7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!

7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!

Bukanlah rahasia lagi kalau perangkat android di kenal dengan daya baterai yang tidak mempunyai waktu lama. Bahkan terdapat banyak hp android yang cuma dalam kurun waktu beberapa jam, baterai telah habis serta mesti di cas lagi.

Sangat banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan daya baterai ponsel android. Terlebih Teknologi layar perangkat seperti AMOLED serta LCD yang menjadi aspek paling besar yang menguras daya baterai.

Nah, saat ini saya bakal memberi panduan cara menghemat baterai android yang benar serta dapat segera dipraktekkan di perangkat android mu, baik itu di smartphone atau tablet.

Cara Menghemat Baterai Android 

Silahkan kamu dapat tentukan sendiri langkah mana yang betul-betul bekerja untuk menghemat baterai perangkat androidmu, atau kamu bisa coba semua tips dibawah ini.

Gunakanlah Wallpaper Hitam

Bila perangkat androidmu mempunyai teknologi layar AMOLED (seperti umumnya pada Android Samsung), maka pakailah wallpaper berwarna hitam. Cara menghemat baterai android dengan menggunakan wallpaper hitam efeknya bakal begitu bagus bila diterapkan pada perangkat android yang mempunyai layar AMOLED. Hal ini dikarenakan layar AMOLED cuma menerangi bagian layar berwarna saja.

AMOLED yang merupakan akronim dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode, dibuat dari bahan organik yang bakal menghasilkan sinar saat ada arus listrik yang mengalir. Nah bila menggunakan wallpaper hitam, maka layar hp bakal tampak gelap hingga daya baterai yang digunakan menjadi makin sedikit untuk memberi cahaya pada layar gelap.

Teori ini telah terbukti sesuai dengan riset sederhana yang dibuat oleh Komunitas XDA Developers, dimana pengguna bisa mengirit daya sampai 6% pada penggunaan brightness 20 % dengan memakai wallpaperberwarna hitam.

Tingkat Kecerahan Layar

7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!

Cara menghemat baterai android ini merupakan yang paling simpel dan sudah banyak diketahui pengguna, yaitu dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Metode ini begitu efekif untuk mengurangi penggunaan daya baterai. 

Namun sebaiknya janganlah memakai feature auto brigtness yang secara otomatis akan sesuaikan kecerahan layar berdasar pada sinar ambient ruangan.

Dikarenakan feature auto brightness ini bakal memberi kecerahan layar lebih tinggi daripada yang kita perlukan sebenarnya. Karena itu sebaiknya gunakan saja cara manual untuk mengatur tingkat kecerahan serendah mungkin, namun masih tetap nyaman untuk dipandang mata.

Atur Waktu 'Sleep'

7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!

Cara menghemat baterai android yang ini juga sudah cukup populer, yakni dengan mengatur waktu tidur perangkat android. Waktu tidur ini yaitu waktu saat layar mati maka secara otomatis ketika android tak dipakai.

Teorinya begini, bila layar makin lama nyala maka makin banyak juga daya baterai yang terpakai. Hal ini telah saya terangkan pada cara menghemat baterai android langkah kedua di atas.

Layar android merupakan penghisap daya paling besar di perangkat android. Maka dari itu sebaiknya kita atur waktu tidur ponsel atau tablet untuk sesingkat mungkin demi mengurangi konsumsi baterai. 
Saya sendiri mengatur waktu tidur hp android saya cuma kurun waktu 15 detik.

Matikan Fitur Pintar

7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!

Cara menghemat baterai android yang berikutnya ini belum banyak diketahui pengguna, yakni dengan mematikan fitur pintar pada perangkat android kamu. Fitur seperti 'auto rotation' ini memerlukan daya baterai yang tak sedikit. Demikian halnya fitur 'air gesture' yang umumnya digunakan oleh pengguna samsung high end.

Meski fitur-fitur pintar ini bisa menunjang aktivitas multi tasking smartphone kamu, namun nyatanya penggunaan daya baterai bakal terus terkuras lebih boros bila kamu kekeh menggunakannya.

Jadi sebaiknya kamu relakan saja untuk menonaktifkan fitur-fitur tersebut, jika masih ingin menggunakan ponsel atau tablet yang tidak boros baterai.

Non-aktifkan 'getaran' dan 'umpan balik'

Salah satu penguras daya baterai yaitu sistem getaran di perangkat android.

Bila kamu perlu berpikir kalau menonaktifkan fitur 'getaran' tak berdampak pada konsumsi daya baterai di pperangkat android, maka itu adalah salah besar. Lantaran motor elektrik yang dipakai untuk mengoperasikan getaran di HP itu bakal menguras daya pada android. 

Untuk itu bila mau hemat baterai, maka matikan pilihan 'getaran' untuk telpon, SMS, atau umpan balik.

Gunakan pemberitahuan layar kunci

Satu diantara cara menghemat baterai android yang cukup saya rekomendasikan yaitu dengan memakai pemberitahuan layar kunci. Hal ini lantaran kamu bisa lihat kilasan pemberitahuan tanpa mesti membuka semua layar ponsel atau tablet.

Jadi kalau ada notifikasi masuk yang tidak terlalu penting, maka kamu bisa membukanya ataupun mengabaikannya tanpa perlu konsumsi daya baterai yang besar.

Notifikasi layar kunci standard kini sudah hadir pada perangkat Android dengan versi Lollipop.
Bila kamu pengguna Android KitKat atau OS yang lebih tua, cobalah pakai widget layar kunci yang bisa diunduh gratis dari playstore. Dengan begitu kamu bakal dapat memperoleh seluruh notfikasi tanpa mesti membuka aplikasi yang memberikan notifikasi tanpa perlu membuka kunci ponsel dan konsumsi baterai yang besar.

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi serta Data

Cara menghemat baterai android yang terakhir yaitu menonaktifkan fitur GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi serta Data android bila tak sedang digunakan.

Jangan lupa nonaktifkan bila fitur tersebut tidak tengah dimainkan, dan kalau bisa minimalisir penggunaannya untuk memperoleh penggunaan daya baterai yang lebih sedikit.

0 Response to "7 Cara Menghemat Baterai Android Yang Benar!"

Posting Komentar