Senin, 21 September 2015

Fungsi Smartwatch

 

Apa itu Android Wear ?

Android Wear atau gelang tangan Android adalah suatu perangkat dengan sistem Android yang bisa di pakai pada pergelangan tangan Anda salah satu contohnya smartwach. Google telah bermitra dengan beberapa brand elektronik terkenal seperti Sony, Samsung, LG, ASUS, HTC dan Motorla untuk membuat Android dalam bentuk jam tangan yang bisa di pakai. Perangkat ini juga berintegrasi dengan pembuat teknologi chip Intel dan Qualcomm.

Apa yang bisa di lakukan oleh Smartwatch ?

Tujuan dari pembuatan perangkat smartwatch untuk mengubah cara berinteraksi Anda terhadap perangkat elektronik serta memudahkan Anda. Smartwatch juga memiliki tampilan yang unik dimana Anda bisa mengubah mode jam tangan dari digital atau tampilan analog. Selain itu juga tersedia fitur perintah suara untuk menjalankan aplikasi.

Android smartwatch juga bisa mendeteksi atau mengingatkan tentang kesahatan dan kebugaran Anda, selain itu Anda juga bisa melihat zona waktu yang berbeda, memeriksa cuaca, menerjemahkan kata atau frasa, SMS, telpon, dll. Selain fungsi umum di atas smartwatch juga berguna untuk mengakses atau mengontrol perangkat lain seperti pemutar musik, ponsel dan TV semuanya dapat Anda control dari smartwach Anda.

Bagaimana cara kerjanya ?

Untuk menggunakan perangkat Android seperti smartwatch, Anda cukup memasangkannya dengan ponsel atau tablet yang berjalan pada Android versi 4.3 atau lebih tinggi, dengan fitur bluetoth.

Berikut fungsi lengkap dari Smartwatch : 


1. Membaca pesan

Dengan menggunakan smartwatch walaupun ponsel Anda sedang tidak di dekat Anda, namun Anda bisa dengan mudah membaca melalui smartwatch yang Anda gunakan.

2. Deteksi Jantung

Smartwatch juga berfungsi mendeteksi detak jantung saat Anda memakai smartwach, namun deteksi jantung ini tidak bisa menjadi acuan seratus persen benar. 

3. Membaca berita

Pada smartwatch Anda juga bisa membaca berita dengan mudah karena pada smartwatch tersedia aplikasi yang berfungsi untuk membaca berita terbaru, sehingga Anda tidak perlu repot untuk membaca berita melalui ponsel Anda.

4. Mengirim Email

Smartwatch juga berguna bagi Anda yang memiliki bisnis yang terhubung dengan menggunakan email maka bisa dibilang smartwatch sangat berguna untuk keperluan Anda. Karena dengan smartwatch Anda bisa dengan mudah membaca email yang Anda terima walaupun smartphone Anda berada jauh dari Anda.

5. Melihat Gallery Gambar

Smartwatch juga menyediakan fitur bagi Anda jika Anda ingin melihat-lihat hasil foto atau gambar Anda tanpa melalui smartphone Anda. Cukup dengan menggeser menu pada smartwatch maka gallery foto yang ada di smartphone Anda bisa Anda lihat melalui smartwatch.

6.GPS

Jika Anda suka bepergian ke suatu tempat yang mungkin tidak terlalu Anda kenal daerahnya, nah smartwatch juga bisa membantu Anda sebagai penunjuk jalan. Walaupun mungkin smartphone Anda juga bisa melakukan-nya namun mungkin agak sulit melihat ke arah smartphone Anda sambil mengendarai mobil atau kendaraan lainya.

7. Menerima panggilan

Jika mungkin Anda sering melakukan panggilan atau menerima panggilan telepon maka smartwatch sangat memudahkan Anda. Seperti saat Anda sedang menyetir mobil maka Anda tidak perlu harus mencari dulu ponsel Anda belum lagi melihat siapa yang menelpon Anda, dengan smartwatch Anda cukup melihat pergelangan tangan dan cukup beberapa sentuhan maka panggilan sudah bisa Anda lakukan. Fungsi ini juga membantu Anda terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

8. Mencari ponsel Anda

Yup, dengan menggunakan smartwatch secara otomatis ponsel Anda tentu terhubung selalu dengan smartphone Anda melalui koneksi bluetooth. Nah jika mungkin Anda sering lupa menaruh ponsel Anda maka dengan menggunakan smartwatch dapat membantu Anda menemukan keberadaan ponsel Anda dengan mudah.

9. Mengatur jadwal

Fungsi yang satu ini bisa dibilang mungkin sebagai fungsi layaknya jam tangan biasa, Namun pada smartwatch fungsi ini berkembang jauh lebih efisien. Kenapa? karena Anda cukup dengan mudah mengatur jadwal dari mengatur tanggal dan waktu serta tersedia juga alarm untuk mengingatkan Anda sesuai jadwal yang sudah Anda tentukan.

10. Kamera

Apabila Anda lagi jalan-jalan ke mall atau sekedar lagi membaca majalah dan Anda menemukan suatu hal yang ingin Anda abadikan namun smartphone Anda berada cukup jauh dari Anda. Maka cukup dengan menggunakan smartwatch yang Anda pakai dan shot.. Walaupun mungkin hasil dari kamera smartwatch tentunya tidak bisa setara dengan smartphone Anda namun fitur ini sangat memudahkan Anda jika Anda ingin mengabadikan sesuatu dengan cepat. 

11. Mendengarkan lagu

Bagi Anda yang gemar mendengarkan lagu maka dengan menggunakan smartwatch dan berjalan-jalan santai Anda juga bisa memutar lagu kesukaan Anda walaupun smartphone Anda berada di tas atau di saku celana Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan smartwatch bisa dibilang berguna atau tidak tergantung dari mobilitas Anda, karena setiap individual memiliki kesibukan masing-masing. Namun bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam artian seperti bepergian jauh, sering menerima telpon atau pesan maka mungkin smartwatch bisa sangat membantu untuk Anda. 

Namun tentunya tanyakan selalu hal-hal penting sebelum membeli smartwatch tentang kompatibel dengan device apa saja? berapa lama baterai bertahan pada saat digunakan dan tidak digunakan? berapa lama waktu yang dibutuhkan agar baterai penuh? berapa pixel pada kamera smartwatch? fitur apa saja yang tersedia? Karena smartwatch tentunya memiliki perbedaan pada berbagai merk, dan juga fitur yang tersedia juga ada sedikit perbedaan.
Previous Post
Next Post

0 comments: