Kamis, 25 Juni 2020

Cara Mencari Tukang di Google

Terkadang kita semua mendadak membutuhkan jasa layanan tukang, entah untuk memperbaiki kran yang bocor, saluran pipa yang mampet, pintu yang tidak bisa dibuka, anak kunci patah, plafon bocor, bola lampu yang mati, mesin cuci tidak menyala, ac tidak dingin dan banyak kerusakan lainnya yang tidak terduga yang tidak dapat kita betulkan sendiri.

Biasanya kita akan bertanya kepada keluarga atau teman terdekat kita di Whatsapp group, Facebook ataupun Instagram jika ada yang punya kontak tukang listrik, atau tukang pipa, atau tukang pintu, atau nomor jasa kontraktor yang kerjanya bagus dan harganya murah. Namun bisa jadi nomor kontak yang diberikan sudah tidak dapat dihubungi lagi, nah pada saat ini biasanya kita akan mulai mencari di Google. 

Ada beberapa tips untuk melakukan pencarian tukang di Google. Yang pertama adalah gunakan kata kunci yang tepat diikuti dengan lokasi Anda seperti "jasa pipa mampet Surabaya". Kata kunci tersebut akan memfilter hasil pencarian yang tidak diinginkan seperti "produk pembersih pipa mampet" - karena yang Anda butuhkan bukan produk tapi jasa, ataupun "jasa pipa mampet Bali" - karena Anda berlokasi di Surabaya.



Tips yang kedua adalah pelajari sebelum menghubungi. Seperti yang Anda lihat pada contoh gambar Jasa Pipa Mampet diatas, ada tab berupa Ringkasan, Yang (yang terbaru maksudnya), Layanan, Ulasan, dan Foto. Disitu juga tertera jam operasional dan situs.  Ada baiknya Anda melihat situs website, jika ada, untuk memastikan apakah tukang tersebut adalah yang Anda perlukan dan dapat melayani di lokasi Anda.

Tips yang ketiga adalah cek review / ulasan yang diberikan orang / pelanggan ke tukang tersebut. Tukang yang memiliki banyak review biasanya lebih terpercaya daripada yang sedikit karena hal ini juga tentunya menunjukkan jam terbang pengerjaannnya. Sedangkan review yang diberikan tentunya ada yang bagus dan ada yang jelek. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah nilai reviewnya, jika diatas 3.5 dari 5 seharusnya sudah bagus layanannya.

Demikian tiga tips yang bisa Anda lakukan ketika sedang mencari tukang di Google. Sebenarnya Anda bisa juga menggunakan aplikasi penyedia jasa tukang yang tersedia di App Store / Play Store akan tetapi Anda biasanya diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dan tentunya aplikasi tersebut akan memakan ruang dan memori di HP Anda, yang mana Anda hanya akan menggunakan aplikasi tersebut pada saat tertentu saja.

Latest
Next Post

0 comments: