Senin, 08 Agustus 2016

6 Tips Agar Smartphone Android Anda Tetap Aman

 6 Tips Agar Smartphone Android Anda Tetap Aman

6 Tips Agar Smartphone Android Anda Tetap Aman

6 Tips Agar Smartphone Android Anda Tetap Aman – Android merupakan sistem operasi yang saat ini sangat banyak digunakan oleh produsen smartphone. Sistem operasi android ini memiliki banyak fitur yang menarik dan juga kemampuan yang sangat baik. Maka tidak heran saat ini nama Os ini menjadi popular didunia.

Dengan teknologi yang tinggi dan juga sistemnya yang opensource tentu sangat menarik. Android sendiri telah memiliki banyak aplikasi dan game yang keren yang telah dibuat oleh berbagai developer di dunia.

Tetapi dengan semua fitur yang menarik, yang paling utama merupakan keamanan sistem juga sangat penting. Dengan keamanan sistem yang baik maka smartphone android kita akan terhindar dari yang namanya virus, malware dan juga hacker yang bisa mencuri data berharga anda.

Mungkin anda saat ini telah memberikan aplikasi antivirus pada smartphone android anda. Tetapi hal tersebut masihlah kurang untuk keamanan android anda. Karena, dengan hal tersebut masih saja isi atau data yang ada pada android anda masih bisa diakses oleh orang lain.

Dan jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut, anda bisa mengikuti tips agar smartphone android anda tetap aman untuk menghindari hal tersebut. Berikut ini langkah yang perlu anda lakukan.

Tips Agar Smartphone Android Tetap Aman


  • Mengunci Layar Android

Memberikan layar kunci pada smartphone android saat ini paling banyak diterapkan pengguna android agar smartphone mereka tetap aman. Selain itu, jenis kunci yang disediakan di smartphone android juga sangat banyak sekali. Mulai dari Password, PIN, Pattern Lock, Face Lock, Sidik Jari, Voice Lock dan masih banyak lagi yang dikembangkan oleh developer android yang bisa anda gunakan.

Tips ini perlu anda lakukan untuk menghindari smartphone anda tetap aman meskipun berpindah tangan. Dan agar smartphone aman, lebih baik anda menggunakan kunci android seperti sidik jari ataupun voice lock. Dengan menggunakan kunci tersebut maka smartphone anda akan benar-benar terjamin keamannya.

  • Mengunduh Aplikasi Hanya Dari Situs Terpercaya

Dan hal yang perlu anda perhatikan yaitu pastikan anda mengunduh atau mendownload aplikasi android dari situs terpercaya atau dari market store android seperti Play Store. Tentu dengan anda melakukan cara tersebut anda tidak akan mendapatkan aplikasi yang memiliki virus ataupun malware.

Saat ini sendiri aplikasi android sudah mencapai jutaan aplikasi yang menarik. Jadi jika anda ingin mengunduh aplikasi tersebut janganlah mengunduh dari situs web sembarangan. Pastikan terpercaya dan aman.

  • Menginstall Aplikasi Keamanan

Dan sebagai tambahan agar anda lebih mudah dalam mendeteksi aplikasi berbahaya ataupun terjadi kerusakan pada sistem akibat virus, anda bisa menginstall aplikasi keamanan untuk android. Anda bisa mengunduh dan menginstall aplikasi antivirus terpercaya yang memiliki rating tertinggi.

Contoh aplikasi keamanan yang bisa anda install yang saya rekomendasikan seperti CM Security, AVG Antivirus, Kapersky, 360 Security, Norton Mobile Security dan masih banyak lagi yang bisa anda install dengan rating yang tinggi.

  • Memback-Up Data Penting

Data pribadi memang sangat penting bagi kita untuk menjaganya agar tidak bisa hilang ataupun terproteksi oleh virus. Untuk mengatasi hal ini anda perlu memback-up data anda agar tetap aman dan terlindungi. Tetapi dalam memilih jasa penyedia penyimpanan data pilih yang terpercaya.

Untuk rekomendasi anda bisa menyimpan data anda di Google Drive, Dropbox, Verizon Cloud dan masih banyak lagi jasa penyedia cloud yang bisa anda gunakan. Dan jika anda tidak ingin lebih repot, anda bisa menyimpan data anda pada PC anda.

  • Mengaktifkan Android Device

Fitur ini merupakan fitur terbaru yang ada pada smartphone android yang sudah memiliki versi android Lollipop 5.0. Dengan mengaktifkan fitur ini anda bisa melacak lokasi smartphone android anda dimana saat ini sedang berada. 

Dan dengan fitur yang menarik dan canggih juga akan membuat smartphone anda dan data anda bisa aman. Fitur Android Device ini hanya membutuhkan akun google saja. Untuk fitur yang ada pada Android Device anda bisa mengunci layar smartphone anda, memback up data anda, dan juga melacak lokasi anda tentunya.

  • Tidak Memberikan Informasi Kepada Orang Lain

Dan hal yang sangat penting untuk anda lakukan adalah jangan pernah memberikan data pribadi anda kepada orang lain. Perlu anda perhatikan juga web phising yang meminta data anda seperti username/email dan juga password anda.

Web phising ini menyerupai web aslinya dalam tampilan dan juga namanya. Jadi lebih baik anda abaikan jika anda disuruh untuk memberikan data pribadi entah dari aplikasi chat, pesan, email dan masih banyak lagi saat ini yang sedang marak.

Diatas itulah 6 Tips Agar Smartphone Android Tetap Aman. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas di dunia android.
Previous Post
Next Post

0 comments: