Langsung ke konten utama

Cara Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Cepat Habis dan Menghemat Uang Anda

Cara Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Cepat Habis

Berlangganan kuota internet di smartphone tidaklah murah, jika tidak pintar untuk menghemat maka kuota internet pada smartphone Anda akan cepat habis dengan drastis. Ada beberapa langkah mudah untuk menghemat kuota internet pada smartphone Anda, sehingga dengan demikian duit untuk berlangganan kuota internet bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Berikut beberapa langkah mudah untuk menghemat kuota internet di Android Anda agar tidak cepat habis.

Batasi penggunaan kuota internet Anda

Membatasi penggunaan kuota internet bisa Anda tentukan sendiri pada smartphone Anda. Cara ini akan membantu Anda untuk membatasi penggunaan kuota internet agar tidak melebihi batas. Berikut caranya.

Note : Langkah-langkah ini menggunakan Bahasa Inggris karena ponsel saya menggunakan bahasa default Bahasa Inggris, jadi silahkan samakan dengan screenshot berikut jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia.
Buka menu Setting >> Data usage
Di menu ini Anda akan bisa melihat berapa banyak data yang sudah digunakan selama ini. Anda juga akan melihat garis merah yang memiliki arti maksimum penggunaan data Anda. Jika Anda ingin mengatur maksimum penggunaan data internet Anda, cukup dengan menggeser garis merah.


Untuk mengatur agar penggunaan kuota internet Anda tidak mencapai batas maksimum, maka Anda bisa memberi centang “Set mobile data limit”, dengan begitu akan muncul garis baru pada grafik dengan tulisan “warning”.


Fungsi dari garis baru bertuliskan warning ini adalah untuk memberi peringatan kepada Anda bahwa penggunaan kuota internet Anda hampir mencapai batas maksimum, dan secara otomatis akan mematikan layanan data.

Contoh:
Batas langganan kuota internet Anda 2GB maka Anda bisa menggeser garis peringatan di bawahnya 1,8GB mungkin.
Note: Jika Anda menggunakan jaringan Wi-fi, maka perlu Anda ingat bahwa penggunaan Wi-fi tidak akan mengurangi kuota internet dari operator Anda. Untuk menampilkan penggunaan data melalui jaringan Wi-fi, Anda bisa menekan ikon titik di kanan atas dan pilih  “Show Wi-fi usage”

Cek konsumsi data pada tiap aplikasi di smartphone Anda

 


Pada halaman data usage ini, selain Anda bisa melihat penggunaan data Anda dan membatasi penggunaan data. Anda juga bisa memeriksa pemakaian data internet di tiap aplikasi. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui aplikasi mana saja yang mengkonsumsi kuota internet besar dan kecil. Caranya, Anda cukup geser kebawah dan akan muncul tampilan aplikasi dan jumlah kuota internet yang di konsumsi

Batasi penggunaan kuota internet di belakang layar

Hal penting lain dalam menghemat kuota internet yaitu dengan membatasi kuota internet di belakang layar yang bisa di sebabkan oleh beberapa aplikasi, seperti aplikasi Gmail yang berfungsi untuk menerima email dan juga Facebook yang memuat pesan atau notifikasi.

Jika Anda pernah mengalami hal dimana ponsel yang tidak Anda gunakan tiba-tiba kuota internet Anda berkurang dengan sendirinya, mungkin inilah penyebabnya. Ada 2 cara dalam menonaktifkan penggunaan data internet di belakang layar. Pertama, menonaktifkan semua aplikasi yang menggunakan kuota internet atau berdasarkan aplikasi yang Anda pilih, Berikut caranya.

Menonaktifkan penggunaan data pada semua aplikasi.

Buka Setting >> Data usage, lalu pilih ikon titik tiga di kanan atas dan pilih >> Restrict background data
Dengan mengaktifkan Restrict background data, maka secara keseluruhan aplikasi yang mengkonsumsi kuota internet di belakang layar akan di matikan semua sehingga tidak berfungsi semua, selama tidak terhubung pada jaringan internet.

Menonaktifkan penggunaan data internet di belakang layar (berdasarkan aplikasi)


Dengan cara ini Anda bisa menonaktifkan pemakaian kuota internet di belakang layar, berdasarkan aplikasi yang Anda pilih. Berikut caranya :
  1. Pilih aplikasi yang ada di daftar menu, lali pilih >>“Usage data”
  2. Beri tanda centang pada >> “Restrict background data”
Maka aplikasi yang sudah Anda pilih tersebut berhenti mengkonsumsi kuota internet ponsel Anda. Namun perlu Anda ingat aplikasi yang sudah di centang akan berhenti beserta fungsinya selama tidak terhubung internet, contoh jika Anda memberi centang pada aplikasi Facebook, maka Anda tidak akan menerima notifikasi atau juga pesan dari aplikasi Facebook selama tidak ada jaringan internet.

Menghemat Kuota Internet Anda Pada Aplikasi Populer

Banyak aplikasi popular yang tersedia di Android, seperti Facebook, Twitter, dll. Beberapa aplikasi popular ini mengkonsumsi kuota internet yang cukup besar, namun Anda bisa menghemat dengan cara berikut ini :

Facebook : 




Aplikasi yang banyak digunakan oleh banyak orang termasuk saya sendiri. Untuk menghemat penggunaan data internet pada facebook, Anda bisa mematikan fitur auto-play video pada menu pengaturan. Dengan cara berikut :
  1. Buka Facebook
  2. Masuk menu setting >> Data >> Video Autoplay >> setting “Use Wi-fi Only”

Twitter :



Menghemat data juga bisa dilakukan pada aplikasi populer Twitter, dengan cara berikut :
  1. Buka setting dengan menyentuh gambar profile Anda
  2. Masuk ke menu setting
  3. Pilih data >> setting Video autoplay ke >> “Use Wi-fi only”

Setting update aplikasi Google Play menggunakan jaringan Wi-fi

 


Google Play Store biasanya akan melakukan update otomatis pada beberapa aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda, untuk menghemat pemakaian data Anda bisa mengatur auto update menggunakan jaringan Wi-fi saja dengan cara berikut.
  1. Buka Play Store
  2. Masuk menu setting >> pilih Auto-update apps dan setting menggunakan Wi-fi saja

Gunakan fitur peta offline pada Google Map untuk menghemat kuota


Jika Anda sering bepergian keluar kota dan sering menggunakan Google Map untuk mencari suatu tempat atau area, Anda bisa menghemat kuota internet Anda dengan cara mendownload peta secara offline dengan cara berikut.
  1. Buka Google Map
  2. Buka menu pengaturan dengan menyentuh icon 3 garis horizontal
  3. Setelah tampil menu pilih “Offline areas” >> tekan tanda + untuk mendownload >> Pilih download

Dengan mendownload area yang Anda cari, maka Anda bisa menghemat penggunaan kuota internet Anda.

Matikan Auto-Sinkronisasi untuk menghemat data internet Anda



Selain cara-cara diatas, Anda juga bisa menghemat kuota internet Anda dengan cara menonaktifkan auto sinkronisasi pada smartphone Anda, dengan cara berikut :
  1. Buka menu settings >> Personal device >> Account
  2. Sentuh tanda titik di kanan atas, dan hilangkan tanda centang pada “Auto-Sync”
Namun jangan lupa untuk diaktifkan kembali jika Anda memerlukan update pada akun email Anda.
Dengan langkah-langkah di atas, maka akan menghemat penggunaan kuota internet pada ponsel Anda. Jika Anda mungkin memiliki tips lainnya, silahkan di bagikan di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android - Dalam sebagian kasus yang  sering terjadi pada smartphone android adalah kartu sim tidak terbaca, sehingga sinyal tidak muncul dan hal ini membuat kita jengkel tentunya. Namun tidak jadi masalah jika anda tidak menggunakan sim card, dan hanya menggunakan wifi.

Biasanya sebagian orang akan langsung mengatasi masalah ini dengan hanya mengganti kartu sim card, karena dianggap kartu sim card sudah rusak. Tapi sebenarnya ada beberapa langkah untuk memperbaiki hal ini, sebelum memutuskan untuk mengganti sim card anda, selain itu mengganti sim card juga bisa menjadi masalah (seperti kontak hilang). Berikut ini admin ingin membagikan 20 cara mengatasi kartu sim tidak terbaca atau error di android.

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android
1. Reboot  Cara awal dalam mengatasi kartu sim tidak terbaca bisa anda coba dengan mereboot ponsel android. Langkah mudah ini adalah langkah awal dan langkah sederhana un…

Cara Menyimpan Foto Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi

Cara Menyimpan Foto Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi - Seringkali kita jumpai pengguna android yang mengalami kebingungan mengenai cara mengambil foto instagram di android. Maksud mereka yaitu agar bisa melihat foto menarik yang bisa diunduh dari instagram tanpa perlu memakai data internet dengan kata lain off line, terlebih lagi bila gambar yang akan anda ambil tersebut adalah foto seseorang yang anda cintai, tentunya dengan jalan apa pun pasti akan anda lakukan untuk mendapatkan foto wanita dambaan anda. Tetapi yang menjadi masalah yaitu anda tidak mengerti cara mengambil foto instagram di android.
Walaupun sebenarnya untuk cara mengambil foto instagram di android anda terdapat beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya yaitu dengan memakai aplikasi yang bernama InstaSave, di mana aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengunduh foto yang ada di Instagram serta menyalinya ke kartu memori card.
Akan tetapi ada beberapa poin yang harus anda ketahui, biasanya ada beberapa foto t…

10 Aplikasi Edit Foto Android Seperti Photoshop Paling Keren 2018

10 Aplikasi Edit Foto Android Seperti Photoshop Paling Keren - Adobe Photoshop merupakan salah satu software edit foto yang ada pada PC atau laptop dan banyak digunakan oleh para editing foto. Namun Photoshop di Android sangat berbeda dengan yang ada di PC. Sebenarnya Photoshop bisa dibilang terlambat mengembangkan aplikasi di Android. Walaupun begitu, Adobe Photoshop memiliki fitur yang lengkap dalam mengedit foto.
Namun bagi kebanyakan pengguna Android dengan banyak fitur yang tersedia pada Adobe Photoshop justru malah membingungkan. Banyak pengguna Android yang ingin mengedit foto dan retouching foto dengan cara yang lebih praktis namun dengan hasil yang bagus, hal ini yang kurang diperhatikan oleh Adobe Photoshop. Padahal banyak aplikasi editing foto yang menyediakan fitur retouching dan edit foto dengan mudah. 
Jika anda adalah seseorang yang ingin mengedit foto dan retouching dengan hasil seperti mengedit foto pada Adobe Photoshop berikut ini 10 Aplikasi Edit Foto Android Sepert…