Kamis, 24 Maret 2016

Cara Membeli Aplikasi Di Play Store dan Mengaktifkan Pengawasan Orang Tua

Cara Membeli Aplikasi Di Play Store dan Mengaktifkan Pengawasan Orang Tua

Halo hari ini saya akan menulis artikel bagaimana caranya, membeli aplikasi di Play Store dengan 2 metode yang berbeda. Maksudnya metode yang berbeda, yaitu sobat bisa membeli aplikasi dengan menggunakan kartu kredit, atau bagi yang tidak memiliki kartu kredit juga bisa dengan pulsa. 

Selain membahas tentang cara membeli aplikasi di Play Store, kita juga akan membahas tentang bagaimana caranya mengaktifkan fitur parental control atau kontrol orang tua.

Fitur parental control sangat penting di aktifkan, karena di era modern saat ini smartphone Android tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun juga banyak anak yang menggunakan gadget sebagai sarana bermain. Dengan adanya fitur parental control ini,Anda bisa membatasi pencarian aplikasi dan games untuk anak Anda, sehingga smartphone Android nantinya tetap aman digunakan bagi anak Anda. Berikut caranya.

Cara Membeli Aplikasi di Play Store

Pertama buka aplikasi Play Store di smartphone Anda, dan buka menu di Play Store sehingga terliaht seperti gambar di bawah.


Selanjutnya pilih metode pembayaran yang di inginkan, bisa menggunakan kartu kredit atau melalui pulsa (pada artikel ini yang saya gunakan provider dari kartu simpati sehingga terlihat telkomsel).

Mengatur metode pembayaran play store


Menggunakan kartu kredit caranya cukup mudah, Anda tinggal memilih kartu kredit dan nanti Anda akan diminta untuk memasukan data sesuai dari kartu kredit Anda, gambar form kartu kredit tidak bisa ditampilkan disini karena memang tidak bisa di screenshot di Play Store.

Jika menggunakan pulsa, Anda cukup memilih metode pembayaran dengan pulsa yang tersedia pada daftar pilihan metode pembayaran, dan selanjutnya nanti akan muncul form untuk mengisi nama, no handphone dan alamat Anda, seperti yang terlihat di gambar berikut ini.


form pembelian via pulsa Play Store


Ok, cara diatas adalah cara untuk membeli aplikasi, games, film dan buku digital di Play Store dengan metode pembayaran yang berbeda yaitu melalui kartu kredit atau dengan pulsa.

Cara Mengaktifkan Parental Control atau Pengawasan Orang Tua

Berikut cara mengaktifkan pengawasan orang tua atau biasa di sebut parental control pada aplikasi Play Store.
Pertama buka aplikasi Play Store lalu masuk ke menu setting atau pengaturan seperti gambar dibawah ini.

Masuk ke menu pengaturan untuk parental control

Setelah itu scroll ke bawah sampai Anda menemukan tulisan parental control lalu buka menu parental control dan geser untuk mengaktifkan, seperti gambar di bawah ini.
Setting atau mengaktifkan fitur parental control
Dalam mengaktifkan fitur ini Anda diminta untuk memasukan pin dengan 4 angka, agar putra atau purtri Anda tidak bisa menonaktifkan parental control dan hanya Anda saja yang bisa menonaktifkan.
Mengisi pin parental control dan mengaktifkan

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur parental control atau pengawasan orang tua untuk aplikasi Google Play Store, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi putra putri Anda mendownload aplikasi yang tidak semestinya.
Previous Post
Next Post

0 comments: