Minggu, 25 September 2016

Cara Menguatkan Sinyal WiFi Di Smartphone Android

Cara Menguatkan Sinyal WiFi Di Smartphone Android – WiFi merupakan sebuah jaringan konektivitas yang biasa digunakan banyak orang disaat mereka tidak menggunakan mobile data. Mereka menggunakan WiFi lantaran sinyal pada WiFi ini memiliki jaringan nirkabel yang tentunya cepat dan lancar.

Kalau dulu WiFi bisa digunakan untuk perangkat PC, tetapi dengan perkembangan teknologi yang meningkat, WiFi saat ini bisa digunakan di smartphone android. Selain itu, WiFi saat ini sudah tersedia diberbagai tempat seperti tempat umum, pusat perbelajaan, kafe dan juga ditempat pendidikan.

WiFi ini memiliki kegunaan yang sangat banyak dan juga bisa digunakan banyak orang. Tetapi bagaimanakan jika sinyal yang kita tangkap lemah, tentu kita perlu meningkatkan sinyal WiFi agar sinyal kuat. Lalu bagaimana caranya, berikut ini cara menguatkan sinyal WiFi pada perangkat android.

Cara Meningkatkan Sinyal WiFi Di Android


Menggunakan Aplikasi

Cara ini merupakan cara efektif yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan sinyal WiFi di perangkat android anda. Saat ini banyak sekali aplikasi yang telah tersedia di market store android yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan sinyal WiFi. Salah satunya yang bisa anda gunakan adalah Wi-Fi Booster & Analyzer yang dikembangkan oleh Tot Mobile.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang baik untuk meningkatkan sinya WiFi. Aplikasi tersebut memiliki banyak fungsi yang bisa anda gunakan dan juga memiliki banyak fitur yang bisa anda rasakan. Aplikasi tersebut bukan hanya meningkatkan saja, tetapi juga akan memberikan detail grafik dari kekuatannya.

Bukan hanya itu saja aplikasi yang bisa anda install dan digunakan. Masih banyak lagi aplikasi untuk meningkatkan sinyal WiFi yang bisa anda gunakan seperi Wi-Fi Analyzer dan juga Wi-Fi Manager yang bisa anda gunakan.

Mengupdate Firmware Terbaru

Melakukan update firmware terbaru merupakan cara yang bisa anda gunakan untuk meningkarkan konektivitas WiFi. Bukan hanya itu saja, memperbaru firmware juga akan mengubah tampilan antar muka pengguna dan bisa memperbaiki struktur koneksi seperti sinyal seluler, data seluler, WiFi dan lainnya.

Untuk memperbarui baseband ini anda memerulukan tool yang berbeda disetiap perangkat. Untuk tool yang mudah yang bisa anda gunakan yaitu Nexus. Melalukan update seperti ini merupakan update manual yang menggunakan custom ROM.

Mengubah Pengaturan Dasar

Pada setiap pengaturan atau setting pasti memiliki pengaturan yang berguna untuk mengubahnya. Salah satunya untuk mengubah pengaturan WiFi. Untuk melakukan hal ini anda bisa masuk ke “Setting” kemudian “WiFi Advanced” selanjutnya silahkan anda periksa “Avoid Poor Connection”. Selanjutnya silahkan anda centang kotak tersebut untuk mengaktifkannya. Fitur tersebut merupakan sebuah fitur yang berguna bagi smartphone anda untuk menghindari sinyal buruk yang masuk.

Menggunakan Peralatan Eksternal

Kemudian cara lain untuk meningkatkan sinyal WiFi di android yaitu dengan menggunakan peralatan eksternal. Anda bisa menggunakan cara alternative ini untuk meningkatkan sinyal WiFi. Gunakan externder WiFi ataupun repeater yang bisa memakan sinyal WiFi kemudian akan membagikan jaringan kedua yang berguna untuk memperluasnya. Cara ini sudah biasa digunakan di area perkantoran ataupun rumah-rumah besar.

Selanjutnya, anda bisa menggunakan peralatan lain yang bisa anda beli atau buat sendiri, Peralatan ini yaitu External Antenna. Menggunakan antenna ini memiliki banyak manfaat untuk menguatkan sinyal agar lebih luas.

Rubber Duck Antena juga merupakan jenis yang paling biasa digunakan dengan router WiFi. Tentu dengan menggunakan cara ini bisa membantu anda untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi. Jika sinyal WiFi kuat, maka smartphone anda akan mendapatkan sinyal yang kuat.

Menempatkan Router WiFi Di Tempat Yang Terbuka

Salah satu cara yang bisa mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi adalah letak suatu router. Jika anda menginginkan agar jangkauan sinyal WiFi luas, sebaiknya anda menempatkannya di tempat yang terbuka seperti diruang tamu. Jadi jangan anda simpan modem atau router anda di ruangan tertutup.

Kemudian, janganlah anda meletakan router dideket barang elektronik. Contoh barang elektronik yang harus anda hindari seperti TV, microwave dan lainnya, karena hal tersebut bisa mengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Jadi untuk meletakan router, sebaiknya anda simpan di ruang tamu atau tengah-tengah yang jauh dari penghalang seperti dinding, pintu kaca, cermin ataupun juga logam yang bisa menjadi penghalang sinyal WiFi. Kemudian dalam meletakan WiFi jangan anda letakan ditempat yang rendah seperti lantai, letakanlah ditempat yang tinggi seperti dinding. Hal ini perlu anda lakukan karena sinyal WiFi memancarkan sinyalnya kebawah bukan keatas.

Diatas itulah cara menguatkan sinyal WiFi di smartphone android yang bisa anda lakukan agar jaringan yang anda dapatkan kuat dan membuat koneksi tidak lemot.
Previous Post
Next Post

0 comments: