Senin, 31 Oktober 2016

Tips Menghasilkan Foto Yang Profesional Dengan Kamera Android

Tips Menghasilkan Foto Yang Profesional Dengan Kamera Android – Pada zaman yang serba modern ini saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat, salah satunya adalah smartphone android. Android sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang biasa digunakan oleh beberapa vendor untuk dipasang pada smartphone buatan mereka lantaran android sendiri memiliki fitur yang sangat menarik.

Tentu dengan banyaknya smartphone ini juga bisa menghasilkan foto yang hampir sama halnya dengan menggunakan kamera digital. Tentu hal ini juga karena disebabkan smartphone android ini memiliki resolusi kamera yang sangat besar dan juga telah memiliki berbagai macam aplikasi yang bisa membuat hasil jepretan foto menjadi lebih professional.

Tetapi perlu untuk anda ketahui, untuk menghasilkan foto yang professional bukanlah hanya menggunakan aplikasi saja, tetapi juga diperlukan sebuah cara atau tips agar bisa menghasilkan sebuah foto yang memiliki kualitas tinggi. Lalu bagaimana cara menghasilkan foto yang berkualitas setara DSLR, berikut ini tips hasilkan foto berkualitas tinggi setara DSLR dengan kamera android.

Tips Menghasilkan Foto Yang Profesional Dengan Android

Tips Menghasilkan Foto Yang Profesional Dengan Kamera Android

Memperhatikan Komposisi

Dalam menghasilkan foto yang baik dan berkualitas kita perlu mempelajari komposisi dasar seperti Rule of Third garis bantu, sudut pengambilan gambar, framing dan juga lainnya. Kemudian setelah anda menguasai semua hal itu, anda bisa memperhatikan tips atau aspek lainnya seperti cara untuk pencahayaan dan juga sudut pengambilan gambar.

Memperhatikan Arah Dari Cahaya

Salah satu hal yang bisa menjadi problem terbesar saat anda mengambil sebuah foto di dalam ruangan adalah kurangnya sebuah pencahayaan yang alami. Kurangnya sebuah pencahayaan yang alami akan membuat gambar terlihat kurang lebih menarik.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba untuk mengambil gambar pada tempat yang biasa menghasilkan pencahayaan yang alami seperti di dekat jendela, pintu atau mengambil foto didalam sebuah ruangan. Untuk sumber cahaya anda bisa menggunakan cahaya seperti matahari, lampu-lampu neon ataupun lampu jalan jika anda sedang mengambil foto di luar ruangan. Kemudian hal yang perlu untuk anda hindari adalah melawan arah cahaya, kecuali jika anda ingin menghasilkan foto efek siluet.

Tidak Menggunakan Zoom

Disaat anda ingin mengambil sebuah gambar, sebaiknya anda usahakan untuk sedekat mungkin dengan objek dari pada anda menggunakan zoom disaat anda mengambil shoot. Jadi sebaiknya anda hilangkan rasa malas anda untuk bergerak atau mendekat kesebuah objek yang ingin difoto. Jadi sebaiknya anda hindari untuk melakukan zoom pada sebuah foto agar bisa menghasilkan foto yang berkualitas.

Menjaga Kestabilan Tangan Disaat Mengambil Gambar

Menjaga sebuah kestabilan sebuah tangan merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk kita lakukan. Jadi jika anda tidak maksimal, maka akan menghasilkan gambar yang kurang bagus apalagi disaat anda berjalan. Jadi untuk menghasilkan foto yang terbaik sebaiknya anda berhenti dulu.

Kemudian disaat memotret sebaiknya anda gunakan kedua tangan anda untuk memegang smartphone anda untuk menjaga kestabilan disaat mengambil foto. Hal ini agar hasil yang dihasilkan tidak ngeblur atau kabur. Jadi sebaiknya anda control yang sebenar-benarnya dalam memotret. Anda juga bisa dengan memanfaatkan fitur timer agar bisa menghasilkan foto yang otomatis sesuai dengan waktu yang telah di set. Kemudian anda juga bisa menggunakan tripod untuk kamera tersebut.

Menggunakan Mode Panorama

Berbicara tentang mode yang ada pada smartphone android sangatlah banyak sekali yang bisa untuk digunakan. Salah satu mode yang ada adalah mode Panorama yang biasa kita temui pada kamera DSLR dan jarang ada smartphone yang memiliki fitur seperti ini. Tetapi jika smartphone anda masih tidak memiliki fitur ini, anda bisa menggunakan aplikasi Google Camera.

Mode Panorama merupakan sebuah mode yang bisa mengambil foto landscape asalkan anda bisa menjaga kedua tangan anda dengan stabil dan juga objek tidaklah bergerak untuk mendapatkan foto panorama yang baik dan sempurna.

Menghindari Penggunaan Filter Disaat Memotret

Saat ini telah banyak aplikasi yang telah memiliki fitur filter yang bisa membuat foto menjadi lebih dan juga bisa dilihat dengan langsung disaat anda memotret. Tetapi lebih baik jika ingin menggunakan filter foto dilakukan setelah foto diambil atau pada proses editing dari pada langsung disaat mengambil foto. Hal ini bisa membuat foto yang diambil memiliki banyak variasi disaat diedit.

Menggunakan Mode HDR

Apabila anda memiliki tangan yang biasanya bergerak disaat mengambil gambar, sebaiknya anda menggunakan mode HDR agar gambar yang dihasilkan stabil dan pencahayaan dan bayangan foto merata. Hal ini sangatlah berguna sekali apabila gambar yang memiliki kontras tinggi banyak potongan yang sangat gelap dan juga sangat terang.

Diatas itulah Tips Menghasilkan Foto Yang Profesional Dengan Kamera Android yang bisa menjadi hal penting bagi anda untuk menghasilkan sebuah karya foto yang menakjubkan nantinya. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: