Dengan begitu virus yang sudah membaca data tersebut, dapat dengan mudah mendapatkan semua data-data yang digunakan untuk pembayaran.

Selain mencuri data virus yang sudah menyusupi smartphone, saat akan menggunakan NFC dan sobat ingin mengirim informasi. Virus ini bisa juga merusak atau memanipulasi informasi yang dikirimkan, sehingga begitu sampai pada perangkat penerima informasi tersebut tidak terbaca atau juga rusak.

Peningkatan keamanan pada NFC

Melihat resiko pencurian informasi dan data kartu kredit untuk pembayaran saat menggunakan NFC mungkin sobat sedikit was-was untuk menggunakan NFC. Namun sobat tidak perlu terlalu khawatir, dengan melihat teknologi yang mungkin akan menjadi suatu hal penting dalam kehidupan sehari-hari. ini.

Saat ini teknologi ini sudah lebih dikembangkan dalam hal keamanan, karena dari pihak NFC sendiri memandang bahwa resiko keamanan adalah suatu hal yang sangat penting. Pihak NFC saat ini sudah meningkatkan keamanan pada fitur NFC. Sehingga akan sangat menyulitkan penyusup untuk mengakses informasi tersebut, selain itu informasi yang dikirim tersebut juga dienskripi. Dengan informasi yang di enskrip sudah terbukti bahwa sangat sulit untuk sipencuri mencuri data tersebut.

Namun walaupun sistem keamanan jaringan yang sudah ditingkatkan oleh pihak NFC, hal ini bukan berarti sobat aman untuk melakukan pembayaran. Sobat juga harus meningkatkan keamanan smartphone sobat, seperti memasang anti-virus untuk menhindari serangan virus dari aplikasi jahat pada smartphone. Selain itu sobat juga harus memberi kata sandi saat akan mengakses ponsel, yang gunanya untuk menjaga jika suatu saat ponsel sobat di curi, si pencuri juga kesulitan untuk mengakses ponsel sobat.

Beberapa Perangkat NFC

Stiker NFC


Stiker NFC ini mungkin akan sangat berguna untuk masa depan baik untuk pribadi ataupun untuk keperluan bisnis. Karena dengan menggunakan stiker NFC ini sobat bisa dengan mudah mengakses sebuah informasi dan menyimpan informasi.

Sebuah contoh sederhana
Kenapa saya bilang diatas memudahkan bagi bisnis ? coba bayangkan sebuah restoran di mall harus memiliki daftar buku yang berisikan sebuah menu makanan. Bayangkan jika menu makanan ini begitu banyak, maka berapa tebal buku itu?  belum lagi mencetak lembaran untuk promosi.

Sebenarnya kalau menurut saya, mungkin akan lebih mudah dengan memanfaatkan stiker NFC ini. Pemilik restoran cukup membuat daftar menu digital dan disimpan ke stiker NFC yang nantinya ditempelkan pada tiap meja. Sehingga begitu pengunjung datang, maka tinggal menempelkan smartphone saja untuk mengakses semua daftar menu makanan.

Untuk promosi bisa juga data promosi tersebut disimpan dan di tempelkan pada bagian depan restoran, sehingga pengunjung bisa dengan mudah melihat promosi sebuah makanan hanya cukup dengan menempelkan smartphone saja. Saya rasa dengan cara demikian akan menghemat biaya, tetapi kembali lagi, mungkin saat ini teknologi NFC ini masih belum banyak di kenal sehingga jarang dimanfaatkan.

Sebernarnya saat ini sudah banyak tersedia beberapa perangkat yang sudah menggunakan chip NFC selain smartphone. Namun pada artikel kali ini saya hanya membagikan beberapa perangkat yang sudah mendukung NFC. berikut beberapa perangkat yang sudah menggunakan chip NFC.

Kartu NFC
Saat ini sudah tersedia juga perangkat NFC berbentuk kartu, namun pada artikel kali ini saya tidak terlalu membahas akan fungsi kartu NFC.

Lampu NFC
Selain kartu dan stiker, juga sudah tersedia Lampu NFC, apa kehebatannya menurut sobat ? nanti saya bikin pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Teknologi NFC ini adalah sebuah teknologi yang sangat menarik, dan saya rasa beberapa tahun kedepan akan banyak sekali perubahan dengan menggunakan teknologi NFC ini. Kemungkinan beberapa tahun kedepan sobat tidak perlu membawa dompet dengan berisikan banyak kartu, karena sebenarnya cukup dengan smartphone maka semua data informasi sobat, baik itu pembayaran, KTP, STNK, SIM. Semuanya dapat tersimpan pada smartphone, tapi siapa yang tahu, kita lihat saja beberapa tahun kedepan. Jika sobat merasa artikel ini menarik, dan bermanfaat silahkan dibagikan.

0 Response to "Mengenal Apa Itu NFC ?"

Posting Komentar