Rabu, 18 Mei 2016

Teknologi Masa Depan NFC: Fitur dan Fungsi NFC

Teknologi Masa Depan NFC: Fitur dan Fungsi NFC

Pada artikel sebelumnya mengenal apa itu NFC? klikdroid.com mencoba membantu sobat, untuk menjelaskan akan pengertian dari NFC. Pada artikel sebelumnya juga sudah disinggung mengenai fitur NFC untuk pembayaran. Tetapi sebenarnya fitur NFC ini tidak hanya sekedar berfungsi untuk pembayaran atau juga untuk mengirim data seperti file, gambar, dll.

Fungsi NFC itu bisa meliputi banyak hal yang nantinya akan sangat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sehingga kedepan mungkin akan banyak digunakan baik untuk pribadi atau keperluan bisnis.

Pada artikel kali ini, agar sobat bisa mengenal lebih jauh akan kemajuan teknologi NFC, klikdroid.com berusaha untuk mencari dari berbagai sumber yang ada dan merangkum menjadi sebuah artikel dan semoga bisa bermanfaat buat sobat. Artikel ini sedikit menambahkan beberapa video dari brand penyedia alat NFC agar, sobat bisa lebih jelas mengenal akan fitur dan fungsi teknologi NFC.

Berikut mari kita kenali apa saja yang bisa dilakukan dengan teknologi NFC.

 Fitur NFC

 

1. Fitur NFC : Mengirim Gambar dan File dengan NFC


Sobat tentu pernah melihat sebuah iklan smartphone Samsung dimana mengirim hasil foto cukup dengan mendekatkan bagian belakang smartphone dan secara otomatis file terkirim. Dengan menggunakan fitur NFC sobat bisa melakukan hal itu, asal ke dua perangkat smartphone memiliki fitur NFC dan kompatibel antar dua perangkat.

Khusus untuk Samsung Android fitur untuk mengirim gambar melalui NFC sudah tersedia. Jadi sobat tidak perlu menggunakan aplikasi dari developer lain.

Cara mengirim file dan gambar melalui NFC Samsung 

Cara berikut ini saya coba di Samsung Galaxy Note 4, namun tidak jauh berbeda dengan Samsung type lainya.
Buka menu Setting >> Connections >> NFC and Sharing >> Atur menjadi ON

setelah itu setting Android Beam dan S Beam menjadi >> ON

Selanjutnya jika sobat ingin mengirim gambar, cukup menempelkan bagian belakang kedua smartphone (dalam hal ini sesama ponsel Samsung) dan akan muncul tulisan "sentuh dan kirim"


Google Play Store juga menyediakan aplikasi pihak lain, yang berguna untuk berbagi file melalui jaringan NFC. Aplikasi ini berguna bagi pengguna Android yang mungkin tidak memiliki fitur NFC untuk mengirim file.

2.  Fitur NFC : Mengunci Pintu dengan NFC


Suatu keamanan rumah tentunya pasti merupakan prioritas penting. Saat ini handle pintu dengan teknologi digital sudah banyak tersedia biasanya disebut dengan digital door lock. Fungsi dari digital door lock ini, dapat meningkatkan keamanan rumah sobat. Biasanya setiap handle pintu digital selalu tersedia kartu NFC yang nantinya digunakan untuk membuka dan mengunci rumah sobat. 

Selain itu, ada beberapa handle pintu digital yang memiliki fitur NFC yang bisa di hubungkan dengan smartphone yang juga memiliki fitur NFC. Sehingga sobat bisa membuka pintu hanya dengan menggunakan smartphone sobat.

Tetapi tidak hanya dengan menggunakan fitur NFC saja sobat bisa membuka handle pintu digital, beberapa handle digital pintu yang terbaru, menyediakan fitur seperti PIN, sidik jari, dan juga NFC, sehingga tentunya keamanan rumah sobat pasti akan terjaga.
Kebanyakan orang yang mungkin kurang mengerti akan digital door lock, takut untuk menggunakan karena takut suatu saat lupa akan pin handle pintu digital, atau kartu NFC yang disediakan. Namun sobat tidak perlu khawatir karena setiap handle digital tersedia juga kunci yang bisa dibuka secara manual.

3. Fungsi NFC Sebagai alat pembayaran

Sobat tentu tahu saat ini sudah biasa tersedia pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau debit di berbagai toko belanja atau mall. Kartu kredit tentu memiliki sebuah chip yang digunakan untuk pembayaran dimana dalam chip tersebut berisikan data diri sobat.

Tetapi menurut saya sendiri, mungkin suatu saat data chip pada kartu kredit tersebut dapat diubah kebentuk digital dan di sematkan kedalam smartphone yang memiliki fitur NFC. Seperti yang sudah ada saat ini pada Samsung Pay.

4. Fitur NFC dan Fungsi NFC untuk Printer

Foto selfie, atau foto bersama keluarga itu sangat menyenangkan bukan sob ? tapi paling males kalau disuruh print, kenapa? ya mungkin karena memang lagi sibuk dengan kegiatan sehari-hari. Sehingga data hasil selfie menumpuk dan memakan banyak memori pada smartphone. Selain itu juga mungkin dirasa repot, karena tidak mengerti cara mencetak foto dari komputer.

Beruntung dengan adanya fitur NFC ini, saat ini dengan teknologi NFC sobat bisa mencetak berbagai foto, gambar, atau juga dokumen melalui smartphone hanya dalam hitungan detik. Samsung sudah menciptakan produk printer yang mendukung teknologi NFC. Sehingga jika sobat ingin mencetak hasil foto dari smartphone sobat, sobat sudah tidak perlu lagi memindah data.

Cukup hanya memilih foto yang mau dicetak, lalu aktifkan fitur NFC dekatkan dengan printer Samsung dan dalam hitungan detik foto sobat akan langsung dicetak.

Tidak hanya untuk print saja, dengan Samsung print ini sobat bisa melakukan 3 hal sekaligus. Sobat bisa dengan mudah melakukan scan, print dan mengirim fax. Samsung print ini juga menyediakan berbagai pilihan type baik untuk warna atau hitam putih. Selain itu juga ada beberapa type untuk rumahan atau juga untuk kantoran.

Klikdroid.com mencoba menelusuri berapa harga dari printer Samsung ini. Ternyata harga dari printer dengan teknologi canggih dari Samsung ini, bisa di bilang tidak terlalu mahal, melihat fitur dan fungsi yang disediakan. Harga printer ini bisa sobat dapatkan berkisar dari 1 juta sampai 5 juta tergantung dari type yang sobat inginkan.

5. Fungsi NFC Untuk Mesin Laundry

Mesin laundry atau mesin cuci juga saat ini tersedia dengan fitur NFC, sehingga memudahkan sobat untuk mengontrol mesin cuci dari smartphone sobat. Mesin laundry dengan fitur NFC ini di produksi oleh LG, namun klikdroid.com belum mencari informasi tentang harga mesin dan ketersediaan mesin laundry buatan LG ini di Indonesia.

6. Fitur NFC Untuk Lampu

Penataan suatu pencahayaan pada dalam suatu ruangan tentu akan menunjang kondisi ruangan menjadi terlihat nyaman. Pencahayaan dengan lampu NFC ini juga bisa mendukung untuk meningkatkan kenyamanan suatu ruangan. Tidak sekedar meningkatkan kenyamanan suatu ruangan, namun lebih dari itu, karena dengan hanya berbekal smartphone, lampu dengan fitur NFC ini bisa sobat ubah warnanya sesuai keinginan sobat.

Sobat bisa dengan mudah mengatur pencahayaan seusai keinginan sobat hanya dari sebuah smartphone dengan fitur NFC. Tidak hanya mengatur pencahayaan meredupkan, merubah warna, dan mematikan lampu, bisa sobat lakukan dalam satu genggaman smartphone dengan fitur NFC.

Kesimpulan

Di atas ini hanya beberapa fitur NFC yang bisa berfungsi untuk memudahkan kehidupan sehari-hari sobat. Sebenarnya banyak sekali fungsi dari fitur NFC yang nantinya akan bermunculan di Indonesia, seperti tv NFC, remote mobil NFC, dll.

Melihat dari fitur NFC yang terus berkembang, kedepan mungkin smartphone dengan fitur NFC akan menjadi sebuah alat yang tidak hanya untuk bertelpon, chating, dll. Tapi smartphone dengan fitur NFC akan menjadi sebuah alat yang akan memudahkan kehidupan kita sehari-hari, baik untuk pembayaran, mengontrol keamanan rumah, dll yang bisa di lakukan hanya dari genggaman sobat tentunya dengan fitur NFC. Silahkan sobat bagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: