Rabu, 09 September 2015

4 Cara untuk mempercepat kinerja Android

4 Cara untuk mempercepat kinerja Android

Semua smartphone selalu memberikan perfoma dan kecepatan yang bagus saat baru beli. Tapi sesudah beberapa bulan kemudian, kebanyakan smartphone mengalami penurunan kecepatan. Ini karena sistem kerja pada smartphone tidak di jaga dengan baik dan bisa juga karena terlalu banyak menginstall aplikasi.

Smartphone Android juga mengalami hal yang serupa seperti kasus di atas, Anda harus tetap menjaga performa smartphone Android Anda untuk tetap cepat dan stabil. 

Sebenarnya ada cara untuk meningkatkan kecepatan pada smartphone Android Anda dengan cara mudah. Disini saya akan menunjukkan cara untuk meningkatkan kinerja pada smartphone Android. Dengan menggunakan beberapa langkah berikut ini Anda dapat meningkatkan kinerja smartphone Android Anda tanpa perlu melakukan rooting.

1. Bersihkan selalu Cache pada Aplikasi


Semua aplikasi Android yang berjalan selalu memakan memori pada ponsel Android Anda sehingga lama kelamaan membuat ponsel Anda menjadi makin lambat. Anda dapat menghindari hal ini dengan selalu membersihkan cache aplikasi dalam menu pengaturan masing-masing aplikasi.

Namun jika Anda memiliki cukup banyak aplikasi, dan Anda merasa menyita waktu Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti App Cache Cleaner untuk membersihkan file-file dari sistem Android dengan mudah cukup dengan satu klik.

Gunakan aplikasi tersebuh untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai seperti riwayat pencarian, cache aplikasi. 

2.  Hapus aplikasi yang tidak terpakai


Aplikasi membuat smartphone terlihat memiliki banyak fungsi. Tapi jika terlalu banyak menginstall aplikasi atau games dapat menurunkan kinerja sistem smartphone Anda juga. Karena dengan banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar akan membuat smartphone Android lama kelamaan akan menjadi lemot. 

Untuk mengatasi masalah ini Anda perlu memfilter aplikasi mana saja yang sering Anda pakai dan yang tidak terpakai cukup di hapus.

3. Hapus Adware, bloatware dan malware

cara mengoptimalkan android

Android seperti sistem Window pada PC, Android sangat populer di industri smartphone. Android populer karena tersedia begitu banyak aplikasi di Play Store, sehingga menyebabkan Android rentan terhadap banyak ancaman keamanan. Kadang ada beberapa aplikasi gratis yang tanpa Anda ketahui menginstall Adware dan bahkan malware di ponsel Anda.

Adware dapat menyerap cukup banyak sumber daya pada sistem Android untuk menampilkan iklan seperti menjalankan aplikasi dan muncul iklan di awal. Untuk menghapus Adware seperti ini Anda perlu aplikasi pengaman seperti Anti virus yang dapat Anda dapatkan secara gratis seperti Avast, Norton dan banyak lagi yang lainnya dan semuanya tersedia gratis.

4. Hapus widget yang tidak perlu.


Tampilan widget Android pada smartphone Anda atau pada layar awal di smartphone memang sangat menarik. Tetapi sebenarnya widget ini juga bisa menyebabkan smartphone Android Anda menjadi lambat. Karena tanpa Anda ketahui dengan memasang widget yang cukup banyak seperti widget slideshow dll ini juga bisa membebani kinerja memory ram pada smartphone Android Anda.
Previous Post
Next Post

0 comments: