Sabtu, 18 Juni 2016

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan Android Terbaik

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan Android Terbaik

Marhaban ya Ramadhan, akhirnya bulan Ramadhan penuh rahmat dan ampunan yang kita tunggu-tunggu kehadirannya sudah tiba. Setiap umat islam pastinya menyambutnya dengan suka cita dan berbahagia dalam rangka menjalankan ibadah puasa.Sebagai umat islam yang sehat rohani dan jasmaninya diwajibkan berpuasa dari terbitnya fajar hingga maghrib. Berpuasa dari segala hawa nafsu, tidak makan, tidak minum dan tak melakukan segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Setiap harinya sebelum berpuasa,kita di sunnahkan untuk melaksakan sahur. Rugi rasanya jika kita tidak melaksanakan sahur, baik rugi pahala sunah maupun rugi karena mungkin kita akan sangat lapar ketika tidak melaksanakan sahur saat sebelum berpuasa.

Dikutip dari Wikipedia, sahur atau saum merupakan suatu istilah yang mengacu pada kegiatan sunah dengan melakukan makan dan minum oleh umat Islam yang dikerjakan pada dini hari sebelum menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Waktu sahur ini dimulai dari dini hari hingga imsak sebelum fajar terbit. Seperti yang kitaketahui bahwa sebelum sahur tiba, ada namanya waktu imsakiyah atau di kenal dengan waktu imsak. Sepanjang bulan suci Ramadhan, semua orang yang berpuasa tentu sangat memerlukan jadwal Imsakyang sangat berguna agar kita bisa mengetahui kapan waktu imsak saat sahur.


Dahulu sebelum teknologi berkembang pesat dan belum banyak orang yang memiliki smartphone android seperti saat ini, kebanyakan orang – orang yang berpuasa menggunakan selebaran jadwal imsakyang di tempel di mesjiduntuk dijadikan referensi waktu imsak atau mengetahui waktu imsak dengan cara menonton acara sahur di televisi. Namun tentu hal ini sangat mereptokan jika Anda sedang bepergian dan berada di luar rumah, dan terkadang juga beberapa orang tidak sempat menonton acara sahur di televisi. Sehingga pastilah bingung untuk mencari tahu waktu imsak.

Nah, kini di era modern dimana teknologi internet telah berkembang pesat dan dimana hampir semua orang telah memiliki sebuah smartphone, untuk mencari tahu waktu imsak tidaklah sulit dan tidak perlu bingung. Sebab kini sudah banyak aplikasi imsak Ramadhan yang dibuat oleh para developer, yang bisa kita unduh dan gunakan untuk mencari tahu jadwal imsak secara lengkap di setiap kota maupun setiap negara di dunia.

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Android

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan Android Terbaik

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa sudah banyak sekali aplikasi yang telah diciptakan untuk membantu umat islam dalam mengetahui jadwal imsak. Jadwal aplikasi pun dibuat secara sempurna dengan akurasi waktu imsak yang tepat untuk masing – masing kota di seluruh dunia.

Dengan adanya beberapa aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan ini kita akan selalumempunyaipatokan untuk menentukan jadwal imsak. Selain waktu imsak, semua aplikasi tersebut juga menyediakan jadwal berbuka puasa, sehingga kita tidak perlu lagi takut terlewat berbuka puasa.

Anda akanmenemukan banyak sekali aplikasi Ramadhandi Google Play Store, yang tentunya bisa saja membuat kita bingung untuk memilihnya. Terkadang ada saja aplikasiyang telah kita download namun tidak sesuai dengan harapan ketika menggunakannya. Hal ini bisa saja terjadi, dikarenakanfitur yang disediakan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, bisa saja karena rumit penggunaannya, atau karena aplikasi sedang dalam masa trial sehingga belum sempurna.

Lalu, apa saja aplikasi Android jadwal imsak Ramadan terbaik yang layak digunakan? Nah supaya Anda tidak kebingungan dalam mencari aplikasi jadwal imsak, berikut ini akansaya bagikan informasi mengenai beberapa Aplikasi Jadwal Imsakterbaik yang layak dijadikan Aplikasi Ramadhan Anda. Berikut ini ulasannya.

Alarm Adzan Sholat dan Kiblat

Sesuai namanya, aplikasi android ini menghadirkan informasi lengkap mengenai jadwal imsakiyah Ramadan sekaligus fitur pengingat sholat. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer GITS Indonesia yang merupakan pengembang berbasis asli di Indonesia.Jadwal waktu yang tercantum dalam aplikasi inidijamin keakuratannya karena telah disesuaikan dengan database Kementerian Agama Islam RI.

Aplikasi ini akan memastikan waktu jadwal sholat serta sudah dilengkapi dengan fitur notifikasi alarm yang bisa diatur dengan bebas untuk mengingatkan waktu sholat kita. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan feature kompas arah kiblat. Selain itu, melalui aplikasi imsakiyah ini Anda juga dapat mengunduh aplikasi Ayat Quran Bookmark yang sangat berguna untuk Anda baru belajar membaca Al – Quran.

Untuk menggunakan aplikasi Ramadhan ini, Anda hanya perlu memasukkan lokasi atau kota yang dikehendaki, lalu secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan semua jadwal dari mulai waktu Imsak, Subuh, Fajar, Dzuhur, Ashar, Maghrib sampai Isya.

Saat pertama kali membuka aplikasi ini Anda akan melihat dengan jelas bahwa yang ditonjolkan pada aplikasi ini yaitu jadwal sholat beserta alarmnya. Di mana akan muncul jadwal sholat lima waktu serta Imsak. Di sebelah waktu ini akan ada icon speaker yang dicoret, icon ini berfungsi sebagai tombol untuk menghidupkan dan mematikan alarm. Bila ingin menghidupkan alarm maka tekan saja icon itu. Ketika icon berwarna putih tanpa coret itu berarti alarm telah hidup.

Alarm Jadwal Sholat ini memiliki ukuran 3 MB, serta cuma memerlukan android versus 2. 1 menjadi system versi android minimalnya. Ketika saya mencobanya, program ini berjalan dengan lancar tanpa mengalami masalah apa pun. Semua fiturnya berfungsi dengan baik serta tak pernah crash.

Imsakiyah Widget

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan Android Terbaik

Imsakiyah Widget adalah aplikasi jadwal imsakiyah yang bertujuan untuk meningkatkan usaha dan kualitas pelaksanaan ibadah penggunanya. Aplikasi ini berisi infomasi seputar jadwal solat dan imsak sepanjang pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan.
Aplikasi ini kembangkan oleh developer TRUSTUDIO yang merancangnya dengan program langsung berupa Widget untuk dipertunjukkan di halaman depan smartphone Android penggunanya.
Aplikasi jadwal imsakiyah ini mempunyai sebagian feature menarik, antara lain berupa :
  • Tampilan user-interface yangelegan, yang bisamemberikan kesanmenarik pada homescreen Android pengguna.
  • Mampu menyesuaikan jadwal waktu di semua tempat di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia yang telah mencakup 496 kota.
  • Fitur notifikasi dalam bentuk alarm serta secara otomatis akanberderingketika waktu sholat tiba.
  • Penampilan informasi imsak serta maghrib yang dapat beralih secara otomatis dan ada hitungan mundur untuk waktu imsak dan maghrib
  • Penentuan waktu Imsak diambil dari sumber resmi yakni rukyatulhilal.org
  • Menyediakan detail info mengenai sholat 5 waktu berdasarkan tanggal
  • Ada juga fitur kompas penunjuk arah kiblat
  • Adanya visualisasi bulan menurut kalender islam, termasuk bulan Ramadhan
Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang masih harus menggunakan setting manual, aplikasi widget ini mendeteksi tempat secara otomatis, asalkan layanan lokasi di smartphone telah dinyalakan. Namun sayangnya, widget ini memeliki penggunaan daya baterai yang cukup banyak, sehingga akan membuat baterai HP kita boros. Namun rasanya bukan masalah, jika memang Anda sudah menyukai aplikasi Jadwal Imsakiyah ini.

Muslim Pro- Azan, Quran, Qibla

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan Android Terbaik

Muslim Pro adalah aplikasi yang menyediakan paket fitur super lengkap dan sangat bermanfaat di dalamnya. Anda akan menemukan banyak sekali fitur informasi penting dan bermanfaat yang dapat menunjang aktivitas ibadah anda sebagai umat muslim.

Aplikasi ini menghadirkan beragam fitur , termasuk fitur informasi jadwal puasa bulan Ramadan yang disertai dengan time locator sholat akurat berdasarkan lokasi Anda saat ini. Anda juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi alarm untuk yang berguna sebagai peringatan waktu sholat tiba. Selain itu, ada juga fitur Al-Quran yang menyediakan kumpulan ayat – ayat suci Al-Quran lengkap dengan audio pelafalannya, serta terjemahan lebih dari 140 bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. Tambahan, Anda fitur yang menghadirkan informasi mengenai lokaso restoran halal dan masjid terdekat di sekitar penggunanya.

Aplikasi jadwal imsakiyah satu ini merupakan aplikasi Ramadhan yang paling banyak digunakan dan telah di unduh oleh puluhan juta pengguna di 215 negara, dan sering disebut sebagai salah satu aplikasi Ramadhan terbaik yang pernah ada.
Previous Post
Next Post

0 comments: