Rabu, 23 November 2016

7 Cara Mengembalikan Performa Android Seperti Baru

7 Cara Mengembalikan Performa Android Seperti Baru - Pertama kali membeli smartphone Android, Anda tentu masih merasakan performa Android yang begitu cepat. Namun biasanya, setelah pemakaian selama beberapa bulan ke depan smartphone Android Anda bisa jadi menurun Performa nya. Nah, pada artikel kali ini admin ingin membagikan bagaimana cara mengembalikan performa Android seperti baru pertama kali anda beli. Berikut caranya.

7 Cara Mengembalikan Performa Android Seperti Baru

7 Cara Mengembalikan Performa Android Seperti Baru


1. Update Software Android

Melakukan update firmware secara teratur pada smartphone Android adalah hal yang penting untuk menjaga performa smartphone anda. Karena dengan melakukan update, maka beberapa bug pada Android akan dibenahi, sehingga membuat smartphone menjadi lebih cepat.

Selain melakukan update pada versi Android, Anda juga perlu melakukan update pada aplikasi yang anda install. Hal ini perlu di lakukan agar tidak terjadi crash pada sistem Android.

2. Hapus Aplikasi

Menginstall aplikasi di Android memang tidak menjadi masalah. Namun terkadang pengguna Android Menginstall aplikasi hanya untuk mencoba dan tidak terlalu sering dipakai. Seperti mencoba install aplikasi edit foto, namun tidak terlalu sering dipakai karena kurang suka dengan fitur yang disediakan, lalu tidak di hapus.

Hal demikian bisa menjadi penyebab menurunnya performa Android. Karena walaupun aplikasi tidak di buka, namun aplikasi tersebut bekerja di belakang layar. Sehingga memori RAM pada smartphone anda berkurang dan menurunkan performa Android.


3. Matikan Aplikasi Belakang Layar

Aplikasi yang bekerja di belakang layar android dapat juga menjadi penyebab turunnya performa pada android anda. Seperti mengaktifkan auto update pada Playstore, menerima email otomatis, dan juga menerima notifikasi update terbaru. Jika ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak terlalu sering anda gunakan, seperti misalnya menerima email terbaru, padahal anda jarang menggunakan email. 

Maka ada baiknya anda matikan mode belakang layar pada aplikasi email anda. Sehingga berguna untuk meringankan kinerja memori RAM pada smartphone anda. Aplikasi seperti, task killer yang ada di Google Playstore dapat anda gunakan untuk memantau aplikasi apa saja yang bekerja di belakang layar dan berfungsi untuk menonaktifkan.


4. Kurangi Pemakaian Widget

Memang dengan memasang banyak widget, maka akan membuat tampilan smartphone anda menjadi sangat menarik. Namun hal ini juga bisa membebani memori RAM pada smartphone anda, sehingga kinerja smartphone akan menurun. 

5. Matikan Penggunaan Live Wallpaper

Jika anda pernah mengalami smartphone anda terasa begitu pelan saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Maka bisa jadi penyebabnya dikarenakan anda menggunakan live wallpaper atau wallpaper gerak. Tampilan wallpaper gerak memang sangat menarik untuk dilihat, namun jika membebani kinerja smartphone juga percuma. Jadi ada baiknya anda mengggunakan wallpaper statis untuk meningkatkan kinerja smartphone anda.

6. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Jika anda sudah mencoba untuk menghapus beberapa aplikasi di smartphone android, namun masih merasa ruang penyimpanan anda masih kurang. Anda bisa menghapus beberapa file sampah, cache, dan juga file download yang tersimpan pada smartphone anda. Selain itu langkah ini juga bisa meningkatkan perfoma pada smartphone android. 

7. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika 6 langkah di atas sudah anda lakukan, namun anda masih merasa smartphone anda masih tetap lambat. Maka anda bisa mengembalikan ke pengaturan pabrik, walaupun langkah ini terbilang ekstrem, namun langkah ini bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kinerja smartphone anda. Sebelum melakukan langkah ini, ada baiknya anda melakukan backup data-data penting yang ada pada smartphone anda. 

Jadikan Android anda menjadi baru kembali

7 cara mengembalikan perfoma android seperti baru di atas dapat anda coba bagi anda yang mungkin memiliki smartphone yang performanya menurun saat ini. Jika anda memiliki langkah lain yang bisa meningkatkan performa android anda dan ingin share disini, maka silahkan anda bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: