Senin, 06 November 2017

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android - Dalam sebagian kasus yang  sering terjadi pada smartphone android adalah kartu sim tidak terbaca, sehingga sinyal tidak muncul dan hal ini membuat kita jengkel tentunya. Namun tidak jadi masalah jika anda tidak menggunakan sim card, dan hanya menggunakan wifi.

Biasanya sebagian orang akan langsung mengatasi masalah ini dengan hanya mengganti kartu sim card, karena dianggap kartu sim card sudah rusak. Tapi sebenarnya ada beberapa langkah untuk memperbaiki hal ini, sebelum memutuskan untuk mengganti sim card anda, selain itu mengganti sim card juga bisa menjadi masalah (seperti kontak hilang). Berikut ini admin ingin membagikan 20 cara mengatasi kartu sim tidak terbaca atau error di android.

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android


1. Reboot 

Cara awal dalam mengatasi kartu sim tidak terbaca bisa anda coba dengan mereboot ponsel android. Langkah mudah ini adalah langkah awal dan langkah sederhana untuk memastikan apakah kartu sim ada yang error. Caranya cukup dengan tekan dan tahan tombol power dan pilih restart.

2. Lepas kartu sim dan baterai 

Melepas kartu sim dan baterai, pada perangkat android. Tunggu hingga sekitar 2-5 menit lalu coba pasang kembali.

3. Pastikan Kartu Sim Terpasang Dengan Benar

Memastikan kartu sim anda terpasang dengan benar merupakan hal penting agar jaringan dapat tersambung. Hal ini memang terlihat sederhana, namun ini adalah hal yang penting untuk memastikan bahwa kartu sim anda memiliki akses untuk mendapatkan jaringan.

4. Gunakan Mode Manual Jaringan

Jaringan otomatis terkadang menjadi penyebab kartu sim anda tidak terbaca, hal ini disebabkan karena perubahan jaringan 3G ke 4G pada tiap tempat berbeda. Jika anda lebih ingin memastikan jaringan anda tidak berubah-ubah, maka ada baiknya dengan mengaktifkan mode manual, berikut caranya :

Masuk Settting > Connection > Mobile Network > Network operators dan tentukan pilihan jaringan yang ingin anda gunakan.

5. Ubah Network Mode ke Auto

Ubah setting network mode WCDMA atau GSM Mode dengan cara berikut

Settings > Connections > More Network > Mobile Networks > Network Mode

Namun langkah diatas terkadang berbeda untuk beberapa versi android.

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca


6. Periksa Kondisi Kartu Sim

Kartu sim yang kotor bisa menjadi penyebab sinyal tidak terbaca, terutama pada bagian tembaga kartu (berwarna gold). Jika kartu sim terlihat kotor yang diakibatkan dipegang oleh tangan, maka anda bisa mencoba untuk membersihkan dengan menggunakan kain lembut.

7. Ganti Kartu Sim

Slot kartu sim yang tersedia pada android memiliki beragam ukuran, dari yang ukuran standard (besar), dan ada juga yang berbentuk slot micro. Biasanya kartu sim harus dipotong terlebih dahulu, namun jika terjadi kesalah memotong maka lebih baik kartu sim diganti.

8. Lepas dan Pasang Kembali Kartu Sim

Dengan mencoba untuk melepas dan memasang kembali kartu sim bisa juga anda coba agar kartu sim dapat terbaca dengan benar. Pastikan juga sebelum melepas kartu sim, ponsel anda dimatikan terlebih dahulu.

9. Tes Kartu Sim 

Jika ada saudara atau teman yang memiliki smartphone android yang memiliki slot kartu sim yang sama seperti miliki anda. Maka coba pasangkan ke smartphone android teman anda, untuk memastikan apakah masalah kartu sim tidak terbaca dari kartu sim itu sendiri atau dari perangkat android anda.

10. Aktifkan Mode Airplane

Masalah kartu sim bisa juga anda atasi dengan mencoba untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode airplane. Biasanya untuk mengaktifkan mode airplane anda cukup menggeser layar dari atas ke bawah.

11. Bersihkan Cache dan Data di Android

Membersihkan cache dan data di android yang ditinggalkan oleh aplikasi yang terpasang pada perangkat anda bisa memberikan efek untuk meningkatkan sinyal anda.

Caranya :
Settings > Storage > Internal Storage > Cached Data


Nanti akan muncul jendela baru untuk mengkonfirmasi bahwa anda menyetujui untuk membersihkan cache data. Tunggu sebentar saat proses dalam pembersihan cached data.

12. Cek Kondisi Slot Kartu Sim

Slot kartu sim yang rusak juga bisa menjadi penyebab kartu sim card anda tidak terbaca, maka dari itu coba cek kondisinya. Jika dirasa longgar anda bisa menambahkan kertas atau tisu untuk menekan posisi slot kartu sim.

13. Pindah Tempat

Mencoba untuk berpindah tempat bisa menjadi solusi untuk mengatasi kartu sim tidak terbaca. Terkadang ada beberapa tempat yang sulit untuk dijangkau oleh jaringan. Seperti berada di dataran tinggi atau di daerah yang memang belum terjangkau oleh operator penyedia jaringan.

14. Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Bermasalah

Cek apakah ada aplikasi yang bisa menjadi penyebab masalah pada ponsel anda. Terkadang ada aplikasi pihak ke tiga yang bisa memberi gangguan pada ponsel seperti menyelipkan virus. Jadi coba untuk scanning dengan antivirus, dan jika ditemukan masalah, maka hapus aplikasi pihak ketiga tersebut.

15. Merestart Jaringan 

Coba restart jaringan anda dengan cara berikut

Settings > Personal > Backup and Reset > Reset Network Settings

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android


16 Cek Pengaturan APN

Setiap operator biasanya menyediakan access point yang berguna untuk terhubung ke jaringan. Jadi ada baiknya untuk mencoba cek setting access point anda, apakah sudah benar.

Caranya :
Settings > Connections > More Network > Mobile Network > Accec Point Name

20 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca atau Error di Android


17. Update Android 

Update operating sistem android juga bisa memberikan efek untuk agar kartu sim dapat terbaca. Biasanya dengan melakukan update android beberapa bug pada android akan teratasi.

Caranya
Settings > System > About Device > Download updates manually

Kartu Sim Tidak Terbaca


18. Hubungi Customer Service

Coba hubungi customer service (sesuai operator yang anda gunakan) dan tanyakan apakah terjadi gangguan pada jaringan. Terkadang gangguan jaringan bisa menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca dengan baik.

19. Factory Reset

Langkah terakhir yang harus anda ambil adalah coba melakukan riset ulang ke pengaturan pabrik. Sebelum melakukan langkah ini, ada baiknya membackup data file yang ada pada perangkat android anda, karena langkah ini akan memformat ponsel anda ke pengaturan default pabrik.

Caranya :
Settings > Personal > Backup and reset > Factory data reset

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca


20. Mengganti Ponsel Anda

Jika ponsel anda mengalami kerusakan fisik atau terkena cairan, maka tidak ada jalan lain selain mengganti ponsel anda. Terkadang hanya dengan terkena sedikit air pada slot kartu sim, bisa menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca.

-------
Itulah tadi 20 cara mengatasi kartu sim tidak terbaca atau error di android, semoga bermanfaat dan anda dapat mengambil langkah mana yang perlu anda lakukan untuk memastikan kartu sim anda dapat terbaca. 
Previous Post
Next Post

2 komentar: